Prolog

1.6K 155 10
                                    

"Mamaaaatttt!!!"

Mamat yang lagi rebahan santai di bale teras rumah sambil ngupil dalam-dalam itu lagi diteriakin sama emaknya; Yuyun.

BRUAK!!!

"ALLAHUAKBAR!! APASIH MAK?!"

Mamat loncat dari bale saking kagetnya abis digebrak emaknya pake penebah. Mamat ngelus ngelus dadanya karena takut jantungnya copot.

Emak Yuyun mendelik kearah Mamat sambil kacak pinggang.

"Punya anak bujang bukannya cari bini malah males malesan begini! Mending noh lu nikahin janda anak banyak ketimbang luntang-lantung kayak begini" cerocos emak yuyun.

Mamat ngusap kupingnya yang berdenging itu "buset dah mak, bini mulu yang dibahas"

Yuyun nyabet Mamat pake penebah yang dia bawa "lah lu udah tiga puluh kagak nikah nikah, duit lu noh buat apaan? Mau lu bikin tempe apa gimana sampe dibiarin berjamur gitu?!"

"Adaw Mak! Sakit! Aduh!" Mamat teriak-teriak kayak monyet ragunan.

"Bodo amat! Emak sebel sama lu mat!"

"Mak doanya jangan yang jelek-jelek napa! Masa Mamat disuruh nikah sama janda anak banyak!" Protes Mamat.

Yuyun ndengus "biarin! Biar tau rasa lu! Emak doain lu berjodoh sama janda anak lapan!"

Mamat mendelik "buset dah mak, kalo kejadian beneran gimana?!"

"Ya itu sih derita lu, emak gak peduli wleeeeee!"

***

"Mak! Mel berangkat dulu ya!"

Melinda benerin resleting jaketnya karena udara pagi ini dingin banget. Masih pagi buta emang. Tapi dia harus berangkat kerja.

Sosok yang dipanggil emak sama Melinda ini lagi nyapu halaman rumah mereka.

"Iya hati-hati. Nanti pulangnya beliin pesenannya si Vira!"

Melinda ngangguk "iya Mak! Assalamualaikum!"

"Waalaikumsalam!"

Setelah beres nyapu pekarangan emaknya Melinda; emak Sani, langsung beres-beres di warungnya yang ada di depan rumah.

Ya cuma warung kopi dan rujak ulek. Tapi Alhamdulillah rame dan gak pernah sepi pengunjung.

Setelah beberesnya kelar Sani ambil keranjang belanjanya terus teriak ke rumah "Hana! Emak berangkat ke pasar dulu ya! Mamakmu udah berangkat!"

Hana; cucu pertamanya Sani itu keluar dari pintu belakang sambil bawa keranjang cucian yang mau dia jemur, aduh rajinnya.

"Iya Mak, nanti Hana yang bantuin adek buat siap ke sekolah" kata Hana dengan senyum lebar.

Aduh hati emak Sani jadi anget kan ngeliat cucunya yang paling adem ini.

"Yaudah emak pergi ya, nanti adeknya bangunin buat sekolah"

Hana ngangguk terus lanjutin kerjaannya. Walaupun matahari belum terik tapi Hana udah jemurin baju yang abis dicuci Melinda semalem dan Hana tinggal jemur.

Sebagai anak pertama emang sulit sih menanggung beban sebanyak ini.

Tapi tunggu, bukannya semua juga anak pertama?

(⁠≧⁠(⁠エ⁠)⁠≦⁠ ⁠)

Another trash from me wkwkwkw
Jujur, kepikiran trope ini dari beberapa hari yang lalu. Dan ya beginilah hasilnya.
Semoga suka ya(⁠ ⁠˘⁠ ⁠³⁠˘⁠)⁠♥

Sabtu, 06/05/2023
09:28 p.m

what's wrong with a daughter?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang