Hampir 10 tahun lama nya Hachiko menunggu kedatangan Hidesaburō Ueno di depan stasiun shibuya.
Kesetiaanya ini membuat Hachiko mendapat julukan 'Chuken Hachiko', yang berarti Hachiko si Anjing Setia. Kisah kesetiannya pun tersebar ke seluruh Jepang.
Hachiko meninggal pada 8 Maret 1935, bulu nya diawetkan di National Museum of Nature and Sciene. Sedangkan sisa jenazahnya dikremasi dan abunya di kubur bersama sang tuan di Pemakaman Aoyama.
Penyebab kematian Hachiko belum ditemukan, dan pada tahun 2011, ditemukan adanya kemungkinan besar bahwa anjing Hachiko mati karena infeksi filaria dan kanker.
Untuk mengenang kisah Hachiko, pemerintah setempat memasukkan kisahnya ke dalam buku pendidikan moral bagi murid kelas dua di Jepang. Judul kisah tersebut adalah On o Wasureruna (1937) yang berarti, “balas budi jangan dilupakan”. Selain itu, beberapa film diproduksi untuk mengenang Hachiko, seperti Hachiko Monogatari (1987), Densetsu no Akitaken Hachi (2006), dan Hachiko: A Dog’s Story (2009).
Tidak hanya sampai disitu, beberapa patung memorial pun dibuat di sejumlah tempat. Antara lain kawasan Stasiun Shibuya dan Odate (kota kelahiran Hachiko). Tak ketinggalan patung Hachiko dan Profesor Ueno di area Universitas Tokyo dimana lokasinya berdekatan dengan Ueno Park.
Patung memorial Hachiko dan Profesor Ueno di area Universitas Tokyo.
Hachiko telah menjadi simbol yang begitu penting di Jepang, sehingga sumbangan dibuat untuk mendirikan patung perunggu Hachiko di tempat yang tepat, di mana dia dengan setia menunggu.
Namun, segera setelah patung ini diangkat, bangsa itu dilanda Perang Dunia II. Akibatnya, patung Hachiko dilebur untuk digunakan sebagai amunisi.
Pada 1948, hewan kesayangan itu diabadikan dalam sebuah patung baru yang didirikan di Stasiun Shibuya, yang hingga kini masih ada.
Patung Hachiko di Dekat Stasiun Shibuya.
Foto Hachiko (kiri) dan Profesor Ueno (kanan).
KAMU SEDANG MEMBACA
Hachikō Statue
Historical FictionSelain terkenal karena tempat penyebrangannya yang unik dan selalu padat, kawasan Shibuya juga terkenal dengan patung anjing, yang dikenal dengan sebutan patung "Hachiko". Patung anjing yang berdiri kokoh di dekat pintu keluar sisi timur Stasiun Shi...