Catatan Pendakian Gunung Salak 1 Hari (Tektok) via Jalur Cimelati | Full Chapter

28 0 0
                                    




Waktu libur sudah selesai. Libur nulis maksudnya.

Libur. Yap, "libur nulis", maksudnya. Ga berasa udah 1 tahun gue ga pernah corat-coret lagi, bukan karena selama satu tahun itu ga ada cerita yang pengen gue share, tapi emang ga pernah sempetin waktu buat nulis aja sih, alias mageerrr wkwk (mohon maap yak). Kalo ditanya soal cerita-cerita apa aja, itu tuh ada banyak banget yang pengen gue tulis di sini, tapi yaa itu mageernya looh wkwk. Andai aja ada autotyping hahaha 👅. Oke, efek setahun ga corat-coret, akhirnya gatel juga jemari ini, coba gue garuk, maksudnya mari gue lanjutkan tulis cerita dari cerita dan pengalaman yang paling terbaru gue lakukan, sebut aja . Mudah-mudahan seru.





Gunung Salak
Pendakian kali ini adalah . Gue ulang lagi, . Masih jelas ga? oke, gue ulang lagi, ! Pasti kesan pertama yang ada di benak kalian tentang gunung ini adalah gunung yang kecil, pendek, ga berat, buat pemula, ya pokoknya cetek lah. Wew, wew, wew, kalo kalian mengiranya seperti itu, selamat kalian salah besar! Termasuk gue, ketika pertama kalipun menilainya demikian. Hemm. "Emangnya kaya gimana sih Si Salak ini?", "Sebegitunya ya?", "Masa sih kaya begitu?". Ga percaya? Yaudah, coba aja mampir ke sana dulu.


Kenalin Dulu
merupakan kompleks gunung berapi yang terletak di selatan Jakarta, di Pulau Jawa. Kawasan rangkaian gunung ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengelolaan kawasan hutannya semula berada di bawah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor, tetapi sejak 2003 menjadi wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun, dan dikelola sebagai .

berusia relatif tua sehingga memiliki beberapa puncak. Geoposisi puncak tertinggi gunung ini ialah 6°43' LS dan 106°44' BT dan dinamakan dengan ketinggian puncak 2.211 m dari permukaan laut (dpl.). Banyak yang mengira asal nama adalah dari tanaman salak, akan tetapi sesungguhnya berasal dari kata bahasa Sanskerta, salaka yang berarti "perak".

merupakan gunung api strato tipe A. Puncak tertinggi menurut Hartmann (1938) adalah puncak berusia tertua. Puncak Salak II berketinggian 2.180 m dpl. dianggap yang tertua kedua. Selanjutnya muncul Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl. Terdapat sejumlah kawah aktif yang tidak berasa di puncak. Kawah terbesar, Kawah Ratu, merupakan kawah termuda. Kawah Cikuluwung Putri dan Kawah Hirup merupakan bagian dari sistem Kawah Ratu.
Semenjak tahun 1600-an tercatat terjadi beberapa kali letusan, di antaranya rangkaian letusan antara 1668-1699, 1780, 1902-1903, dan 1935. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1938, berupa erupsi freatik yang terjadi di Kawah Cikuluwung Putri.
Secara morfologi, memiliki banyak jurang curam dan dalam. Karena seluruh tubuh gunung sampai puncak tertutup hutan lebat, kontur gunung ini tidak mudah terlihat. Hal ini sering kali menipu pendaki maupun penerbang yang melewati kawasan pegunungan ini. (Sumber: Wikipedia).



Akhirnya, Jadi Ke Salak.
Setiap pagi yang cerah datang, setiap saat itu juga gue melihat ke arah selatan langit dari kediaman rumah gue (Depok), gunung ini sangat terpampang jelas bak lukisan yang gagah. Dekat banget yah? Mungkin karena lokasi gunung ini yang ga begitu jauh dari tempat tinggal gue (sampe kelihatan jelas dari depan rumah), tapi gue juga bingung, kenapa ga pernah kesampean mendaki kesana, padahal deket, mungkin belum rejeki, tapi ga juga sih. Bukannya rejeki itu dijemput yah? Iya, dijemput, bukan nunggu sampe kapan pasti datangnya. Sejak saat itu gue berinisiatif untuk mulai menjemputnya! C'mon!
Tujuh hari sebelum pendakian , rencana ini sudah gue buat sedemikian matang, walaupun niat sebenarnya sih udah terbesit sekitar satu tahun yang lalu, tapi realisasinya baru sekarang-sekarang. Hemm, ga apa-apa, gunung kan ga ada masa kedaluwarsa ini.Bingung akan melakukan pendakian 2 hari 1 malam (camping) atau 1 hari alias tektok, setelah melakukan pertimbangan dan perundingan, gue tegaskan lebih memilih untuk tektok, kenapa? Ada beberapa alasan dan pertimbangan gue untuk tidak memilih pendakian 2 hari 1 malam, yakni :

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 20, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Catatan Pendakian Gunung Salak 1 Hari (Tektok) via Jalur CimelatiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang