Oktiana M

0 0 0
                                    

No. Id Card: M046
Nama Lengkap: Oktiana M
Titimangsa: Kebumen, 20 Maret 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan pantun anak-anak?
2. Mengapa pantun pada anak hanya berisikan nasihat/pesan baik?
3. Bagaimana cara/metode penyampaian pantun anak kepada anak-anak?
4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai pantun anak-anak?
5. Buatlah 1 bait pantun anak-anak
Berima a-b-a-b, menggunakan kata kunci 🐘

(・∀・) Selamat Mengerjakan (・∀・)

....
Jawaban:

1. Pantun anak tidak ubahnya dengan pengertian pantun secara umum, namun sampiran maupun isi harus berkaitan dengan masa kanak-kanak. Pantun anak cenderung berupa suka cita selaras dengan kehidupan anak, atau dapat berupa nasihat-nasihat baik sebagai penyemangat maupun peringatan.

2. Karena pantun anak ditujukan untuk anak-anak, terutama untuk menyampaikan nasihat-nasihat baik. Memberi nasihat berupa pantun anak akan menjaga perasaan Si Kecil. Sehingga, Si Kecil akan jauh lebih memahami nasihat yang disajikan dalam bentuk pantun.

3. Metode penyampaian pantun adalah dalam bentuk lisan. Disarankan agar menyampaikan pantun tanpa membaca. Tujuannya adalah agar anak lebih tertarik dengan ekspresi yang kamu tampilkan maupun cerita-cerita berkaitan dengan pantun tersebut sekaligus merasa terhibur.

4. Di buku pelajaran, tapi lupa tepatnya kapan.

5. Ayo Belajar

Ke masjid pakai sarung
Sarungnya gambar gajah duduk
Ayo belajar jangan hanya termenung
Dan patuhilah nasihat ayah ibu

Oktiana M
Kebumen, 20 Maret 2022

Karya Keluarga SLR Part 28Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang