Aku menggenggam kedua tanganku, " Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Amin "
" Archer ?? " suara seorang wanita memanggilku, aku mengangkat kepala dan menoleh.
" Kim !!! " aku berdiri dari kursi dan memeluk sahabatku yang sudah lama tidak bertemu.
" Archer.. tumben banget lu ibadah, pasti ada maunya hahaha " celetuk Kim
Aku terkekeh, " Hahaha gak gak gitu anjay, Kim ini hari terakhir gua di Denpasar, gua mau pindah ke Bandung "
Kami berdua duduk bersebelahan, " Hah? Ngapain pindah ke Bandung ?? "
Aku memasang tampang lesu, " Gua berantem sama nyokap Kim, lu tau kan nyokap gua nikah lagi sama bule? Mereka mau pindah ke Belanda "
Kim menunjukan wajah terkejut, " WHAT?! Bukannya itu kesempatan emas? Lu knp gak ikut mereka ke Belanda aja? Lu kan bisa mulai hidup baru disono "
" Lu gila?! Si bule punya anak 3 cuy, udh tua pula belum lagi anaknya cowok semua, trs klo gua ikut pindah ke Belanda gua disana dijadiin babu gmn? Ogah gua mah "
" Ya terus apa bedanya sama lu di Bandung? Blm lagi dosono kagak jelas idup lu, mau tinggal ama siapa lu? " tanya Kim.
Aku menghela nafas, " Maybe gua bisa tinggal sama bokap gua.. "
Kim berdiri dari kursi nya, " Lu beneran gak waras?! Lu bilang bokap lu muslim kan?!! "
Aku menatap wajah Kim, " Terus?? Dia juga kan tetep bokap gua "
" Cher! Lu udah berapa lama gak kontak an sama bokap lu? Emang bokap lu bakal nerima lu? Belum lagi keluarga baru nya, Cher gua ga masalah lu mau tinggal dimana aja selama lu aman, tapi coba lu pikir-pikir lagi hal yang kayak gini gabisa diputusin se cepet ini " Kim memengang pundakku.
Aku mengangkat kedua pundakku, " Yaa satu-satunya cara buat mastiin gua tinggal coba buat ke Bandung kan ?? Lagian gua masih kontak an sama kak Zahra, bahkan gua dapet alamat mereka "
" Dimana ?? " tanya Kim.
Aku membuka hp dan menunjukan lokasi Google Maps kepada Kim, " Ini, Pesantren Ar-Rahman "
Kim tertawa kencang melihatnya, " Hahahahaha, lu mau jadi mualaf Cher ?? whatever lah, wes sakarepmu Cher, gua gatau isi pikiran lu gimana sampe lu malah lebih mutusin buat tinggal bareng bokap lu yang bahkan udah belasan Tahun gak ngehubungin lu "
" Kim.. gua tau ini keputusan bodoh, tapi.. lu tau sendiri kan gimana nyokap gua ?? "
Kimmy mengusap rambutnya, " Wes lah.. kalau emang itu keputusan lu gua sebagai sahabat lu cuman bisa ngucap semangat aja, kalau lu butuh bantuan lu jangan ragu buat hubungin gua ya? "
Aku mengangguk paham.
" Jadi.. kapan rencananya lu ke Bandung ?? " tanya Kim.
" Sore ini, gua udah pesen tiket pesawatnya "
KAMU SEDANG MEMBACA
[ DISTANCE ]
RandomAntara adzan yang berkumandang, Dan lonceng yang berdentang. Antara kiblat yang menentukan arahku pulang, Dan salib yang membuatmu tenang.