Meski belum genap seminggu tinggal di rumah Om Yusuf, tapi gue udah hapal betul setiap rutinitas di dalam rumah itu mulai dari pagi sampe menjelang tidur malam."Oya, besok Aris bakal mulai masuk sekolah bareng Nabil," ucap Om Yusuf ke gue kala kami lagi makan malam bareng emak sama Tante Hera, pun Nabil dan Sheila di dapur.
"Pasti seneng karena udah nggak bakalan suntuk di rumah aja seharian," sambung Tante Hera sambil mengulur lengan melintasi meja makan trus mengusak gemas rambut gue.
"Makasih udah bantu urus pindahan sekolah Aris," sela emak bikin Tante Hera menoleh ke arah emak yang duduk di ujung kiri meja makan, sementara Om Yusuf duduk di ujung sebelah kanan. "Mbak jadi nggak enak udah merepotkan kalian berdua."
"Biasa aja kali, Mbak. Kami malah senang bisa bantu Aris kembali bersekolah," sahut Om Yusuf ramah sambil melirik sekilas ke arah gue lagi pura-pura sibuk potong daging panggang.
"Sekalian bisa jadi teman belajar Nabil. Nilai rapor dia semester kemarin banyak yang turun gegara hobi main game kalo ada di rumah," sambung Tante Hera bikin muka Nabil seketika merengut sebal.
"Tapi nggak ada satu mapel pun yang remedial kok, Tante," sahut Nabil coba bikin emak terkesan.
"Nabil udah kelas berapa sekarang?" tanya emak sambil menoleh ke Nabil yang duduk di sebelah kursi gue dan berada di sisi seberang Tante Hera.
"Lima, Tante."
"Wah, kalian bakalan sekelas dong? Aris juga kelas lima semester dua ini," sahut emak antusias.
Setelah bahas soal pindahan ke sekolah baru gue, obrolan makan malam segera beralih ke sidang perceraian emak dan bokap yang bakal di gelar Rabu depan di kantor pengadilan agama.
"Mau tidur, Ris?" tanya Om Yusuf begitu liat gue hendak jalan menuju tangga sehabis makan malam. "Lagian masih sorean ini. Masa udah ngantuk? Sini nonton tivi aja dulu bareng Om sama Nabil."
"Aris cuman mau siapin perlengkapan sekolah, Om. Takut nggak keburu kalo baru bebenah besok pagi," dalih gue padahal sih pengin berburu kancut bekas pake Om Yusuf tadi pagi di toilet kamar tidur utama di seberang kamar gue dan Nabil.
"Yaudah bareng Nabil aja," saran Om Yusuf sambil menepuk pundak Nabil yang lagi mainan ponsel sambil duduk di sebelah dia di sofa ruang tamu. "Sana, bantu sepupu kamu kemas alat tulis untuk sekolah besok."
"N-nggak usah, Om. Aris bisa kemas sendiri kok," tolak gue begitu dengar dengusan sebal Nabil. Sebisa mungkin meminimalisir konflik.
Setelah pamitan sama Om Yusuf, gue segera naik ke lantai atas dan persis seperti tebakan gue, pintu kamar tidur utama nggak dikunci.
Begitu yakin situasi aman, gue baru berani memutar kenop pintu trus main selonong masuk begitu pintu kebuka.
Tanpa komando, gue samperin keranjang kecil di sebelah pintu toilet trus tersenyum puas begitu liat kemeja kantor Om Yusuf tadi pagi teronggok lesu di dalam sana bareng kaos kotor Tante Hera.
Nggak mau buang waktu, gue pun segera sambar kemeja dan langsung hirup aroma memabukan di petak basah bagian bawah sambungan lengan dan bahu kemeja kotor itu.
Bisa gue endus bau kecut campur wangi deodoran menguar dari serat kain kemeja rada basah kena keringat bikin aroma ketiak Om Yusuf jadi lebih dominan ketimbang wangi deodoran.
Sambil hirup aroma ketiak Om Yusuf di kemeja itu, tangan kiri gue masih aja sibuk geledah keranjang cari kancut bekas pake di bawah timbunan pakaian kotor itu.
Begitu ketemu, gue segera rebahan ke kasur empuk serta besar di tengah kamar itu sambil bergantian hirup bau ketiak dan aroma selangkangan Om Yusuf.
KAMU SEDANG MEMBACA
Mandi Pejuh Paman [BL]
Short Story[21+] [Boyslove] season kedua dari cerita pejuh series.