No. Id Card: M024
Nama Lengkap: Nana
Titimangsa: Kebumen, 29 Oktober 2022....
Pertanyaan:1. Apa yang dimaksud dengan majas?
2. Ada berapakah pengelompokan majas? Sebutkan!
3. Apa yang dimaksud dengan majas menurut KBBI?
4. Majas yang terbentuk dari tulisan contohnya seperti apa?
5. Apa yang dimaksud dengan majas asosiasi?
6. Apa kata kunci dari penggunaan majas asosiasi?
7. Buatlah 1 bait puisi yang mengandung unsur majas asosiasi.(人 •͈ᴗ•͈) Selamat Mengerjakan (人 •͈ᴗ•͈)
....
Jawaban:1. Majas merupakan gaya bahasa yang dapat berupa kiasan, ibarat, perumpamaan yang bertujuan untuk memperindah makna serta pesan dalam sebuah kalimat.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, majas merupakan cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyampaikannya dengan yang lain. Majas memiliki dua bentuk, yaitu lisan dan tulisan.
2. Majas dikelompokkan menjadi empat bagian, majas pertentangan, majas perbandingan, majas penegasan, dan majas sindiran.
3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, majas merupakan cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyampaikannya dengan yang lain. Majas memiliki dua bentuk, yaitu lisan dan tulisan.
4. Majas tulisan merupakan majas yang terdapat dalam karya fiksi seperti cerpen, puisi, ataupun sajak.
5. Majas asosiasi dapat didefinisikan sebagai gaya bahasa yang membentuk hubungan suatu hal dengan hal lain yang berbeda namun dianggap sama. Dengan kata lain, asosiasi memperlihatkan hal yang berlainan, namun sengaja ditetapkan sebagai sesuatu yang serupa.
6. Majas asosiasi melukiskan sesuatu hal yang hakikatnya berbeda, namun tetap dianggap sebagai sesuatu yang sama. Biasanya, majas asosiasi dapat mudah terlihat dalam teks ketika seseorang menemukan kata “bagai”, “bagaikan”, “seumpama”, “seperti”, “laksana”, dan lain-lain.
7. Sihir Puisi
Oleh: NanaJika puisi ialah sihir
Maka diksi laksana mantra-mantranya
Dari ramuan aksara indah makna-makna itu lahir
Menghipnotis kalbu para penikmatnyaKebumen, 29 Oktober 2022
KAMU SEDANG MEMBACA
Karya Keluarga SLR Part 53
Poetry1. Muhammad Choirul Annas 2. Irma Suci Utami 3. Poetree Malu 4. Yusnha Atika Raysha Putri 5. Cindy Andika Fiona 6. Nana 7. Anisa R 8. Ajeng Nilam Sari