Ada teman cewek baru putus sama pacarnya, dia cerita, pacarnya selingkuh, padahal dia udah kasih semua yang dia punya, udah ngorbanin banyak hal, terima apa adanya meski sicowoknya ini miskin. Teman-temen yang denger ngerasa kasihan, mereka coba ngehibur, tapi ada satu ucapan yang menurutku salah.
"Tenang aja, karma ngga pernah salah alamat, dia kan punya adek cewek, kalo ngga ke adeknya paling ntar ke anaknya" ucap salah satu dari mereka, dan lucunya hampir semua mengiyakan setuju.
"Aihh, apa hubungannya kesalahan abangnya sama adek ceweknya?" tanyaku
"Ya itu cara kerjanya karma" jawab mereka.
Aku ketawa, "ngga gitulah. setiap manusia akan mendapatkan balasan atas apa yang dia perbuat, bukan atas apa yang orang lain perbuat. Intinya apa yang kamu tanam itu yang kamu tuai,"
"Lagian lucu bangat sih, udah tau pacaran itu haram, tau dilarang tapi ngeyel tetep ngejalani dan ngga ngerasa bersalah atas segala aktifitas maksiatnya. udah tau itu cowo belum jadi suami, mau-mau aja dipeluk, dicium, udah tau itu cowok nakal, mokondo, malah sok-sokan terima apa adanya. dan malah berharap hubungan haram itu bakal happy ending?"
"Kamu yang zina, giliran tersakiti kamu berharap orang lain yang dapat karmanya, padahal rasa sakit yang kamu terima itu ya balasan atas maksiat yang kamu lakukan. Plis akalnya dipake."
Mereka diam, ada yang setuju, ada yang ngga setuju, "minimal kalo ngga bisa bersimpati, jangan sok alim," ujar yang ngga setuju.
Huff, ketawain aja deh, capek kasih tau kebenaran sama manusia yang udah menormalisasikan zina.
KAMU SEDANG MEMBACA
Humans Lucu
Short StoryCerita singkat tentang pemikiran manusia-manusia lucu. _Ssy