00. Prolog

21 3 3
                                    

Bismillahirrahmanirrahim.

Playlist :
HiVi! -- Remaja

•••

Remaja adalah waktu manusia berusia belasan tahun. Remaja tidak bisa disebut sudah dewasa atau masih anak-anak, melainkan remaja adalah masa peralihan dari anak menuju dewasa. Dapat ditandai dengan adanya perubahan fisik meliputi permulaan pubertas dan pemberhentian pertumbuhan; secara kognitif mencakup peningkatan pengetahuan, kemampuan berpikir secara abstrak dan bernalar lebih efektif.

Yang di atas adalah ringkasan dari Wikipedia. Jika dibandingkan dengan gambaran orang awam remaja adalah masa-masa untuk menggali jati diri.

Remaja dan emosi yang naik turun mempunyai andil dalam kehidupan. Banyak remaja mengalami perasaan ingin tahu yang tinggi sampai mengusik ketenangan jiwa. Melakukan eksplorasi dan menyalurkan atensi, salah satunya melalui menyibukkan diri mengikuti berbagai kegiatan dijadikan solusi. Katanya itu adalah masa-masa menyenangkan.

Bukan hanya gejolak internal yang hadir, masalah komunikasi dan kehidupan sosial untuk seorang remaja acap kali memiliki bagian. Sering kali terabaikan jika keduanya dapat memengaruhi kondisi kejiwaan seorang remaja. Bagi yang mampu bertahan akan bisa hidup dengan tenang, sedangkan yang lemah dapat hidup berdampingan dengan ketakutan. Bahkan tak jarang pemberitaan media menampilkan kasus-kasus yang pelakunya adalah seorang remaja. Katanya itu adalah masa-masa mengharukan.

Cinta datang tak mengenal usia. Jika disandingkan, remaja dan cinta ibarat rel kereta yang tidak bisa dipisahkan. Terikat dan saling melengkapi dalam kehidupan. Duka ria hadir silih berganti mengisi ruang tersendiri di hati. Kata Roma Irama hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga.

Remaja dan segala lika-likunya bukan hanya tentang pelik. Masih ada riang ria menyapa sebab bahagia akan hadir pada waktunya. Cita, cinta dan nestapa memiliki wewenang untuk bersuara.



•••

Annyeong! Aku kembali setelah lama hilang membawa cerita baru. Sangat tidak sopan karena naskah lama dibiarkan, hehehe.


Correct me if you wanna do that. Orang sopan, berkata yang santun.

Jepara, 27 Maret 2022

 KompilasiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang