"Are you okay" sebenarnya adalah pertanyaan yang setiap hari harus ditanyakan kepada anak oleh para orangtua. Akan tetapi, orangtua selalu beranggapan bahwa "anak saya terlihat baik baik saja" mungkin dalam kata lain fisiknya, coba bayangkan jika anda sebagai orang tua "apakah anak saya mentalnya baik baik saja" "mengapa dia tidak pernah menceritakan tentang bagaimana kehidupannya di luar sana" ya tentu saja anak tidak menceritakan kepada orangtua nya karena takut, takut akan kesalahan dan ciciran pedas orang tua mereka.
Saat sang anak duduk di bangku Sekolah Dasar mendapatkan nilai 20 dan memberikannya kepada orangtuanya, orangtuanya memarahi dan bahkan ada yang bilang kepada anaknya "kamu bodoh sekali mendapatkan nilai 20" hal hal seperti ini lah yang membuat sang anak merasa sakit hati dan berpikir "aku sudah belajar dengan sungguh sungguh tetapi orangtuakku hanya melihat dari segi hasil dan tidak melihat usahaku" dan dari sini untuk kedepannya pun sang anak enggan memberitahukan tentang nilai-nilai di sekolahnya kepada orang tua.
Ketika anak berbohong hal-hal kecil diatas juga sebagian contoh dari akibat terjadinya kebohongan anak. Pada hakikatnya anak hanya bisa memendam perasaannya untuk menghormati dan menghargai orangtuanya tidak seperti orangtua yang bisa meluapkan apa saja. Oleh karena itu, alangkah baiknya sebagai orangtua menanyakan "Hari ini apa ada yang membuat sedih atau bahkan mama atau papa yang buat sedih" sehingga anak menjadi terbuka kepada orangtua.
Ketika anak lahir mereka terlahir seperti kertas putih, sehingga lingkungan sekitarnya-lah yang membentuk sikap dan perilaku anak di kedepannya. Sebagian besar ahli psikologi Sosial berbendapat bahwa sikap terbentuk dari pengalaman, didasari pada norma norma yanng sebelumnya dihayati oleh individu, dan kemudian berdasarkan norma norma dan pengalaman tersebut, individu akan menentukan sikap. Sedangkan perilaku adalah tindakan atau perbuatan suatu organisme yang dapat diamati dan bahkan dapat dipelajari.
KAMU SEDANG MEMBACA
Broken Home It Is Not Just Separation
De TodoMembahas sebuah mental anak dalam hubungan anak dan orangtua