00

5.4K 443 16
                                    

PROLOG

Seorang pekerja serabutan kaya gue emang sering mendapatkan perlakuan yang enggak adil dari atasan, itu udah sering kejadian. Dulu, gue itu gak semlarat ini, dulu gue masih bisa makan enak tiga kali sehari, masih bebas tidur di rumah dengan nyaman, dan uang jajan gak pernah telat seharipun.

Tapi itu dulu, pas gue masih di jaman-jaman SMA. Sekarang, gue udah umur Dua puluh lima tahun, dan gue adalah seorang pekerja serabutan. Hidup indah gue hancur gegara ulah gue sendiri. Kalo di bilang nyesel, asli gue nyesel banget.

Kenapa gue dulu dengan bodohnya jadi anak yang gak bener dan berandalan. Dan gara-gara ulah gue, ayah sama ibu meninggal, gara-gara gue juga harta yang seharusnya gue gunain buat kuliah dan menunjang masa depan, gue bikin foya-foya. Dan akhirnya, setelah gue gak punya apa-apa, temen-temen gue gak lagi ada yang mau main sama gue, apalagi bantuin hidup gue yang udah rusak kaya gini.

"Hhhh..." Gue ngehela nafas capek.

"Lo tuh bisa kerja gak sih?! Ini kenapa piringnya masih bau sabun?! Lo lama-lama bikin restoran gue jadi bangkrut tau?!. Kerja tuh yang bener!!" Dia feri, temen gue jaman SMA, dia satu-satunya temen gue yang mau bermurah hati Nerima gue buat kerja di tempat dia. Tapi lo semua tau sendiri, dia kaya gitu orangnya.

Gue kesel sebenernya sama feri, tapi gimana lagi? Gue gak mau di pecat dan berakhir kelaparan.

"Sorry Fer, gue bakalan lebih teliti lagi"

"Lebih teliti??. Sorry aja, gue udah gak bisa memperkerjakan lo lagi. Gue nyerah! Lo gak cuma sekali dua kali kaya gini, ini udah batas kesabaran gue"

Degg!

"F-fer, Lo bercandakan?. Kita kan temen Fer, Lo tega sama gue??"

"Ini bukan masalah tega apa enggak, gue nyerah sama Lo Ren, gue nyerah!" Setelah itu feri ninggalin gue sendiri di belakang resto dan balik-balik dia bawa amplop dan ngasihin amplop itu ke gue.

"Lo ambil ini dan besok gak usah balik lagi"

"F-fer, Lo mana bisa gini sama gue??, Gue butuh banget bantuan Lo" gue mohon-mohon sama feri semelas-melasnya.

"Lo jangan minta di ngertiin Mulu dong Ren, Lo sekali-kali juga kudu ngertiin gue. Kalo Lo terus kerja di sini, yang ada gue gulung tikar besok" abis itu feri ninggalin gue masuk kedalam resto.

Malam ini dingin banget. Sial, gue kudu tidur di emperan perpustakaan umum kaya begini. Gara-gara udah enggak kuat bayar uang sewa, gue di usir dari kos. Emang kayaknya hari ini tuh hari apes buat gue.

Pernah terlintas di pikiran gue kalo lebih enak gue ngerampok aja, kan gue jago berantem, tapi gue sadar itu bukan penyelesaian masalah yang baik,gue bukan bocah kaya dulu yang bertindak gak pake mikir dulu.

"Eh" seseorang tiba-tiba nongol depan gue.

"Oh, maaf mba. Saya numpang tidur disini, janji besok pagi-pagi saya udah pergi dari sini" gue gak tau apa yang ada di pikiran si embak-embak di depan gue ini, tapi dia malah senyum sama gue. Mudah-mudahan aja ini pertanda baik.

"Masnya gelandangan ya?" Anjir, walopun gue gelandang, ya Jan di perjelas dong!.

"Sorry mba, saya pindah aja kali ya?" dari pada gue slepet ini cewek.

"Eh, eh! Tunggu. Masnya mau kemana??" Mbak-mbak itu nahan tangan gue. "Saya bukannya mau ngusir mas, saya cuma mau nawarin tidur aja di dalem" hah?! Beneran nih?.

"B-boleh emang?"

"Ayo ayo masuk! Kebetulan saya bawa martabak telur sama soda, sekalian temenin saya makan sambil baca buku" ya gue gak nolaklah, ini mah namanya matahari setelah badai. Embak-embak itu narik gue buat masuk perpustakaan yang udah tutup itu. Eh, tapi embak-embak ini manusia kan??. Gue langsung nengok kakinya, napak apa kaga. Dan syukurlah... Kakinya napak!.

Setelahnya gue sama embak-embak itu masuk dan makan martabak Sampek kenyang dan baca-baca buku di perpustakaan. Usut punya usut, ternyata si mbanya ini pecinta novel, jadi dia bacanya novel dari tadi, sedangkan gue cuma diem nemenin dia. Tapi lama-lama canggung juga, dan akhirnya gue mutusin buat ikutan baca. Sebenernya males, tapi yaudahlah dari pada plonga plongo gak jelas. Gue ngambil satu novel yang di tumpuk mbaknya di meja buat di baca, judulnya True Love. Anjir alay banget judulnya.

Gue bukan tipe orang yang suka baca, tapi enggak tau kenapa pas baca novel true love ini, gue bisa betah dan jadi penasaran terus sama kelanjutan-kelanjutan bab di novel ini dan akhirnya dalam sejarah duapuluh tahun gue hidup di muka bumi ini, baru kali ini gue baca buku Sampek halaman terakhir, bahkan Sampek nama-nama pengarang dan biografi penulisnya gue baca.

"Masnya baca novel itu?" Gue noleh kearah mba-mba baik hati itu.

"Iya, baru kali ini saya baca novel dan isinya bikin saya penasaran Sampek Ahir" 

"Itu karya populer Lady Rose, saya juga suka cerita di novel itu!" Mbak-mbak itu tiba-tiba jadi girang banget bahas isi novel di tangan gue ini dan gak tau kenapa gue juga jadi girang sama kaya nih mba-mba.

"Saya suka di bab ini, pas si Arsya mati. Emang pantes banget sih dia mati, siapa suruh jadi orang jahat" gue dengan semangat berkoar-koar.

"Eh??" Si mbaknya tiba-tiba berdiri dari duduknya. "Masnya saya tinggal sebentar ya, lanjut aja bacanya saya kelupaan sesuatu di mobil. Masnya boleh juga tidur di sini sambil jagain buku-buku di sini, besok saya bangunin kalo sudah pagi" dan mbak-mbak itu langsung ngacir keluar perpustakaan.

"Hhhh..." Padahal gue udah excited banget buat ngebahas novel true love di tangan gue ini. akhirnya gue ngerebahin kepala kemeja dan mejamin mata, gak tau seberapa lama, tapi gue rasa gue sekarang jadi ketiduran.
.
.
.
"Ughhh" rasanya kenapa badan gue jadi sakit semua gini ya? Apa efek dari tidur di meja?.

Anjir! Mata gue kenapa berat gini? Dan lagi, tenggorokan gue kenapa sakit sih?. Gue perhatiin sekeliling. Lah, putih semua. Apa gue udah mati??.

"Arsya!!" Gue denger teriakan ibu-ibu yang baru aja buka pintu ruangan gue. "Papa! Papa! Arsya udah bangun!!" Hah?? Kenapa sih nih ibu-ibu??. Abis itu ada bapak-bapak dateng ikutan ngeliatin gue.

"Syukurlah, papa panggil dokter dulu!" Raut bapak itu jadi girang banget dan ibu-ibu yang teriak tadi langsung lari kearah gue dan nyiumin muka gue sambil nangis-nangis.

Anjir! Ingusnya!!
.
.
.
Gue sama sekali enggak tau situasi macam apa ini.

"Kamu ingat nama kamu?" Dokter mulai nanya-nanya kaya orang lagi wawancara kerja setelah gue bilang enggak kenal sama ibu-bapak yang ngaku-ngaku bonyok gue.

"Nama saya Reno dok" dan ibu-ibu itu tambah kenceng nangisnya. Anjir, gue gak salah apa-apakan??.

"Kamu beneran gak kenal mereka?" Gila nih dokter! Gak tau apa tenggorokan gue sakit begini?? Nanya-nanya Mulu dari tadi. Dan akhirnya gue cuma geleng-geleng dan lagi-lagi si ibu-ibu itu tambah histeris di pelukan suaminya.

"Sepertinya anak anda mengalami amnesia seperti dugaan saya di awal, benturan di kepalanya lumayan parah" bentar-bentar!! Gue kenapa di sini?? Bukannya semalem gue tidur di perpustakaan umum ya?? Woi!! Kenapa sekarang gue ada di rumah sakit?? pake acara amnesia segala lagi!. Ini bener-bener gak lucu!.

Gue mau nanya lagi, tapi gak jadi gegara asli tenggorokan gue sakit kaya abis puasa setahun!. Akhirnya gue cuma bisa ngikutin skenario yang udah berjalan disini. Dan anjirlah! Nama gue bukan Arsya dan semacamnya!! Gue Reno!! Gelandangan yang gak punya rumah+pengangguran!!.

Bersambung...

TRUE LOVETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang