Bedah Karya Pertama

142 11 0
                                    

Nama Penulis : Ann.
Akun WP : AnInOctober
Jenis Karya : Oneshot
Judul : Close Eyes.
Pairing : Gojo Satoru x Female Readers.
Fandom : Jujutsu Kaisen.
Genre : Fanfiction & romance.

⊱ ──────ஓ๑∗๑ஓ ────── ⊰

REVIEW

1. Ketepatan dialog tag & aksi.

:: Sudah lumayan benar, cuma ada beberapa kekeliruan di screenshot yg kukirim. Kamu kayak kurang paham dengan dialog tag & aksi.
:: Menurut ku udah bagus cuma di bagian dialog tag nya, sama seperti yang di jelaskan kak nisha tadi.
:: Buat dialog tag, udah rapi banget sih. Enak dibaca, aksinya juga mudah dipahami dan ga belibet.
:: Ann masih suka tertukar antara dialog tag dan aksi. Tapi, cuma sedikit, kok.
:: udah bagus kok, cuman pas dibagian yang di screenshoot kak Nisha tadi masih salah ya Ann-san.
:: 90℅ benar. Sudah sangat enak dibaca. Pun saya dapat dengan cepat memahami isi dari setiap dialog yang dibawakan.

2. Point of View.

:: Penggunaan POV tigamu sudah bagus menurutku.
:: Pov nya bagus apalagi dari sudut pandang mbak nem nya, udah pas kok pov nya.
::  pov nya bagus!
:: Penggunaan POV nya bagus
:: Untuk point of view nya juga udah bagus. Ceritanya didominasi pov 3—yang mana itu sudut pandang favoritku heheh.
:: POV-nya udah bagus.
Rapi dan enak dibacanya.
:: point of viewnya sudah bagus kok menurutku!
:: Sudah sangat bagus. Membuat alur yang dibawakan mudah dipahami maksud isi ceritanya.

3. Ketepatan tanda baca.

:: Jujur aku juga belum punya ilmu yang banyak. Aku gak berami komen di poin ini.
Tapi penggunaan elipsis ... & .... kamu udah tepat.
:: Kalo tanda baca, aku ga banyak komen, deh. Udah bagus, but yah mungkin penggunaan koma bisa dikurangi sedikit. Misalnya diganti pake titik gitu.
:: Ummm, aku belum cukup ilmu buat ini. Tapi, menurutku udah bagus.
:: 77% bagus. Sisanya perlu banyak belajar dan teliti lagi ><)

4. Penyusunan kalimat.

:: Sederhana tapi feelnya dapat.
:: Sudah tepat bahkan terlihat bagus.
:: sudah tepat^^
:: Bagus, Dapet sih feelnya
:: Susunan kalimat.. aku ga jago bidang ini sih, intinya udah bagus dan menurutku ga perlu ada perbaikan.
:: Sudah bagus.
:: penyusunan kalimatnya sudah bagus kok!
:: Sangat sederhana. Ngga terlalu rumit. Pemilihan kata/diksi tepat sekali yang lebih tepatnya singgung bikin orang ngefeel (secara pribadi) Saya suka gimana dia kreatif sama diksi-diksi sederhana.

5. Gaya bahasa.

:: Ringan & mudah dimengerti. Dan style bahasa kamu emang cocok sama genrenya.
:: Mudah dipahami
:: mudah dipahami, seru.
:: Mudah dimengerti:D
:: NAH INI, GAYA BAHASANYA. Aku suka banget cara kamu mengekpresikan, mendeskripsikan perasaan si [Name] ini, kalo kataku mantap banget sih. Kek, feelnya berasa.
:: Gaya bahasanya cocok dengan genre yang dipakai Ann.
:: mudah di pahami, dan menurutku pas juga sama genrenya hehe.
:: Kamu banget🤣👍🏻
Maksudnya, sederhana, tapi sangat luar biasa gaya bahasanya. Saya suka.

6. Konflik.

:: Sebagai pembaca menurutku konfliknya ringan, tapi dari sudut pandang mbak (Name) tentunya berat yaa ditinggal selama tiga minggu.
:: Konflik nya tentang MC yang menunggu pasangan pasti berat menahan rindunya.
:: konflik nya menurutku asik
:: Agak kasihan sama si MC 🙏
:: Konflik, ya.. menurutku ceritanya agak anti-klimaks gitu, ga ada bagian yang terlalu berbekas buatku. Tapi penyelesaiannya apik banget.
:: Konfliknya ringan. Tapi, feel-nya dapet banget.
:: Konfliknya ringan buat genre romance, tapi sudah keren kok!
:: Konfliknya sederhana, tapi rasanya naik turun bagi saya🤣 Selain dari apa yang dirasakan pun diksi sangat mendukung emosi yang dirasakan [Name] dan Satoru yang bikin saya takut2 bad end🤣🙏🏻

⊱ ──────ஓ๑∗๑ஓ ────── ⊰

Kelebihan ::

• Rapi & enak dibaca.
• Romancenya dapet.
• cerita nya enak dibaca + adegan uwuan nya dapat.
• adegan uwuannya dapat
• Enak di baca sih
• Saya gila sendiri ngebaca adegan uwu nya.
• pov, pemilihan kata-kata
• Enak dibaca dan dipahami
• bapernya dapet UwU.
• Secara pribadi book ini memiliki kelebihan berupa sesuatu yang sepele itu berdampak besar, seperti rindu yang menjadi tema utama dalam ceritamu.

Kekurangan ::

• Kurang greget endingnya.
• endingnya kurang greget:(
• endingnya kurang memuaskan. Sebenernya udah enak, cuma mungkin kalo lebih greget lagi, pasti lebih bagus.
• endingnya kurang greget, tapi menurutku sudah bagus kok!
• Tanda baca dan endingnya lebih diperbanyak lagi permainan emosinya, yaa.

Kritik ::

• Pahami lagi penulisan dialog tag & aksi.
• itu dialog tagnya diperhatikan.
• dialog tagnya perhatikan lagi ya.
• alurnya anti-klimaks, jadi ga ada bagian yang kayak "wah" banget gitu, but overall bagus
• Tolong perhatikan dialog tag dan aksinya.
• dialog tagnya diperhatikan ya^^
• Teliti lagi><) JANGAN RAGU 😭👍🏻

Saran ::

• Sebaiknya revisi dengan teliti sebelum dipublish.
• aku ga bisa kasih saran karena cerita nya udah bagus bet
• ceritamu udah bagus, aku jadi bingung mau ngasih saran apa.
• endingnya dipercantik lagi, itu aja hehe.
• Lebih teliti lagi dengan dialog tag dan aksi, mungkin bisa direvisi di lain waktu
• ceritanya udah bagus kok, cuman menurutku endingnya dibikin lebih greget lagi.
• Teliti, belajar lagi, dan lakukan referensi. ,

Rating karya : 9

★ | Bedah Karya Warga :: Nakano DistrictTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang