_____________PEMBELAJARAN_____________
"Mengambil pelajaran dari apapun yang menghampirimu atau setiap yang kau temui di setiap perjalananmu. Apapun itu entah baik ataupun buruk, semuanya dapat memberikanmu pembelajaran jika kau dapat memahami apa yang terjadi serta menerima setiap hal yang datang. Seperti anak burung yang berjarak jauh dari tanah, diatas pohon yang tinggi. Jika dirinya tidak memahami situasinya maka dia pada akhirnya akan jatuh. Sebab itulah memahami hal yang baik ataupun buruk merupakan salah satu pembelajaran yang vital."
__________________EMOSI___________________
"Berlatih menahan emosi, kadang bisa benar benar membuatmu emosi. Bagaimana tidak, saat kau ataupun aku berusaha menahan emosi, disitulah kita mendapatkan cobaan yang membuat emosi kita menjadi kacau. Ada saja hal menjengkelkan ataupun tak terduga yang terjadi entah hal kecil yang terus terulang ataupun hal besar yang tiba-tiba datang tanpa pertanda apapun. Menghampiri kita tanpa kita sadari juga pikirkan akan terjadi begitu saja. Mungkin suatu saat emosi yang ditahan akan meledak, tapi kuharap emosi itu bisa kita kendalikan sesaat setelah semuanya terjadi."
___________________EGO____________________
"Tidak bisa untuk menyebut diriku ataupun dirimu telah dewasa sepenuhnya, karna kita masih terjebak di antara ego masing-masing akan hal yang belum bisa kita dapatkan ataupun gapai. Keinginan mendapatkan hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan juga tidak berguna atas hidup kita kedepannya. Ego yang membuat kita mementingkan tujuan sendiri tanpa memperdulikan hal lain di sekeliling kita. Semua dilakukan untuk kepuasan sendiri."
________________BERTAHAN________________
"Semua hal yang terjadi selama ini telah terlewat begitu saja, akan tetapi masih ada kejadian-kejadian kedepannya yang juga akan ku lalui tanpa tahu gambarannya. Yang bisa kusiapkan hanya mental juga emosi yang siap sedia dalam situasi apapun yang segera akan terjadi. Bagai pohon yang menunggu hujan, entah badai yang akan menghantamnya ataupun gerimis yang bisa membuatnya terasa nyaman. Aku tidak akan tahu, yang bisa ku harapkan hanya sekedar akarku yang selalu kuat bertahan serta masih bisa tersenyum seperti biasanya."
______________DIRI SENDIRI________________
"jika kau bertanya, maka harus ada yang menjawab. Jika kau berada dalam kegelapan, pasti ada yang dikelilingi cahaya. Jika kau berbuat jahat, pasti juga ada yang memberikan kebaikan. Kau tidak akan tahu apa yang berada di sekelilingmu maupun yang menghampirimu. Bisa saja kau duduk bersama seorang psikopat ataupun seseorang yang ditakdirkan menjadi jodohmu. Yang bisa kau lakukan hanya menunggu juga bersiap untuk menyambutnya. Tak ada hal ajaib maupun sihir yang akan membantumu. Semua tergantung atas dirimu sendiri."
_______________KEBENARAN_______________
"Apakah kau pernah merasa bahwa kau benar dan orang lain itu salah?. Sudah pasti pernah bukan?. Dan aku pun juga pernah merasa seperti itu, jika pendapatmu adalah benar itu sudah pasti benar menurutmu. Begitupula dengan pendapat orang lain, dan jika kedua belah pihak memiliki kebenarannya masing-masing, maka di antara keduanya tidak ada yang salah. Kau tak bisa menyalahkan orang lain jika kebenaran baginya kau anggap hal yang salah. Jika tidak ada yang dirugikan, maka biarkanlah."
__________________KARMA__________________
"Banyak mata yang melihatmu, banyak telinga yang mendengarmu, juga banyak hati yang menilaimu. Semua yang kau lakukan terhadap orang lain, juga dilakukan oleh orang lainnya. Jadi, jangan pernah kau melakukan hal yang kurang baik terhadap orang lain. Jika kau juga takut mengalami hal yang sama, karna sistem KARMA selalu berlaku dari zaman Adam hingga sekarang juga hari yang akan datang. Jadi dariku, ingat ini baik-baik dan jangan sampai kau menyesalinya."
_______________BERTINDAK_______________
"Jaga dirimu tetap aman, jaga dirimu tetap terkontrol, serta jaga dirimu akan emosimu. Janganlah kau bertindak berlebihan agar harga diri yang ada padamu tidak jatuh. Kau harus membiarkan semuanya mengalir seperti seharusnya, amati dulu sekitarmu dan jika saatnya sudah selaras dengan tujuanmu maka kau bisa bertindak dengan semua yang telah kau siapkan serta kumpulkan. Semua akan terjadi cepat atau lambat, kesempatan akan datang kepadamu ataupun sebaliknya. Semua ditentukan oleh seberapa siap kau menghadapinya, jadi dariku amati dan bersiaplah lebih dulu."
____________________________________________
KAMU SEDANG MEMBACA
"BARIS KATA"
PuisiKumpulan hal-hal yang keluar dari kepalaku, mereka kutangkap dan kutaruh kedalam catatan kecilku...