Ohayou, mina-san!
Kembali lagi bersama Ad. Setelah beberapa hari dikuasai oleh MinSmart, ya. >_<
Ad di sini akan sedikit menjelaskan tentang penerbit cabang ini, ya.
Smart Creation Publisher cabang Jakarta Timur terbentuk setelah tim pusat mengumumkan pimpinan redaksi yang terpilih.
Jangan ditanya kenapa Ad mau jadi pimpinan redaksi?
Karena jawabannya akan terdengar klise bahkan sepele.
Lanjut.
Ad punya banyak mimpi untuk membangun penerbit cabang ini. Salah satu yang paling penting adalah branding.
Menurut Ad, branding ini sangat penting untuk sebuah penerbitan baru. Itu akan menentukan bagaimana kualitas penerbit ini.
Jadi, sejak terbentuk, Ad mulai melakukan branding dengan s-Creation di seluruh media sosial.
Awalnya, Ad mau mencari tim untuk membantu mengurus penerbitan ini. Namun, sepertinya Ad akan mencarinya nanti saat cabang telah berhasil menerbitkan beberapa karya.
Untuk kamu yang punya karya terutama genre romance, horor, dan thriller, jom terbitkan di sini.
Kamu bisa menghubungi penerbit ini melalui:
Email: smartcreation.jakarta@gmail.com
Instagram: smartcreation.jakarta
Wattpad: smartcreationjakarta
Facebook: PenerbitSmart CreationJakartaKamu juga bisa join ke Grup Facebook jika ingin belajar kepenulisan bersama.
Grup Facebook : Basecamp SCP Jakarta
Kalau Grup WhatsApp?
Belum ada. Kalau banyak yang mau dibuatkan grup kepenulisan di WhatsApp, nanti akan dibuat.Apakah cara mengirimkan naskah ke SCP Jakarta sama dengan ke pusat?
Betul. Cara mengirimkan naskah ke SCP Jakarta sama dengan ke pusat. Bedanya hanya di bagian email. Jangan sampai kebalik untuk memgirimkan email, ya.Email: smartcreation.jakarta@gmail.com
Syarat dan Ketentuan kirim naskah?
Syarat dan ketentuan untuk pengiriman naskahnya sama saja dengan pusat.Syarat dan Ketentuan
1. Naskah harus orisinil dan bukan hasil plagiat
2. Tidak mengandung SARA, LGBT, dan pornografi
3. Diketik rapi dalam Microsoft Word, A4, TNR 12, spasi 1.5, justify, margin normal
4. Naskah dikirim lengkap meliputi halaman judul, kata pengantar, daftar isi, isi, biografi penulis, sinopsis, dan blurb.
5. Naskah dikirim ke email smartcreation.jakarta@gmail.com dengan subjek : Nama Paket TerbitApakah ada terbit gratis?
Ada. Sama halnya dengan pusat, cabang Jakarta Timur juga mempunya paket terbit gratis dengan sekurang-kurangnya penjualan 10 eks.Kenapa?
Itu syarat untuk mendapatkan QRCBN.Kalau mau dapat ISBN?
Bisa. Namun, sekurang-kurangnya penjualan 15 eks.Kok banyak banget, sih, Ad?
Betul, memang banyak. Karena penerbit itu adalah sebuah bisnis yang menginginkan profit atau laba dalam setiap kegiatannya, bukan sebuah bisnis non-profit.Ada banyak tim yang perlu dibayar. Jadi, bukan hanya bayar cetak saja.
Kalau nggak mencapai target gimana, Ad?
Kalau tidak mencapai target, kamu harus membeli sisanya.Aku nggak punya uang, Ad. Gimana dong?
Branding. Lakukan branding untuk diri sendiri sejak naskah kamu diterima oleh penerbit. Itu akan membantumu ketika pre-order tiba.Aku nggak tau cara branding, Ad.
Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk branding, salah satunya dengan melakukan promosi karya.Promosikan saja terus karyamu sampai pembaca terus menerus menemukan link karyamu.
Promosikan kelebihan dan kekurangan karyamu agar pembaca tidak berekspektasi tinggi.
Aku sibuk, Ad, nggak punya waktu untuk branding.
Aku, kamu, dan mereka juga sibuk. Waktu yang kita punya sama-sama 24 jam. Lantas, untuk apa mengeluh?Lebih baik buat manajemen waktu. Itu bisa membuatmu lebih disiplin akan waktu.
Kok, melebar ke mana-mana? Intinya, hampir semua informasi mengenai cabang mirip dengan pusat.
Kalau mau konsultasi, bisa langsung DM saja ke akun ini. InsyaAllah, Ad akan membantu kamu sebisa mungkin.
Thank you for today.
Maaf jika Ad ada salah kata yang memginggung kamu semua.
Ad undur diri.
Sekian.19 Juni 2022
KAMU SEDANG MEMBACA
Smart Creation Publisher
No FicciónSmart Creation Publisher "Smart be More Meaningful" Sudah ada sebelas cabang di Indonesia. Email: smartcreationpublisher@gmail.com Instagram: smartcreation.pub Facebook: Penerbit Indie Shopee: smartcreationpublisher Tunggu apalagi? Yuk, terbitkan na...