3.

435 103 5
                                    

"Ma, jangan lupa buat rapat di sekolahnya Debby ya!"

"Iyaaaa, nanti mama pergi ke sekolahmu"

Dan disinilah Melinda berada. Melinda dapet undangan buat rapat di sekolahnya Debby. Rapat orang tua buat bahas program pemerintah yang baru buat sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah mereka sekalian ada pengumuman penerimaan bantuan gitu dari pemerintah. Selain itu sih ya karena angkatan Debby tuh udah mau lulus jadi ya banyak persiapannya gitu.

Kalo emak Sani yang dateng sih dia cuma iya-iya aja karena keasikan ngobrol sama ibu-ibu yang lain. Dan pas pulang udah lupa semua apa yang disampaikan gurunya. Jadi Debby lebih pilih buat ngasih tau mamanya aja.

"Kamu kelas apa deb? 6a kan?"

Ini Melinda dateng ke sekolahnya Debby disusul sama Debby di depan.

"Ihh 6b maaa, masa lupa sih?" Kata Debby.

Melinda nyengir "ya maap nak, mamamu ini punya banyak anak dan otak cuma satu. Jadi ya maklumi aja"

Debby ndengus terus nganterin mamanya ke kelasnya yang udah rame sama para wali murid.

"Deb, itu tadi mamakmu? Cantik kali ya?" Puji temennya Debby.

Emang sih, rata-rata emak-emak yang dateng tuh udah gak modis, udah tua sama mukanya yang judes julid begitu. Ya emang sih melinda ini termasuk mama muda yang paling cantik disana.

"Iyalah, mamaku kan emang cantik"

Melinda geleng-geleng kepala terus ngomong ke Debby "mama masuk ya, kamu sekarang mau kemana?"

"Mau ke temen-temenku ma, Dadah!"

Melinda masuk ke ruang kelasnya Debby. Kemudia melinda duduk disebelah ibunya jelita; temennya Debby. Nama ibunya tuh Narita. Panggilannya Nana.

"Baru dateng mbak?" Sapa Nana.

"Iya na, wali kelasnya udah dateng belum sih?" Tanya melinda.

"Belum mbak, ini masih nungguin gurunya"

Yaudah deh, selagi nungguin wali kelasnya dateng mereka ngobrol panjang lebar.

"Eh mbak itu udah dateng gurunya"

Mata Melinda mendelik pas ngeliat kalo guru wali kelasnya Debby tuh ternyata bapak kandungnya si Debby sendiri. Gak tau Debby ngenalin apa enggak karena Melinda juga males banget mau ngasih tau Debby.

Bisik-bisik mulai terdengar dari para ibu-ibu wali murid kecuali Melinda ya tentunya. Ya gimana ya, ibu-ibu disana tuh liat ada yang cakep dikit mah sayang kalo dilewatin gitu aja. Mubazir katanya.

Guru wali kelasnya Debby; pak Doni senyum ramah ke wali muridnya "selamat siang para wali murid yang sudah berkenan hadir disini. Terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk mendapatkan informasi terkini tentang anak-anak kita sekalian"

"Ganteng ya mbak pak gurunya hihi" bisik Nana sambil ketawa kecil.

Melinda ngedecih "cih terserahmu lah na, malas menanggapi aku"

Selama rapat berlangsung pak doni sering curi-curi pandang kearah melinda. Melinda sih cuek sambil perhatiin informasi buat anaknya itu. Lagian males banget nanggepin si babi satu itu.

"Baik bapak-bapak ibu-ibu, ada yang ingin ditanyakan?"

"Tidaaakk"

Pak doni senyum "kalau begitu semua sudah jelas ya? Sekian dari saya. Bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh"

"Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh"

Satu per satu wali murid keluar dari ruang kelas 6b itu. Melinda sengaja terakhir terakhir aja karena males berjubel sama banyak orang.

"Melinda? Bisa bicara sebentar?" pak doni buka suara pas Melinda lewat di depannya.

Melinda dengan malas menanggapi pak doni "ada apa ya pak?"

"Saya mau minta maaf sama kamu"

Melinda nyurengin alisnya "bapak gak ada salah apapun sama saya. Ngapain minta maaf?"

"Maaf sudah menelantarkan kamu dan anak kita" kata pak doni pelan.

Melinda cuma ngebuletin bibirnya doang "oh ya itu juga udah berlalu pak. Saya masih  bisa nafkahin semua anak saya tanpa campur tangan dari bapaknya"

Pak doni hembusin nafasnya panjang "tapi saya merasa bersalah"

"Ya wajar soalnya bapak salah. Emang salah saya begitu? Bapak kan guru ya, lebih berpendidikan dari pada saya. Harusnya bapak tau dong yang menentukan gender anak itu dari pihak laki-laki. Harusnya bapak ngasih penjelasan itu ke ibunya bapak. Tapi apa yang bapak lakukan? Gak ada pembelaan apapun buat saya kan? Jadi setelah ini gak usah lah ngajak saya bicara lagi. Gak ada yang perlu dibicarakan lagi" kata Melinda panjang lebar dengan kesel. Untung aja gak nangis Melinda.

Pak doni genggam tangan Melinda "saya tau saya sangat bersalah untuk itu. Dan sepertinya saya kena karmanya"

Melinda nungguin kalimat yang akan pak doni lontarkan.

"Istri saya mandul. Dia gak bisa kasih saya keturunan. Dan ibu saya minta kamu kembali untuk saya"

Melinda ketawa sarkas "enteng banget ya pak kalau ngomong. Dulu aja saya diusir karena punya anak perempuan eh sekarang malah mau minta saya balik lagi. Maaf, saya bukan perempuan bodoh. Saya gak sudi balik lagi dan jangan harap bapak bisa ambil debby karena debby anak saya"

Abis itu Melinda hempasin tangannya dan pergi dari hadapan pak doni yang merasa super bersalah itu.

Debby yang nungguin mamanya di depan kelas itu bingung pas mamanya langsung tarik dia buat pergi tanpa ngejelasin apapun ke dia.

"Ma?" tanya debby khawatir.

"Kenapa sayang?"

"Mama gak papa? Pak doni bikin mama sedih ya?" kata debby.

"Semua bapak kalian selalu bikin mama sedih nak. Gak ada satupun bapak kalian yang bener. Semuanya sama aja" jawab Melinda agak bergetar.

"Jadi..."

"Pak doni itu bapak kandung kamu. Tapi mama diusir dan disuruh cerai sama ibunya  bapakmu karena punya anak perempuan"

Debby rasanya mau nangis. Jadi ini rasanya gak diinginkan sama ayahnya. Pantes kakak adeknya senasib sepenanggungan. Ternyata sama-sama gak diinginkan.

"Udah ayo pulang. Mama mau makan rujak yang super pedes biar gak inget-inget lagi bapakmu itu"



(≧(エ)≦ )

sabtu, 20/01/2024
08:33 p.m

what's wrong with a daughter?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang