Manusia tidak luput jauh dari kata waktu. Waktu sering dikaitkan dengan keberhargaan uang, dan waktu kadang kita melalaikannya dan juga merasa kurang akan waktu untuknya. Seperti denganku waktu sangat berarti buatku, dengan waktu aku bisa melakukan sesuatu hal dengan baik dan tepat, dengan waktu aku semakin disiplin dan sebagainya. Namun, makin ke hari makin merasakan kekurangan waktu yang teramat buatku. Bumi berputar terasa sangatlah cepat, baru saja merasakan sejuknya suasana pagi dan malam telah tiba menyapa.
Jika kita tidak mempunyai waktu yang baik, nihil rasanya akan seimbang antara sekolah, belajar, dan lain hal. Kehidupan sangatlah kacau, apalagi seperti diriku yang super sibuk diumur yang terbilang muda. Dimulai dari sekolah, berorganisasi, bekerja, dan belajar Bahasa Jepang harus mempunyai manajemen waktu yang baik dan fisik yang kuat juga menjadi patokan.
Bagaimana cara untuk memanajemen waktu? Banyak hal yang telah dilakukan agar bisa mengatur waktu dengan baik tapi rasanya sulit dan tidak konsisten. Kunci utama dari mengatur waktu itu konsisten dari diri sendiri, bagaimana caranya apa lagi kalau ada rasa malas mulai menerpa? Carilah metode yang baik untuk belajar, mulai tempat, waktu belajar yang tepat, dan sediakan hal yang kalian sukai mulai makanan yang digemari, maupun musik yang disukai.
Bukannya melakukannya di waktu luang tapi memanfaatkan waktu yang telah ada, jika menunggu waktu luang tidak akan terlaksanan, kita juga harus berpikir kritis dengan itu kita bisa mampu mengatur waktu.
Walaupun terbilang sepele ingatlah, dari hal kecil itu sangat penting. Dimulai dari bangun tidur, berangkat sekolah, membuang sampah, dan lain sebagainya sepertinya kecil untuk dilakukan, namun besar makna yang terdapat. Bangun tidur, menjadikan kita disiplin akan waktu, disiplin tidak hanya datang di waktu yang tepat banyak hal dikatakan disiplin, mulai disiplin waktu, disiplin pakaian, disiplin tujuan. Berangkat sekolah apa saja yang kita akan lakukan di sekolah? Tentu untuk belajar dan melakukan eksperimen, bagaimana jika di sekolah hanya untuk bermalas-malasan datang dan pulang saja tidak akan menyerap apa ilmu yang telah diberikan baik guru, teman, dan lingkungan di sekitar. Membuang sampah tidak menunggu harus menggunung, buanglah yang sekiranya sampah seperti, bungkus makan, botol air mineral, dan sebagainya.
Terdapat banyak negara, dengan luar biasanya akan kedisiplinan hidup, kedispilinan waktu, dan kedisiplinan tujuan. Mereka telah terdidik dari dini diajarkan perlahan, namun mampu diterapkan oleh mereka.
Kembali ke diri kita, maukah kalian ingin berlalu di zona nyaman? Apakah kalian ingin selalu berada di fase rebahan? Ayolah kawan buanglah hal buruk tersebut sampai kapan kita hanya seperti itu. Katanya mau maju, kok kerjaannya main gadget melulu. Katanya mau ada perubahan diri, tapi kok kerjaannya rebahan terus. Ingat kata menunda sangatlah keramat kawan, iya sih sepele, tapi ingatlah kembali yang dari hal kecil bisa menjadi urusan yang besar.
Bagaimana caranya agar tidak bosan di waktu untuk belajar? Jangan diambil pusing lakukan lima menit sepuluh menit, seperti orang-orang Jepang melakukannya tidak hanya untuk belajar, namun untuk bekerja. Lima menit untuk belajar, atau bekarja dan sepuluh menit untuk istirahat sebentar. Atau melakukannya dengan bertahap, namun konsisten seperti belajar selama dua jam secara bertahap, misalnya dua jam di pagi hari dan dilanjutkan dua jam di malam hari, waktu siang hari kita bisa gunakan untuk hal lain misalnya tidur siang, melakukan aktivitas rumah, berbaur dengan keluarga dan sosial, walaupun kita sibuk dengan urusan individu, namun urusan sosial juga berjalan baru dikatakan seimbang kawan.
Janganlah suka menunda waktu sebelum kalian menyesal, lakukan perlahan walaupun terpaksa. Memanajemen waktu terdapat tiga tahap yaitu, dipaksa, terpaksa, dan terbiasa. Dimulai dengan dipaksa, awalnya kita sangat malas dan hanya ingin rebahan saja tidak mau melakukan hal lain, tumbuhkan jiwa bangkit kalian dengan dipaksakan untuk belajar. Kemudian terpaksa jika kamu judah memulai, buat lah suatu jadwal belajar yang efektif di tempel di kamar maupun di tempat yang sering kita lalui, dengan hal itu kita akan terpaksa dengan waktu yang kita buat sendiri, dan yang terakhir terbiasa dari serangkaian tahapan yang telah dilalui dengan perlahan akhirnya kita bisa terbiasa dengan belajar dan apapun aktivitas lainnya. Ubah mindset kamu, ubah pola pikir kamu jika kamu ingin berubah dan maju lakukanlah dari sekarang. Jangan ada lagi kata menunda di diri kamu hilangkan, sebab orang sukses tidak pernah menundah suatu hal, menurutnya waktu itu sangatlah berarti banyak yang tiba di tempat dengan waktu yang awal dan pulang dengan waktu terakhir sehingga mereka bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.
Motivasi, dengan motivasi bisa menjadi pasak kamu agar semangat dalam belajar. Zaman sekarang telah canggih akan teknologi dan manfaatkan sebaik mungkin. Kita bisa melihat dan membaca artikel mengenai sosok ternama atau sosok yang sukses dengan cara itu, sedikit demi sedikit akan termotivasi dengan apa yang kamu lihat dan kamu baca tentang mereka.
Ingat itu semua kembali lagi ke diri kamu mau bangkit atau tidak, mau maju atau tertinggal. Kata menyesal selalu berada di akhir dan tidak ada sejarahnya kalau selalu ada di depan. Jika kamu tidak mau menyesal ubah diri kamu mulai sekarang.
Melakukan dua jam secara konsisten lebih baik daripada melakukannya secara full, namun nihil hasilnya.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Impian Gadis Desa [TAMAT]
Teen FictionKita bisa mengubah hidup. Kita bisa melakukannya, memiliki, dan menjadi apa yang kita inginkan, asalkan tidak berhenti di tengah jalan dalam perjuangan. Kau pasti akan mendapatkan apa yang selama ini kau inginkan. Kehidupan itu rumit dan berliku ban...