Sebenernya kesan pertama gue sama Andra Laszlo nggak begitu baik. Cowok itu kayak nggak punya gairah hidup, garis wajahnya super datar.
Waktu itu lagi MOS, kita lagi disuruh ngebuat semacam biografi gitu. Bukan biografi sih, gak tau apa namanya. Sebut aja karangan, intinya berisi tentang diri lo dan apa yang bakal lo lakuin selama sekolah di BHS.
Dan gue satu ruangan sama Andra (sama Devon dan Ayu juga tapi gue nggak merhatiin waktu itu). Karena gue orangnya nggak suka ribet, gue isi aja sampai penuh ke bawah nggak mikir panjang. Pas ngeliat sekitar ternyata belum ada yang selesai. Jadi lah gue nunggu, nggak mau nganter pertama karena maluwww.
Karena bosan, gue jadi liatin orang secara random. Dan pas gue merhatiin Andra, eh dia malah noleh ke gue terus senyum. Gue ngerasa hati gue lumer gitu aja.
Gue ngerasa aneh. Gue nggak tau namain perasaan itu gimana. Kayak aneh. Tapi seneng. Tapi aneh.
Ya gimana ya. Gue yang taunya cuma ngebayangin cogan wp nggak tau rasanya disenyumin cogan rl gimana.
Dan perasaan 'aneh' ini terus terjadi setiap kali gue sama Andra nggak sengaja tatapan.
Apalagi ternyata kita sekelas, hampir tiap hari ketemu. Walau Andra nggak seganteng Devon (ya gue akui kalau yang paling ganteng di kelas itu Devon) tapi dia berkarisma. Tubuhnya jangkung tegap, dengan iris kecoklatan yang bikin adem. Dan basketnya jago banget.
Makin idaman kan?
Dan entah apakah dewi Fortuna berpihak pada gue, atau gue pernah nyelamatin negara di kehidupan sebelumnya. Hari itu pulang sekolah, gue dapat durian runtuh.
Andra minta WA gue.
Kita diam-diam sering chat sampai tengah malam bahas hal ngalur ngidul.
Perasaan ini makin tumbuh saat gue ikut basket. Walau gue niatnya cuma numpang nama, tapi jadi semangat karena ada Andra.
Dia beberapa kali ngajarin gue ngeshoot atau long shot. Buat gue jadi baper, ngerasa diperlakukan spesial.
Apalagi Andra ini seringnya datar. Tapi sering senyum pas gue ajak ngobrol. Dan dia juga nggak terlalu dekat sama anak kelas. Sirkel pertemannya di IPS, yang sama-sama anak basket. Cowok kelas banyakan yang Futsal.
Andra sering kali nganterin gue pulang (kalau Rafky hilap nggak jemput gue). Dia orang pertama di kelas yang tau kalau gue punya kembaran, selain Dea sama Gilang tentunya. Andra juga pernah upload poto gue di ig. Captionnya love ijo. Siapa yang nggak baper coba.
Selama dua bulan itu kita deket banget. Semua anak kelas juga tau kalau gue sama Andra jelas lebih dari 'temen'.
Dan apakah dengan begitu semua akan berjalan mulus sampai gue melepas status jones ini?
Hah. Lucu.
Awal Corona masuk indo, belum ada PSBB, PPKM (disitu juga belum SFH) Andra jadi jarang chat gue.
Dan tiba-tiba saat Andra hubungin gue, dia malah curhat.
Tentang Farah. Cewek yang katanya dia taksir dari SMP tapi belum berani ngungkapin.
Dan gue mendadak jadi Mamah Dedeh. Dengerin curhatan dia, nyemangatin dan motivasi dia buat berani nembak Farah.
Betapa bermuka duanya diri ini.
Baik ketemu langsung atau lewat chat, Andra cuma ngomongin Farah, Farah terus. Bahkan gue jadi tau nama kucing Farah, Dolmiv.
I am his human diary.
Hal yang membuat gue mundur perlahan. Keget. Gak habis pikir. Atau mungkin cuma gue yang kegeeran kali ya. Akhirnya gue berusaha menutupi perasaan serapat mungkin.
Tapi, bukan Andra namanya kalau nggak jago narik ulur.
Waktu itu pulang basket, udah mau malam, gue yang biasanya bareng Dea jadi dianter sama Andra. Karena Dea pulang duluan, mau ngedate sama Rio, anak IPS teman Andra (waktu itu Dea belum sama abang gue).
Disitu kita tambah deket, Andra jadi sering jemput gue basket sore-sore. Padahal biasanya gue cuma dateng 2 kali sebulan, tapi jadi rutin 2 kali seminggu. Saat di depan rumah, Andra tiba-tiba bilang mau nyerah sama Farah. Katanya Farah udah punya cowok, baru aja jadian.
Saat itu gue sempet ngarep lagi. Gue curhat ke Dea dan dia nyemangatin gue. Cewek gila itu nyuruh gue confess duluan.
Dan dengan begonya gue mau nurut. Nggak tahan juga sih lama-lama. Gue udah mempersiapkan segala sesuatu hal. Hati dan pikiran udah saut-sautan.
Tapi belum ada kalimat yang keluar dari mulut gue, Andra buka suara duluan nyebut nama gue.
Dengan wajah berbinar cowok itu maju meluk gue.
"Makasih ya, Sa, udah jadi tempat curhat gue."
Gue ngerjap-ngerjap kecil. "Hn? Ya oke."
"Gue... Udah jadian sama Farah. Ternyata kemaren gue salah paham, cowok itu cuma mantannya."
Kalau elo jadi gue, apa yang bakal lo lakuin dalam situasi kayak gitu?
Terkadang ketika naksir seseorang, logika kita cenderung lebih tumpul sementara perasaan kita jauh lebih tajam.
Gue nangis hari itu. Masih dipelukan Andra gue luapin semuanya. Ya, gue ngungkapin perasaan gue ke dia.
Tapi yang anehnya, Andra nggak kaget.
Dia cuma nepuk-nepuk punggung gue. Nenangin gue yang udah sesegukan.
Akhirnya gue sadar kalau sebenernya Andra tau kalau gue naksir dia. Tapi dia pura-pura nggak peka, baperin gue dan pergi gitu aja.
Semenjak saat itu kita jadi ngejauh. Hubungan gue sama Andra nggak baik-baik aja. Ditambah saat SFH kita jadi asing banget, nggak pernah teguran.
Gue nutupin canggung dengan bersikap jutek ke Andra.
Walau sampai sekarang harus gue akui rasa itu masih ada. Nyatanya Andra cowok pertama yang berhasil ngeraih sekaligus matahin hati gue.
Gue diam-diam masih berharap sama Andra. Ditambah kejadian minggu lalu dia genggam tangan gue, nganterin gue pulang. Gue leleh gitu aja.
Ha Ha. Brengsek.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
My Classmates
Teen Fiction+ School life after the pandemic + Genre: Teenfiction, Fluff romance, Friendship. + Cerita menggunakan sudut pandang orang pertama, bahasa tidak baku. *** "Makasih udah mau jadi temen gue. Tapi maaf, gue nggak bisa nganggap lo sekedar temen." "Hah...