1

12 1 0
                                    


Menurut kalian apa definisi keluarga bahagia?

Jujur disclaimer dulu ya ortuku komplit dan jujur ga ada masalah yang berarti ortuku sayang banget dan super perhatian waktu kecil pun aku ngerasa kayak yah hidupku baik-baik aja such a beautiful world..

Tapi ternyata betul kata orang tidak ada yang pasti dalam hidup.. satu dan lain hal akhirnya aku belajar satu hal sebetulnya keluarga menurutku secara tersirat seperti sebuah tatanan struktur tubuh..

Okay kita kesampingkan dulu kesetaraan gender dan sejenisnya kita anggap sesuai dengan tugasnya yang selama ini diajarkan

Ayah : kepala keluarga (kita anggap kepala meskipun dia keras tapi saraf yang ada didalamnya sangat lembut) dia mungkin kadang keras tapi mungkin sebetulnya dalam hatinya sangat lembut dan yang ingin yang terbaik untuk kita

Ibu : menurutku ibu jika ku gambarkan itu seperti leher dan tubuh seperti kata orang istri harus selalu mendukung suami dan multitasking

Kakak, Adik, Anak : menurutku mereka seperti tangan dan kaki mereka lebih bebas tidak seperti kepala dan leher yang gerakannya hanya terbatas

Lalu hubungannya apa sih?

Yah menurutku keluarga seperti susunan tubuh yang saling terhubung suka tidak suka mau tidak mau ketika salah satu merasakan sakit pasti yang lainpun akan merasakannya. Wah saat awal aku denger kata2 ini jujur aku ga terima banget sih asli..

Ah gua juga denger nih beberapa orang bilang sama orang tua bahwa jangan paksa kita, kita ga pernah minta dilahirkan jadi tugas orang tua untuk menyediakan semua untuk kita.. jangan paksa kita untuk membalas budi..

Kadang menurutku ga semua orang cukup dewasa untuk mengerti kata2 itu.. Memang betul kadang tangan dan kaki perlu diberikan kebebasan karna ya itu tugas anak untuk mengeksplore hal-hal baru tapi bukankah tangan dan kaki untuk bergerak tetap harus diperintahkan otak? Bukankah otak yang mengatur gerakan tangan dan kaki?

Okay terus gimana kalo ternyata otaknya yang sakit?? Ayah suka selingkuh kdrt or sejenisnya yang sering banget kita denger?

Menurutku sih otak juga punya batas ga sih? Maka itu diciptakan malam untuk kita mengistirahatkan otak sebetulnya kalau misalkan kita tau wah kepalaku sedang sakit nih dan aku sedang tidak baik2 saja bukankah bisa sebagai anggota tubuh lain seperti contohnya tangan dan kaki jalanlah ambil obat minum..

Ini yang kadang buat orang2 introvert kayak aku jujur takut untuk menikah yah karna menikah ga segampang itu cuy menikah artinya ya tambah tanggung jawab mau itu dari sisi sebagai ayah, ibu, atau anak

Pasti bakalan banyak yg bilang ah lu ga tau dari kecil kita udah di doktrin lingkungan bahwa ya orang harusnya menikah umur segini kalau umur segitu lu belum nikah artinya lu gagal hidup... hello andil apa lingkungan di hidup kita selain cuman judge dan pamer?

Okay terus intinya apa sih?

Aku pingin tau ayok kita diskusi dong menurut kalian definisi keluarga bahagia apa sih?

Kalau dari sisiku sih ya keluarga bahagia ya keluarga yang bisa jalankan perannya masing-masing dengan SEIMBANG dan sesuai dengan PORSI nya

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 22, 2023 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Space: The Secret PlaceTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang