Helloooo gue comeback setelah menyelesaikan drama semester 5 nich
Karena gue udah libur *tapi ga gabut gue mau flashback lagi nih masa semester 3
Kuy yang mau masuk farmasi, gue kasih bayangannya
1. Biokimia
Biokimia nih yah intinya belajar biologi campur kimia. 2 sks teori 1 sks praktikum. Praktikumnya selo lah walaupun kudu tulis tangan laporan sementara sama laporan resmi. Materinya praktikumnya sekedar nguji kualitatif karbohidrat, lemak, dan protein. Uji kuantitatif kolesterol dan gula darah serta uji kualitatif DNA udah gitu aja kok. Teorinya juga sama belajar tentang karbohidrat, lemak, protein, DNA lebih mendalam dibanding SMA.
2. Farmakologi Toksikologi
Ini nih master semester 3. Kelam bet dah. Makulnya 5 sks cuy bayangkan bebs 5 sks sekalinya nilai lu kecil pupus sudah harapan cumlaude lu. 1 sks praktikum dan 4 sks teori. Praktikumnya lu bakal ketemu mahluk kecil putih tapi nyebelin *dia hiperaktif dan bisa gigit cuy, apa coba hayo. MENCIT. Tuh gue kasih tau. Btw gue tuh takut banget ama dia :( gue takut sama hampir semua binatang gaez. Tau kan kalian betapa menderitanya gue pas semester 3 karena kudu praktikum ama dia tapi gue takut. Di makul ini belajar mekanisme obat terus kadar efektif sama toksiknya. Praktikumnya nyuntikin obat ke mencit sama liat efeknya. Intinya kalian akan melihat cara kerja senyawa di tubuh mencit yg di analogikan akan sama mekanisme nya di tubuh manusia.
3. Kimia Analisis
2 sks teori 1 sks praktikum. Kalian bakal pake alat alat analisis nan canggih dan mahal. Kayak spektrofotometer buat nentuin konsentrasi sampel, ini nih harga kuvetnya mahal cuy jadi pastikan kalian tidak memecahkannya *uang sks sama ukt aja udah mahal jadi jangan mecahin alat gaez :'). Kalian bakal belajar prinsip alatnya juga dan berbagai hal lainnya kayak nentuin senyawa apa berdasarkan data rumputnya *NMR dan spektroskopi IR
4. Farmakognosi Fitokimia
3 sks teori 1 sks praktikum. Kerjanga yah maen ama taneman. Zaman gue dulu sih praktikumnya maen sama kunyit. Kayak ibu rumah tangga deh, nyuci kunyit, ngupas, ngiris, jemur. Intinya praktikumnya itu bikin ekstrak dan uji identifikasi metabolit sekundernya. Praktikumnya enam jam tiap dua minggu sekali gantian sama kimia analisis. Di kelas juga ya gitu belajar ekstrak itu apa fraksinasi itu apa dan kawan kawannya yang banyak bet.
5. Patofisiologi
Tau lah yah kalian ini belajar apaan. Yoi belajar tentang penyakit. Iya penyakit doang belum obatnya. Menurut gue ini makul tersulit padahal cuma 2 sks karena dosen gue dokter sih. Jadi begitu ujian soal beserta pilihannya bahasa medis semua. Mana dosennya selalu suruh kita belajar sendiri, yang mana kalo belajar sendiri mah carinya kata yg gampang diinget ehh pas ujian keluarnya bahasa medis semua. Jujur sih gue cap cip cup pas ujian abisnya semua pilihannya asing buat gue. Dapet nilai A susah gaez :(
6. Bahasa Indonesia
Ini harusnya makul semester 5 sih tapi gue ambilnya di semester 3. Sengaja biar semester 5 gue bisa ambil makul lainnya. Intinya sama kayak kalian belajar bahasa Indonesia di SMA tapi emang sih rada sedikit mendalam.
7. Imunologi
Inilah salah satu makul tersulit versi gue karena gue ga bisa nebak materi yang bakal keluar apa. Dan dosen gue kalo kasih soal itu bener bener lupa dunia :( *susah bet. Jadilah gue kagak dapet A. Makul ini 2 sks doang sih tapi susah soalnya materinya banyak terus banyak kata asingnya. Intinya sih mempelajari gimana sih sistem imun kita bisa kerja membasmi kuman yang masuk, mengenali alergen, dan kenapa kita bisa alergi dengan hal-hal tertentu.
Dah gaes semester 3 nya ampe sini aja yach. Dulu semester 3 gue masih sibuk organisasi sama kepanitiaan demi mencapai 10 poin buat yudisium :)
Nah ini mulai pas ujian pato gue kena serangan panik yang kronis jadinya gue cuma tidur 30 menit doang :) iya bener gaez cuma 30 menit gara-gara gue panik mikirin ujiannya hasilnya ya gitu kan gue ga bisa ngerjainnya. Jangan dicontoh yah, kalian harus tetep tidur, harus bisa mengendalikan kepanikan kalian :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Farmasis Tukang Jual Obat?
RandomKuliah di jurusan Farmasi tersiksa? Ga tidur? Ga bisa hangout? Susah? Abis itu cuma jadi tukang jual obat? . . . . . Fakta/Mitos? . . . . . Baca aja deh