perkenalan

7 1 2
                                    

"Baik, karna semua sudah berkumpul disini, saya coba perkenalkan masing-masing dari kalian dengan bagiannya" ujar seorang pria tua berwajah tampan dan tegas.

"Disini saya kenalkan dari pihak mahasiswa ada 4 orang, 2 dari jurusan teknologi grafika, 2 dari jurusan design komunikasi visual. Dari yang paling ganteng itu ada reymond jurusan teknologi grafika angkatan 2009, lalu sebelahnya ada frisna jurusan DKV angkatan 2009, lalu ada dini yang 1 jurusan dan 1 angkatan dengan frisna, dan yang terakhir sarah 1 jurusan dengan reymond tapi dia angkatan 2010. Lalu dari pihak alumni yang akan membimbing kalian ada 4 orang dan semuanya lulusan jurusan DKV. Ada ikrar, riadi, rian, sama hamdi. Nanti supaya kalian lebih akrab silahkan perkenalan sendiri ya. Ikrar, riadi, rian, hamdi, bapak titipkan adik adik kelas kalian untuk kalian bimbing supaya bisa berwirausaha seperti kalian. Kalian yang atur bagaimana perkerjaan yang harus dikerjakan mereka. Bapak tinggalkan ya." Lanjut pria paruh baya itu.

Setelah pria paruh baya itu pergi meninggalkan ruangan tersebut, seorang pria berbadan gemuk dengan rambut agak gondrong dengan kaos warna hitam dan celana jeans model pensil membuka pembicaraan.

"Yak teman-teman semua, seperti yang pak bayu bicarakan tadi, kami akan ajarin cara berwirausaha dibidang design. Nah sebelum nya kita perkenalan dulu kayaknya lebih bagus deh. Gw ikrar, bisa kalian panggil ike aja. Nah le, lanjutin dah" ujar ikrar meminta salah seorang temannya untuk memperkenalkan diri.

"Gw rian, panggil aja tole, atau iyan gak papa" ujar pria berbadan kurus dan tinggi dengan pakaian khas anak design.

"Gw riadi, atau panggil aja uban." Ujar pria berbadan sedang tidak terlalu gemuk, tidak terlalu kurus tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek.

"Gw hamdi, panggil hamdi aja lah. Hahaha, lanjutin fris" ujar pria berbadan pendek namun tidak terlalu gemuk.

"Saya bang? Hehe. Saya frisna, ya pangil frisna aja lah ya. Hehehe, owh iya, saya jurusan DKV bang" ujar perempuan berkuncir 1, dengan logat khas bataknya.

"Saya dini bang, satu jurusan sama frisna." Ujar perempuan berponi itu malu-malu.

"Saya reymond bang, jurusan teknologi grafika." Ujar pria berbadan pendek dan gemuk, logat khas bataknya sangat kental ditelinga.

"Saya sarah jurusan teknologi grafika bang" ujar perempuan berambut pendek.

"Oke semua udah kenal, gw mau denger pendapat masing-masing kalian terntang design. Boleh pake perumpamaan buah, makanan, atau apapun yang menurut kalian menggambarkan design" ujar ikrar.

"Hmm, apa ya bang, bingung kalo gitu, tapi kalo buat frisna, design itu seru bang." Ujar frisna.

"Kalo buat yang lain? Gimana?" Tanya rian.

"Kalo aku sih lagi nyoba aja belajar design, kayaknya seru bang" jawab reymond

"Dini bingung kalo ditanya gitu bang" ujar dini.

"Kalo sarah gimana?" Tanya hamdi.

"Kalo sarah bilang, design itu kaya buah naga bang, hehehe" ujar sarah sambil tersenyum.

"Kenapa gitu?" Tanya ikrar heran.

"Soalnya keliatannya menggiurkan, cakep, tapi begitu dicobain, kalo yang gak suka pasti gak doyan." Ujar dira menatap ikrar.

"Trus kamu suka gak buah naga?" Tanya ikrar kembali.

"Nggak. Design juga sarah kurang suka bang." Ujar sarah.

"Oke kalo gitu, jadi kit tau kalian harus di posisikan dibagian apa, dikerjaan apa. Dan dibimbing siapa. Gitu. Nah untuk soal penggajian disini nanti kalian tanya sama pak bayu ya. Sekarang sudah jam makan siang, kalian makan siang, nanti kita mulai garap kerjaan setelah makan siang oke." Ujar ikrar.

Mereka pun membubarkan diri untuk istirahat.

------------------

Setelah jam makan siang mereka kembali berkumpul diruangan guna menentukan jobdesk dan tempat setiap mahasiswa dan mahasiswi.

"Sarah, kamu duduk disini, reymon kamu disini, frisna samping reymon, dini samping andira ya. Nah, sekarang untuk pembagian job, saat ini andira kerjanya nyari data untuk setiap projek yang ada, kaya biaya cetak, butuh bahan berapa, nyetak dimana, nah kalo reymond nanti buat design pelan2 sama frisna dan dini. Ada yang keberatan dengan jobdesk ini?" Tanya ikrar.

"Bang masa sarah gitu doang kerjaannya, kesannya kaya sepele gak adil dong sama yang lain." Ujar sarah protes.

"Kalo gitu nanti kalo ada job design sederhana gw kasih ke lo tanggung jawabnya siap?" Tanya ikrar kembali.

"Siap boss..." ujar sarah semangat.

"Nah, projek pertama kita itu dapat dari yayasan kampus kita, buat majalah triwulan, sama robah web baru yayasan. Tapi kita juga ada job dari pak bayu untuk buat compro Work Bridge Center untuk menjalin kerjasama dengan beberapa kampus dan perusahaan. Untuk projek majalah yayasan dipimpin uban sama tole, kalo web yayasan dan compro dipimpin sama gw dan ike, sampai sini paham?" Tanya hamdi.

"Nah kita ngapain aja ini bang?" Tanya reymond.

"Sarah belajar coding untuk design web, dan buat skrip untuk compro dibimbing sama hamdi, reymond belajar buat design sampul majalah yayasan bareng sama dini dipimpin ike, dini sama frisna layout isi majalah yayasan dipimpin gw, dan frisna buat compro dipimpin uban, ada yang keberatan?" Tanya rian.

"Kalo gak ada, ini masih ada 3 jam lagi sebelum jam kerja berakhir, silahkan mulai kerjakan job masing-masing." Sambung rian.

------------------------

SATU MINGGU KEMUDIAN.

"Semua kumpul dulu sebentar yok. Ada yang mau di diskusikan." Ujar ikrar.

Semua berkumpul datang kemeja yang paling besar.

"Gini, gw mau denger progres pekerjaan masing-masing. Dari setiap pimpinan." Ujar ikrar.

"Dari gw, layout majalah sudah 90% rampung tinggal sampul majalahnya aja yang belum" ujar rian.

"Untuk sampul majalan sudah beres, nanti ingetin gw kasih design sampulnya. Sarah, hamdi kan mulai hari ini sudah keluar dari sini, gimana progres kerjaan kalian?" Ujar ikrar.

"Untuk coding, sudah 70% secara design sudah oke bang, cuma ada beberapa code yang sarah gak bisa sarah kerjain, untuk data kompro sudah acc pak bayu bang, sudah kasih ke frisna juga." Ujar sarah

"Untuk compro sudah selesai" ujar riadi

"Oke kalo gitu, sarah, mulai hari ini gw ambil alih kerjaan hamdi. Lo gw pimpin. Nah sekarang ada 2 kerjaan baru lagi, kali ini gw kasih ke frisna sama dini, dan reymond. Ini projek uban sama tole mereka yang jelasin" ujar ikrar

"Gini, gw ada kerjaan dari KTV minta buat design logo girlband baru namanya manequin, gw pilih frisna sama dini ajuin design untuk logo itu 2 hari lagi, nanti gw kirim datanya." Ujar rian

"Kalo dari gw, ada kerjaan buat design compro, reymond sama frisna kerja sama." Ujar riadi.

"Sarah masih kerjain kerjaan kemaren aja dulu ya bang?" Tanya sarah

"Iya, itu aja pasti nanti lo repot kalo ditambahin lagi. Udah sekarang silahkan lanjutkan pekerjaan masing-masing." Ujar ikrar.

Mereka pun melanjutkan pekerjaan mereka masing-masing.

IKRAR untuk SARAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang