Pasti kalian sudah tau apa itu psikologi yah kan? Jadi gini psikologi itu memiliki dua arti
Yaitu menurut bahasa dan menurut istilah lama
Secara bahasa psikologi yaitu berasal dari Yunani kuno yaitu psyche = jiwa dan Logos=kata , yang dalam artian bebas psikologi adalah memepelajari ilmu tentang jiwa dan mental
Sedangkan secara istilah lama yang berasal dari bahasa Inggris yaitu psychology Jadi psikologi berarti adalah ilmu jiwa atau yang mempelajari kejiwaan atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala jiwa manusia.
Jadi kesimpulan di sini psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mental ,pikiran , perilaku dan jiwa manusia.
Adapun beberapa pengertian psikologi menurut para ahli yakni :
1.Plato dan Aristoteles
Menurut Plato dan Aristoteles psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa dan mempelajari proses dari awal hingga akhir.
2.Pengertian Psikologi – Wilhem Wundt
Menurut Wilhem Wundt psikologi adalah ilmu yang tidak hanya mempelajari tentang hakikat jiwa saja, tetapi juga mempelajari tentang pengalaman-pengalaman yang dirasakan dan yang timbul.
Misalnya kamu menciptakan perasaan cinta, munculnya rasa benci dan semacamnya. Atau bentuk perasaan lain yang ditimbulkan, seperti keingingan, perasaan panca indra dan pikiran-pikiran.
3.Woodworth dan marquis
Bagi yang mengambil jurusan dan ilmu psikologi, pasti sudah tidak asing dengan nama tokoh di atas bukan? Bagi yang tidak mengambil jurusan tersebut, pasti asing. Woodworth dan marquis mengartikan psikologi sebagai ilmu yang mempelajari aktivitas indidividu sejak dalam kandungan hingga akhir hayat seseorang.
woodworth dan Marquis juga akan mengulas tentang aktivitas yang ada dalam hubungan dengan alam disekeliling juga. Jadi ilmu psikologi tidak hanya mempelajari sepenuhnya tentang manusia saja, tetapi sekeliling termasuk alam semesta pun termasuk di sini.
4.Knight and Knight
Setiap para tokoh memang bervariasi. Salah satunya menurut Knight and Knight yang mengartikan psikologi sebagai ilmu yang mendalami pengalaman dan tingkah laku manusia secara tersistematis. Baik mendalami secara normal hingga secara adnormal.
Hal yang ditekankan Knight and Knight ternyata tidak hanya berfokus pada manusia saja loh. Termasuk juga mendalami tingkah laku hewan sekalipun. Selain hewan pun, ia juga mempelajari seseorang secara individu, kelompok ataupun sosial.
5.Dr. Singgih Dirgagunarsa
Lebih simpel dibandingkan para tokoh sebelum-sebelumnya dalam mengartikan ilmu psikologi. Menurut Dr. Singgih Dirgagunarsa mengajartikan psikologi sebaagi ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Meskipun singkat, dalam tulisanya pun juga memaparkan banyak perspektif juga.
Cukup disini dulu yah gayss nanti kita lanjutkan lebih mendalam lagi
Semoga bermanfaat 🙂
Tante_badut📸🤡
KAMU SEDANG MEMBACA
Dasar Psikologi
Non-Fictionini bukan cerita novel ini hanya cerita non fiksi yah gays disini saya akan menjelaskan materi materi tentang psikologi sebagian besar saya ambil dari google dan pemikiran saya sendiri. semoga bermanfaat☺️