Rekan kerja itu enggak selamanya jadi rekanan, lebih seringnya jadi tekanan, aduan, dan ancaman. Nah, itulah yang terjadi di tempat kerja gue.
Jadi, OB (Office Boy) di kantor gue tuh cerita kurang lebih begini:
"Kesel, Bang ama Pak G tuh."
Gue pasang tampang penuh empati walau gue lagi sibuk-sibuknya. "Ngape?"
"Masa tadi pagi gue ngepel dianya mondar-mandir depan gue, kayak sengaja banget mana pakai acara telponan pula."
"Serius?" Kali ini gue bener-bener antusias.
"Iya, tiga kali loh lewatnya, mana nginjek lantai yang depan gue mulu, berulang kali kan jadinya gue ngepel."
"Terus?"
"Ya, gue tegor. Untung langsung berenti kalau ngulangin sekali lagi gue tantang duel dah di luar kantor."
Walhasil, gue pun terlanjur ngakak. Jadi, pak G yang dimaksud OB ini tuh emang rada-rada. Rada pengen minta gorok, rada pengen minta tabok, rada pengen ngulek, dan rada bikin gondok semua orang.
Dia ini kan sales senior yak di sono. Saking seniornya tuh udah experide. Tapi, experide-nya tuh pakai lem besi. Jadi, dibuang enggak bisa-bisa, cuman ngeracuni orang sekitarnya aja. Lebih toxic dari sianida tau enggak. Semematikannya sianida neh masih ada manfaatnya, setidaknya kalau taro di sungai tuh masih bisa dimanfaatkan ikan-ikan yang teler gara-gara sianida ini. Lah kalau pak G? Bikin mental orang-orang mati perlahan.
Tiap hari kelakuannya pak G ini bukan cuman nyebelin kayak kejadian yang dialami si OB. Kami tim admin neh tiap hari dipusingkan ama pak G. Jual satu unit motor aja butuh durasi setengah hari loh. Bukan karena konsumennya bawel apa gimana, tapi ya karena pak G sendiri enggak menguasai semuanya, dari harga, aplikasi, alur pengadministrasian, stok barang, dll. Jadi, yang dikuasainya ya cuma bualan belaka.
Pernah nih saat konsumen melakukan pembayaran unit ama gue. Konsumen ini ibu-ibu diatas lima puluh tahunan. Sekonyong-konyong koder, pak G ini ngajakin si ibu ngobrol dong.
"Nanti dealer kami ini akan mengadakan lomba balap karung." Pak G memulai start bualannya.
"Hadiahnya apa?" tanya si ibu.
"Satu unit honda Beat."
Si ibu antusias dong. "Kapan tuh?"
"Nanti ada dikabari, tapi peserta balap karungnya harus berusia di atas lima puluhan, Bu." Pak G makin ngaco.
"Mending enggak ikutan dah gue, daripada mati dalem karung." Si ibu ada benernya juga.
Waktu itu gue pengen banget bilang ke si ibu, 'Mending karungin Pak G aja dah, Bu. Nanti saya bantu iketin karungnya.'
Belum lagi si kampret godain cewek bahenol nan jelita tapi gagal. Masa dia bilang ke gue kalau tuh cewek simpenan om-om. Apa faedah informasi itu buat gue coba?
Mau dia simpenan om-om kek.
Mau dia simpenan tante-tante kek.
Mau dia simpenan ibu-ibu, bapak-bapak, nenek-nenek, kakek-kakek, bahkan mau dia simpenan adek-adek ingusan pun ... enggak ada urusan ama gue, tolong!
Anda merasa gagal modusin tuh cewek cakep bahenol terus takut saya ikutan ngegoda dan berhasil, Pak? Sehingga anda perlu untuk menginformasikan hal yang tidak bisa saya yakini, Pak!!!
Ya Allah!!! Otak gue enggak sekotor itu ya, Pak!
Belum lagi fitnah pak G nan terlaknat yang kudu gue hadapi dengan senyuman palsu. Bayangkan gue dikatain 'kekurangan' di depan konsumen.
Helo ...!!! Gue kasir loh ini.
Untuk duduk di jabatan kasir kudu pinter keuangan dan punya logika matematika di atas rata-rata. Apalagi zaman digitalisasi kayak gini, jadi kasir ya kudu pinter IT. Lah gue kekurangan apa? Masihkah IQ gue dipertanyakan dengan jabatan saat ini?
Kekurangan uang? Lah gue tiap hari ngelola uang milyaran loh, emang bukan punya gue, tapi itukan berarti gue enggak kekurangan uang dong.
Jadi, kekurangan yang dia maksud apaan?
Seandainya gue enggak di tempat yang menjunjung tinggi etika, udah gue tonjok mukanya pak G saat itu juga. Gue terpaksa masang tampang flat, pura-pura tuli.
Tapi, kesabaran dan do'a-do'a buruk gue tentang pak G mulai diijabah ama Allah. Sekarang pak G sedang kesulitan dari segala hal. Zaman makin modern, apa-apa serba digital, dan pak G emang gaptek dari orok. Temen-temen terutama para cewek pada menghindar, karena minta bantuan mulu, bos mulai mendeskriminasi dengan cara menerima dua salesman baru dan tekanan lainnya dari bos sebagai kode untuk pak G nulis surat resign.
Gue mau aja sih bantuin pak G, BANTU NGETIK DAN PRINT OUT SURAT RESIGN.
Evans, 24/6/23
KAMU SEDANG MEMBACA
TELAGA KUTANG
HumorMasa dari puluhan SMS, isi SMS pacarnya Mawar nyaris serupa intinya minta maaf doang. Enggak ada habisnya tuh permintaan maaf. Ada satu SMS yang paling bikin gue geli saat itu, walau gue memahami sih kesalahan ketiknya karena udah jam tiga malem dia...