2 | Nggak Make Beha

21 2 0
                                    

Sepanjang perjalanan Sabina misuh-misuh, dia malu banget kalo inget kejadian tadi dikostan. Dia kira Yuda bercanda suruh dia buat minta duit di Jeha, ternyata beneran. Mana tadi si Yuda pake nganterin dia ke kamar Jeha, terus waktu si Jeha buka pintu kamarnya, Yuda langsung ninggalin dia sambil ngomong “Oi Je, si boneka santet mau ngomong sama lu, katanya ada perlu. Dah yah, gue tinggal dulu.”

Sabina? Jangan ditanya, malu banget dia pokoknya. Mana si Yuda sebut dia dengan boneka santet, makin malu-maluin aja. Saat itu rasa ingin ngebunuh Yuda makin menjadi-jadi.

Terus begonya lagi, si Jeha percaya gitu aja lagi sama omongannya si jamet Yuda, jadi waktu muka Sabina udah cengo bin malu setengah mampus, Jeha dengan tidak tau situasi dan kondisi Sabina yang swdang gugul langsung to the point nanya ke Sabina, “Lo mau ngomong apaan?” Sabina yang ditanya langsung yang kaya hah—heh—eh—nganu segala macam pergugupan langsung menyerang dirinya.

Jeha ngeliat Sabina dengan pandangan bingung, “Mau ngomong diluar apa didalem aja?” Ujar cowok itu sembari membuka lebar pintu kamarnya memberi isyarat untuk mempersilahkan Sabina masuk ke dalam kamarnya, yang spontan langsung dijawab Sabina dengan menggelengkan kepalanya, “Eh nggak jadi deh, gapapa hehehe, lo lanjut tidur aja gue balik lagi yah, dah!” Setelahnya Sabina langsung ngacir gitu aja, meninggalkan Jeha yang menatapnya dengan heran.

Yakali, gila aja. Ketemu papasan diruang tamu atau dapur aja Sabina rada awkwrd, lah ini? Ditawarkan untuk berada dalam satu kamar cowok yang belakangan ini sering dgosipin dengannya? Tidak. Terimakasih.

Jadi disinilah Sabina, diwarung Mak Uum dengan membeli nasi uduk tiga porsi. Untuk Yuda, Alena dan dirinya. Bodoamat sama uang jajan dia yang berkurang, dia lebih mengorbankan uang jajannya dibandingkan harus menahan malu meminta duit ke Jeha.

Emangnya dia siapanya Jeha coba? Nggak ada hubungan apa-apa masa berani minta-minta duit. Emang kadang isi otaknya Yuda sama Alena tuh wajib dipertanyakan isinya apa, entah isi akal fikiran atau kacang polong, Sabina nggak ngerti.

"Neng, ini nasi uduknya tiga aja?"

Lamunan Sabina buyar sewaktu Mak Uum menenegurnya. “Eh iya mak, tiga aja, yang punya saya nggak usah make semur jengkol ya Mak, yang dua kasih aja."

Sebenarnya Sabina nggak tau Alena sama Yuda suka semur jengkol atau nggak, cuman bodoamat gitu pikirnya, siapa suruh mereka nyuruh-nyuruh dirinya?

“Yah, neng-neng, padahal semur jengkol Mak itu juara lho neng, masa nggak mau make semur jengkol sih.”

Sabina hanya tersenyum sopan, bingung mau bales apa. “Nih neng, udah semua, totalnya jadi dua puluh satu ribu, tapi buat neng cantik mak genepin jadi dua puluh ribu aja.” ujar Mak Uum ramah. Sabina tersenyum lebar, moodnya jadi membaik sekarang, hanya karna di puji cantik, dan diberi potongan harga.
Tapi senyumannya nggak bertahan lama saat dirinya sadar kalo dia nggak bawa duit sama sekali.

Sabina menepuk jidatnya keras, baru sadar kalo dia nggak bawa apa-apa dari kostan, otaknya mulai me—rewind kejadian beberapa saat lalu, jadi sehabis berdebat dengan Yuda di ruang tamu tadi, dirinya kan langsung ditarik kekamar Jeha, setelahnya mungkin karna gugup Sabina langsung ngacir ke warung Mak Uum tanpa mengingat bahwa dirinya lupa mebawa uang cash. Sabina meringis ngerasa bego banget.

“Mak, maaf banget ini mak, saya lupa bawa uang— t-tapi kostan saya deket mak, itu dibelokan gang situ itu kostan saya mak, kalo mak nggak keberatan saya boleh titip pesanan saya disini sebentar buat ambil duitnya?” Jelas Sabina panik, dia malu banget, udah pede mesen tapi lupa bawa uang, mau ditaroh dimana mukanya?

Si Mak Uum tersenyum ramah mendengar penjelasan Sabina, “Yaelah neng udah kaya sama siapa aja, ini bawa aja, gampang itu mah, kasian kalo neng bolak-balik pasti temen-temennya udah pada laper nungguin neng, ini gapapa neng bawa aja.”

Anak Kost Masa KiniTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang