[PERINGATAN]
Kalau kamu membaca cerita ini di platform selain W4ttp4d, besar kemungkinan situs/platform tersebut adalah malware. Segera pindah ke cerita asli yang hanya saya publikasikan di W4ttp4d lewat tautan berikut:
http://wattpad.com/zzztare
Silakan pilih cerita yang mau dibaca dari profil saya. Semuanya gratis.
Terima kasih.
====
Copas dari percapakan sendiri.
Ini masalah lama, soal web mirror. Dulu saya aware, jadi di blurb cerita saya kasih peringatan dan link cerita asli. Namun, beberapa lama ini saya lengah, dan ternyata masalah itu ada lagi.
Saya cuma mau kasih saran sedikit, buat semua author yang MAU publish BAB BARU, silakan kasih peringatan di awal bab KALAU cerita asli dipost di wattpad, dan kalau membaca di web lain kemungkinan malware. Kasih link wattpad kalian. Buat yang MAU publish CERITA BARU, kasih peringatan di blurb dan silakan bikin bab khusus kayak begini.
Kenapa? Soalnya, kalau udah kecopas, di sana ga keedit. Bahkan meski unpub, di sana tetap ada. Mending kasih peringatan di cerita/bab yang baru mau dipublish, biar di sana kebaca. Btw, kata "wattpad" keganti otomatis di webnya. Mo marah ga si. Saya ga bilang ini plagiat, soalnya nama authornya masih sama wkwk. Tapi ini pembajakan.
Ini cuma sedikit langkah "mengobati", bukan preventif, soalnya jujur saya gatau kudu apa, malware dsb di luar kuasa saya dan tanggung jawab WP, tapi masih dalam kuasa Allah, insyaallah aamiin.
Cerita saya yang sempat up bulan lalu kecopas semua, padahal cuma cerita gaje dan sebuah preview. Untungnya, semua cerita sebelum Agustus sudah tamat semua. Padahal saya masih pengin up ekstra bab di Our Land, tapi kayaknya saya tahan. Kalau cerita OL nongol di web lain juga, saya nanges.
Eniwei, saya masih mau up di WP kok, masih mau hidup normal (opo) dan masih tetap mau menjalankan rencana buat up 3 bab pertama YT! Kalau tetiba itu cerita dicopas juga, yaudahlah, semoga yang baca dari sana mau mampir KBM saya dan unlock bab, ehe.
Jangan patah semangat dan terus berkarya!
====
Ini contoh yang saya pakai buat kelinci percobaan. Update bab zonk, sampe sekarang masih begitu di sana meski di WP udah kuedit. Semoga enggak dipindai ulang, ya. Kasihan author yang mau terbit tapi ceritanya ter-alter di sana. :(
Kenapa tulisan wattpad-nya alay, soalnya di sana "wattpad" auto diganti jadi nama webnya. Kan ngeselin.
====
Iya, masih Tare di sini.
JKT, 12-14/9/21
Zzztare
KAMU SEDANG MEMBACA
In Search of Happiness
Random[Random] "Life is suffering. It is hard. The world is cursed, but still you find reasons to keep living." (Princess Mononoke, 1997) Jalanilah hari dengan berpegang pada harapan remehmu. Yakinlah dan perjuangkan kehidupanmu. Kebahagiaan yang kaukatak...