*uhuk - uhuk (batuk)
Pria gendut itu terbatuk-batuk dan berkata, "Kawan-kawan, aku telah membawa kalian ke dalam kekacauan ini dan sekarang sepertinya kita sudah tamat. Aku tidak pernah takut pada apa pun, tetapi aku tidak pernah menyangka akan mati seperti ini."
Dia mengenakan jaket hitam berkerudung seperti seorang ninja jadi sulit untuk mengetahui seperti apa rupanya, tapi saat aku mengintip ke dalam kegelapan, aku melihat dia adalah pria yang sangat gemuk. Saya tidak pernah menyangka pria gendut ini bisa menjadi perampok makam.
Panzi mengumpat, "Hei, gendut. Dari mana asalmu? Sialan, biarkan aku menghajarmu sebelum aku mati!"
Aku menyaksikan korek-korek api itu mati dengan cepat. Dengan hampir menangis, aku memohon, "Kalian sebaiknya segera mencari jalan keluar. Tidak jadi masalah siapa yang mengalahkan siapa, seranggalah yang akan menang."
Panzi melihat sekeliling dan memberikan pistolnya kepada si Gendut. Lalu dia menyerahkan korek api itu padaku dan berkata, "Jika kita membakar pakaian kita, kita bisa mengulur waktu lebih lama, tapi api yang dihasilkan korek api ini akan terlalu kecil, nggak akan terlalu ngaruh. Kita mungkin sudah mati bahkan sebelum kita menyalakannya. Pada hitungan ketiga, aku akan melindungi kalian dan mengalihkan perhatian serangga-serangga itu sementara kalian lari menyelamatkan diri ke balik tembok. Salah satu dari kalian memanjat ke atas kepala yang lain dan kemudian menarik orang yanh membantumu ke atas, seharusnya ada cukup waktu. Aku akan bergerak cepat, dan saat kalian sudah aman di atas sana, aku akan berlari dan kalian bisa menarikku. Jangan buang waktu lagi di sini!"
Sebelum aku sempat menolak, Panzi melompat ke tengah kerumunan pemakan mayat. Semua serangga bergegas ke arahnya seperti tsunami, dan jalan yang jelas muncul di hadapan kami. Aku berteriak dan mencoba menyelamatkan Panzi, tapi si Gendut menarik saya kembali dan berkata, "Naik!"
Dia menyeretku saat dia berlari dan dengan dukungan tubuh gemuknya, aku naik ke tempat yang aman. Lalu aku mengulurkan tanganku dan menariknya ke atas.
Saya melihat ke bawah. Tubuh Panzi dipenuhi pemakan mayat dan dia berguling-guling di tanah sambil berteriak kesakitan. Aku hampir menangis saat melihatnya seperti ini. Si Gendut berteriak kepadanya, "Cepat—naik ke sini. Tinggal beberapa langkah lagi, cepatlah!" Tapi Panzi tidak mungkin bisa mendaki. Pemakan mayat merangkak ke dalam mulutnya dan setiap kali dia mencoba berdiri, dia didorong kembali ke tanah oleh kekuatan serangan serangga tersebut. Dia meringkuk tubuhnya menjadi bola, melihat kami berteriak, dan menggelengkan kepalanya.Wajahnya dipenuhi pemakan mayat, dan aku melihatnya mengulurkan tangannya dan membuat tanda pistol. Lengannya tercabik-cabik dan aku tahu dia menyuruh kami menembaknya dan memastikan kami membunuhnya saat kami melakukannya.
Pria gendut itu tidak tahan melihatnya; dia mengatupkan giginya dan berteriak, "Saudaraku, maafkan aku."
Jebakan tiba-tiba terbuka kembali dan orang lain melompat turun dari atas menuju tempat Panzi terbaring kesakitan. Orang tersebut tidak terjatuh namun sengaja melakukan lompatan sehingga ia tetap berdiri ketika menyentuh tanah, meski guncangan jatuh membuatnya sedikit goyah. Dia mendapatkan kembali keseimbangannya dan menarik napas dalam-dalam.
Para pemakan mayat itu tercengang dan mulai bergerak ke segala arah dengan panik, seolah-olah mereka melakukan yang terbaik untuk menjauh dari pria ini.
Serangga-serangga yang mendatangi kami seperti air pasang kini mundur seperti air pasang dan menghilang ke dalam beberapa lubang besar di dinding batu.*Uhuk - uhuk
Aku melihat dengan cermat. Bukankah ini si Muka Datar? Si Gendut berteriak, "Ya Tuhan! Orang ini benar-benar selamat!" Aku melihat sekilas dan melihat pakaian Poker-face terkoyak-koyak dan tubuhnya berlumuran darah, seolah-olah dia menderita luka serius. Terlepas dari kondisinya sendiri, dia mengangkat Panzi untuk membawanya ke kami Kami merentangkan tangan kami; Aku meraih Panzi, si Gendut memegang si Muka Datar, dan kami menarik keduanya.
Seolah-olah laut berubah menjadi ladang murbei dan ladang murbei menjadi laut. Dalam keadaan putus asa kami diberi jalan keluar. Sesaat lalu kami yakin akan mati, dan kini keadaan tiba-tiba berbalik. Kami ingin memeriksa luka Panzi, tapi si Muka Datar melambaikan tangannya dan berkata, "Ayo cepat. Ia mengejar kita."
Meskipun aku tidak mengerti maksudnya, si Gendut langsung melompat seolah-olah dia tahu maksudnya dengan sangat baik. Si Muka Datar menggendong Panzi di punggungnya sementara aku mengambil lampu Panzi dan menerangi jalan di depan. Bersama-sama kami berlari ke kedalaman terowongan.
Aku tidak tahu berapa lama kami berlari dan aku tidak tahu berapa banyak belokan yang telah kami ambil ketika si Muka Datar menarik pria gendut itu untuk berhenti dan berkata, "Oke. Ada yang unik dari desain terowongan di tempat ini. Seharusnya dia tidak bisa menemukan kita terlalu cepat di sini." Kami berhenti dan aku menyadari seluruh tubuhku berkeringat. "Apa yang kamu bicarakan?" Aku bertanya.
Si Muka Datar menghela nafas tanpa menjawab dan menjatuhkan Panzi ke tanah. Aku pikir, oh benar. Yang terpenting saat ini adalah merawat luka Panzi.
Dia terluka parah; hampir seluruh tubuhnya dipenuhi luka. Kalau kita membalutnya, kalau saja kita punya perban, dia akan terbungkus seperti mumi. Aku memeriksanya. Sebagian besar lukanya tidak dalam tetapi ada beberapa di leher dan perutnya yang bisa berakibat fatal.
Rupanya serangga ini sangat pandai menyerang bagian tubuh manusia yang paling lembut dan halus.Aku teringat pada mayat yang tangannya kusentuh tadi. Perutnya juga merupakan bagian tubuhnya yang paling terluka parah.
Si Muka Datar menekankan tangannya ke perut Panzi dan mengeluarkan pedang besi yang dia bawa di ikat pinggangnya. "Bantu aku memegangnya," katanya padaku.
"Apa yang akan kamu lakukan?" tanyaku dengan firasat buruk.
Dia menatap perut Panzi seperti seorang tukang daging yang menatap korbannya. Dia menggerakkan kedua jarinya yang sangat panjang ke dalam luka Panzi dan berkata, "Salah satu pemakan mayat telah merangkak ke dalam perutnya."
"Itu tidak mungkin…" Aku menatapnya dengan curiga. Lalu aku melihat ke arah si Gendut yang sudah memegangi kaki Panzi dan berkata kepadaku, "Kalau kulihat-lihat antara kalian berdua sejauh ini, aku lebih percaya padanya."
Aku hanya bisa menurut dan menahan tangan Panzi. Si Muka Datar mengangkat pedangnya dan mulai memeriksa lubang di perut Panzi. Kemudian, jari-jarinya yang secepat kilat menusuk luka Panzi, menemukan apa yang mereka cari, mengaitkannya ke buruan mereka, dan mengeluarkan seekor pemakan mayat berwarna hijau muda.
Meskipun semua gerakan ini sangat cepat, namun masih cukup menyakitkan sehingga Panzi meringkuk dan meronta-ronta dengan sangat keras hingga saya hampir tidak bisa menahannya.
"Ini hanya membuat perutnya tercekik," Poker-face melemparkan serangga mati itu. "Lukanya sudah terlalu dalam. Jika tidak disterilkan, ia akan terinfeksi dan itu menjadi masalah besar."Si Gendutmengeluarkan peluru terakhir dari pistol Panzi dan berkata, "Mengapa kita tidak belajar dari pelajaran lanjutan yang diajarkan oleh rakyat Amerika, dan menggunakan peluru ini? Kita bisa memisahkannya dan menggunakan bubuk mesiu untuk mensterilkan lukanya."
Panzi meraih kaki si Gendut, mengertakkan gigi kesakitan, dan berteriak, "Saya tidak terluka oleh peluru! Kamu ingin… ingin meledakkan ususku dengan baik?" Dia mengeluarkan seikat perban dari saku celananya. Mereka berlumuran darah dan tampak seolah-olah itulah yang dililitkan di kepalanya. "Syukurlah aku tidak membuang ini, gumamnya. "Bungkus saja aku, dan lakukan dengan erat dan benar. Cedera ini bukan apa-apa!"
Si Gendut berkata, "Menjadi pahlawan sudah ketinggalan zaman tahun ini, kawan. Aku bisa melihat isi perutmu. Kau tidak perlu bertindak apa-apa." Dia mulai menarik pelurunya tetapi si Muka Datar dan aku menghentikannya. "Jangan terlalu gegabah," kataku. “Jika bubuk mesiu membakar organ dalamnya, dia akan mati seketika. Ayo kita bungkus dia dulu."
Pria gendut itu mendengarkanku, dia menyetujuinya, dan membantu kami membalut luka Panzi. Aku merobek pakaianku dan menambahkan lapisan perban lagi sementara Panzi hampir pingsan karena kesakitan. Saya melihatnya bersandar di dinding, terengah-engah, dan merasa bersalah. Jika aku tidak mengacaukan korek-korek api itu, dia tidak akan mengalami semua ini sekarang.
Tiba-tiba aku dikejutkan oleh rasa ingin tahu dan bertanya pada si Gendut, "Oh iya, siapa kamu sebenarnya?"
Dia hendak menjawab ketika si Muka Datar memberi isyarat agar kami tutup mulut. Saat kami terdiam, aku bisa mendengar suara berderak yang mengerikan datang dari ujung terowongan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji), Buku 1
AdventureWu Xie, seorang pengangguran berpendidikan (nolep lulusan Jerman), sehari-harinya yang dia lakukan hanya menunggu toko barang antik yang sepi pengunjung. Dia mewarisi sebuah buku catatan punya kakeknya yang berisi pengalaman kakeknya ketika menjelaj...