Cabang Cinta (Puisi)

2 1 0
                                    

Tema: puisi
Pemateri: Kris Azalea
Tanggal: 28 Oktober 2022

Puisi adalah sajak kata yang harus di rangkai dengan rima, irama dan juga diksi yang tepat. Puisi bisa dibikin melalui qoutes dan dijadikan patokan untuk memulai menulis.

Puisi merupakan karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan terikat oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Namun kini, puisi terbagi menjadi 2 yakni puisi lama dan puisi kontemporer. Perbedaannya yang paling tampak jika puisi kontemporer tak terikat oleh rima dan bait. Bebas.

Puisi ini banyak jenisnya. Ada akrostik, seperti yang kita bahas kemarin. Ada patidusa. Ada haiku. Dll.

Nah, puisi sendiri sering banyak di gunakan dalam hal perlombaan, event dan juga nulis bareng.

Beberapa hal yang harus kalian ketahui.

Puisi lama yang sering kita lihat di sekolah dan di pelajari adalah; gurindam dan pantun

Sedangkan puisi baru memiliki makna yang bebas untuk memulai baik dari segi akhir tidak harus sama a-a-b-b  puisi baru memiliki beberapa jenis seperti:

💝 Akrostik
💝 Senandika
💝 Prosa

💝 Puisi Akrostik
Yaitu puisi baru yang memberikan awalan dari judul yang telah ditentukan.

Struktur Akstrostik berupa setiap judul jadikan Variabel vertikal.

Contoh:

KABANA

Ketika kamu merasa lelah
Angan menjadi nyata
Bagaikan tersisa dalam derita
Agar aku bisa bersamamu
Namun, setiap hati telah berlabuh dengan yang salah
Akankah semua berakhir

💝Definisi Senandika
Senandika yang berarti wacana seorang tokoh dalam karya susastra dengan dirinya sendiri di dalam drama yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan, firasat, dan konflik batin. Singkatnya, menggunakan kata "aku".

Penulisan senandika sendiri dalam bentuk paragraf dan memiliki pilihan kata yang indah. Senandika ini biasa disebut dengan curhat indah, tetapi tidak selalu padat dan padu karena merupakan ungkapan hati secara murni.

💝Definisi Prosa
Prosa dalam karya sastra bisa disebut sebagai fiksi, teks, dan wacana naratif. Berupa cerpen, cerbung, dan cerita mini. Penulisannya menggunakan kalimat tata bahasa yang membentuk paragraf, terkadang juga disertai dialog.

💝Definisi Prosais
Prosais adalah prosa puitika yang ditulis dalam bentuk paragraf, puitika berarti memiliki sifat-sifat puitis.

Mengisahkan cerita secara padat, padu, dan indah, tetapi tetal menggunakan pilihan kata, larik, rima, dan ritme.

Notulensi Materi WWPI Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang