Jadi di bulan mei tahun lalu, wacom ngadain sebuah event gitu dengan tema "anime".
Oke jadi ini masih part gambar lama ceritanya :v
Hal tersulit yang yuii rasain ketika ngikutin event ini adalah ukuran kanvas yang harus minimal 2000 px x 2000 px dengan rasio 1:1. dan sementara selama 2 tahun ngambar digi yuii belom pernah pakai kanvas yang sebesar itu. Jadi yaa banyak suka duka pas ngambar ini wkwk karna sempat error beberapa kali (maklum hp kentank :v)
Dan yuii bahkan sampai minjem hp ortu wkwk. Yahh tentunya kalau minjem hp ortu gak mungkin senyaman hp sendiri dan gak mungkin juga bisa dipinjem lama2. Dan karena itulah yuii gak merasa maksimal pas ikut ini.
Hal yang bikin yuii agak kesal pas pengumuman pemenang adalah ada salah satu pemenang yang ikutan, tapi rasionya gak 1:1. Yuii akui gambarnya bagus banget, cuman kalau diliat berdasarkan ketentuan lomba yang mewajibkan rasio 1:1 yaa agak jadi gimana gitu. Mending sekalian gak usah diwajibin 1:1 wkwk. Oke lupakan, yuii sendiri juga dari awal udah optimis kalah wkwk. Mana saingannya kebanyakan yang pakai PC/ Laptop + wacom/ xp-pen/ huion wkwk. Jadi kebanyakan peserta atau pemenangnya itu memang yang tools nya juga pada udah memadai lah.
Sejujurnya mungkin masih banyak perdebatan kayak antara skill atau tools yang memadai. Menurut yuii sendiri dua2nya penting. Mungkin kalian pernah denger dari beberapa artist yang bilang kalau kalian punya skill gak peduli seampas apa tools yang kalian pakai. Pendapat kayak gitu gak sepenuhnya salah juga karna mungkin mereka ngelihat dari sisi yang berbeda. Tapi logic nya gini aja nih, anggaplah kalian bisa ngambar. Trus kalian pengen improve nih, pengen nambahin more details. Dan saat kalian pengen gitu, tentunya setidaknya kalian butuh ukuran kanvas yang lebih besar. Karna pas pakai kanvas yang kecil agak susah buat nge detail menurut yuii (ini dalam artian buat background, efek, dkk).
Oke balik lagi ke permasalahan tadi. Kanvas yang besar otomatis butuh memori yang besar juga. Kalau kalian pakai hp yang kapasitas nya pas-pas an lah atau kalian lagi mengalami krisis memori hp, otomatis kalian bakal mengalami yang namanya error/ galat. Nah secara gak langsung itu menjadi salah satu alasan yang membuat kalian sedikit terhambat buat improve. Dan kemudian muncullah yang namanya penghematan layer :v. Para pengguna ibis paint+hp pasti pada paham dengan ini wkwk.
Itulah alasan kenapa punya tools yang bagus itu juga gak kalah penting. Karna itu bakal banyak banget ngebantu kalian terutama dalam hal mempermudah. Dan makanya juga kebanyakan pada punya mimpi pengen upgrade jadi tablet/ ipad/ wacom/xp-pen/ huion (termasuk yuii :v). Yuii yakin banget gak mungkin ada yang gak punya mimpi kek gini dari yang bisa gambar udah. Tapi bukan berarti hal ini membuat kalian yang pakai hp gak bisa imrove kok. Intinya kalian harus tetap semangat gambar walaupun saat ini kalian cuman bermodalkan hp dan app gratis.
Duh kayaknya yuii kebanyakan ngomong di bab kali ini wkwk. Oke langsung aja gambarnya ada dibawah ini
Oc yang dipakai pada gambar diatas: Jina
30 Januari 2021
KAMU SEDANG MEMBACA
Art Book 2
RandomKali ini Yuii balik lagi dengan ngebawain karya-karya Yuii buat ngeramain wattpad di Art Book 2 ini Yuk yang penasaran langsung check aja! • • • Jangan lupa buat nambahin ke perpustakaan/reading list kalian ya biar gak ketinggalan notifikasi updaten...