apt. (1)

54 2 0
                                    

Hallo....
Kayaknya gw ga akan lanjutin untuk s1 nya deh karena menurut gw udah ga relevan aja sama kurikulum terbaru. Atau mungkin nanti lain waktu gw bakal bahas apa sih beda kurikulum terbaru dan yang lama di kampus gw.
Sekarang gw bakal sedikit cerita tentang perjalanan gw meraih gelar di depan nama ini. Yukk yang kepo cuss baca.....
.
.
.
Oke gw bakal bahas persiapan buat masuk kuliah profesi apoteker itu apa aja sih. Berdasarkan pengalaman gw yang ga pindah kampus dari s1 ke profesi. Kita harus tetep nyiapin beberapa dokumen, kayak hasil medical check up meliputi tes sputum, tes narkoba, kesehatan fisik, rontgen paru-paru, dan kesehatan rohani. Selain itu, di kampus gw juga mewajibkan untuk punya sertifikat TOEFL ITP dengan skor mjnimal 450. Sepengalaman gw untuk skor dibawah 460 institusi tes TOEFL nya ga akan mengeluarkan sertifikat jadi mereka cuma kasih kertas result aja.
Next....
Di kampus gw untuk meraih gelar ini kalian harus mengikuti 2 bulan kuliah teori, 7 bukan praktik kerja di lapangan, ujian kompetensi apoteker indonesia, dan OSCE. Untuk OSCE gw ga akan bahas panjang karena OSCE yang gw jalanin akan beda sama OSCE angkatan di bawah gw.
Next...
Perkuliahan teorin terdiri dari 3 mata kuliah wajib yaitu MPK Industri, MPK Komunitas, dan MPK Rumah Sakit. 3 mata kuliah pilihan yang bebas kalian pilih berdasarkan minat dan kecocokan waktu kuliah kalian.
Perkuliahan teori mata kuliah wajib ini ngapain aja sih?
Oke jadi 2 minggu awal kita bakal disuapin materi dulu sama dosen-dosen istilahnya sih kapita selekta. Tapi kalo bahasa gw mah flash back aja deh. Intinya adalah materi-materi yang dikasih ini ngajak kita mengingat materi yang udah kita dapet selama S1. Btw gaez ketika kalian udah mutusin buat kuliah profesi kalian harus siap mental dan fisik karena prosesnya bakal panjang dan caupekkk poll...
Setelah menyelesaikan si flash back kita bakal langsung bertemu dengan UTS gaez. Yoi kagak salah bro. 2 minggu kuliah dan langsung UTS bener-bener ngebut boekan? Dan UTS ini diadain di weekend bro. Suram amat kan idup lu weekend bukannya pacaran malah ujian. Terus kalian juga harus siap buat kuliah malam dan kuliah hari minggu. Itu akan terjadi jikalau dosen kalian super siboek.
Setelah UTS kita bakal masuk ke masternya profesi nich. Yaituuuu P B L....
Apa sih PBL? Nah PBL ini Problem Based Learning jadi kita bakal di kasih 3 kasus untuk diselesaikan secara berkelompok. Kelompoknya bakal dipilihin ama dosen nih harusnya rata sih perkara skill dan pengetahuan *iya percaya aja udah kalo kelompoknya adil, emang lu berani ngelawan dosen?
1 kasus bakal diselesain dalam 3 pertemuan, yoi 3 pertemuan bukan 3 minggu *inget kita hanya ada waktu 2 bulan untuk perteorian ini
Pertemuan pertama kita dikenalin nih sama kasusnya dan tugas kita adalah mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya untuk nyelesain kasus ini nanti.
Pertemuan kedua kita harus udah punya gambaran masalah apa yang sebenernya terjadi dan solusinya gimana.
Pertemuan ketiga kita harus presentasiin hasil kerja kelompok kita di depan temen-temen satu kelas dan dosen pengampu.
Setelah kelar 3 kasus untuk 3 mata kuliah wajib kita akan bertemu dengan UAS yoii bro 2 bulan kuliah akhirnya ketemu ujian lagi.
UAS ini menandakan bahwa kalian harus mengucapkan selamat tinggal dengan semester 1 dan kehidupan perkuliahan.
Saatnya kita PKPA yuhuu Praktik Kerja Profesi Apoteker. Kalo di kampus gw sih PKPA ini wajib 5 bidang selama 7 bulan yaitu Pedagang Besar Farmasi (PBF), Puskesmas, Apotek, Rumah Sakit, dan Industri. Kisah PKPA dan UKAI next part gaezz.......

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: May 17, 2022 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Farmasis Tukang Jual Obat?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang