BAB 2

4 1 0
                                    

Untungnya sekarang kami sudah mulai mengenal lagi 1 sama lain dan sudag mulai aktif di grup alumni kita.Karena sudah mulai pada aktif saya coba untuk mengajak mereka reunian ke Aeon mall,akan tetapi masih belum bisa semua dan masih ada yang gk mau karena malas dan tidak ada waktu.Mungkin kalau saya ajaknya nanti setelah PAS selesai mungkin mereka sudah bisa dan dibolehkan orang tuanya karena sudah lega dan plong,tidak ada halangan lagi untuk pergi-pergian keluar dan bisa bebas.Mungkin salah satu faktornya juga adalah Covid-19 yang merubah drastis perubahan hidup masyarakat Indonesia.Namun kita harus tetap bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena tetap diberikan kesehatan di jaman covid waktu itu.Kiranya ini dapat menjadi hikmat untuk warga Indonesia agar tetap mengandalkan Tuhan dan tidak mengandalkan diri sendiri saja.Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan butuh orang lain.Mungkin mereka sudah banyak melakukan dosa dan Tuhan baru memberi pelajarannya sekarang.Nah teman-teman Persahabtan pun juga jangan sampai terputus walaupun ada covid-19 karena kita mulai dari sekolah dari rumah dan zoom lalu keluar rumah memakai masker bisa saja itu saat sekarang ini yang sudah mulai hilang pandemi dari 3-4tahunan bisa saja saat ketemu lagi kita sudah lupa dan tidak mengenal kita lagi.

Tuhan,apakah dunia ini memang seburuk itu?yang diluar exptasi saya karena manusia dapat berubah dengan cepat dimana pun dan kapan pun.Itulah yang menyebabkan bahwa manusia masih agak labil dengan hal yang berkaitan dengan persahabatan maupun pertemanan.Hal itu yang sangat disayangkan jika tidak dibiarkan begitu saja dan tidak didalamkan kembali.Karena itu juga yang bisa membuat orang depresi karena adanya tidak punya teman dan lain lain.Bisa saja tidak punya teman karena sikap dari orang ini tersebut tidak disukai oleh teman-temannya,jadi dijatuhi dan dikucilkan oleh teman-temannya.Yaaa itu juga masalah karakter dan pribadi diri kita.Apakah kita bisa mengubah hidup kita menjadi lebih baik atau buruk.Karena cuma diri kita sendiri yang bisa merubahnya,mau bagaimana pun caranya kalau tidak dari diri kita sendiri tidak akan bisa jadi harus ada motivasi untuk berubah menjadi lebih baik,jadi kepala dan bukan ekor.Kiranya ini juga dapat menjadi pelajaran bagi kita bahwa manusia itu tidak bisa melakukan apa-apa tanpa kehendak Tuhan,maka dari itu jadilah orang yang takut akan Tuhan,bijaksana dan mempunyai motivasi diri agar tidak gampang dibodo-bodohi orang lain.Banyak dari kita yang langsung percaya jika dikasitau seseorang padgal belum tahu kebenerannya.Dari situ juga kita bisa diadu domba dan berantem,maka dari itu kita harus mempunyai pikiran yang jernih juga agar bisa berpikir kritis pada saat momen-momen tertentu seperti ini.Contohnya seperti ini kalau kita tidak mempunya pikiran yang baik,positif dan jernih,jadi gampang dibodoh-bodohi orang lain.Makanya guys sebagai manusia jangan pernah melupakan Tuhan sebagai juruselamat kita dan kita tahu bahwa Tuhan selalu mengasihi kita di kondisi bagaimanapun,walaupun kalian tidak mengasihi Tuhan sekalipun Tuhan tetap mengasihi dan menyayangi kita.Nah persahabatan juga gitu teman,jika kalian bisa menjaga hubungan persahabatan kalian dengan baik sampai selamanya itu lah yang Tuhan inginkan,hidup damai tentram dan aman.Bukan membentuk pershabtan untuk berantem dan menjadi musuh.Saya juga masih bertanya-tanya di dalam hati,masih adakah orang yang sudah berteman lebih dari 1tahun tapi masih suka berantem?apa artinya pertemanan itu kalau tidak ada yang mau ngalah dan memaafkan,waktu pertemanan 1tahun lebih itu sia-sia dan bisa saja putus karena 1 pertengkaran dan tidak ada yang mau mengalah.Hati-hati juga bisa saja penyebab kita emosi dan langsung memutuskan pertemanan kita karena adanya sosok iblis yang menganggu kita,mungkin itu salah satu juga teguran dari Tuhan agar kita tetap mengandalkan Tuhan dan tidak mengandalkan diri sendiri.Akan tetapi apalah daya manusia yang kadang mempunyai kepala batu atau biasa kita sebut keras kepala,suka merasa hebat dan tidak merasa membutuhkan Tuhan.Padahal tanpa Tuhan kita tidak bisa melakukan apa-apa dan semua barang semua harta yang kita punya hanyalah titipan Tuhan dan tidak dibawa mati.Mungkin itu yang harus membuat kita mumpung masih hidup di didunia maya ini untuk berbuat amal dan memberkati orang-orang lain di sekita kita.Tujuan hidup kita adalah menjadi berkat untuk orang lain,bukan untuk menjadi berantem,pertengkaran,emosi dan hal lain yang iblis suka tetapi Tuhan gak suka.Bisa saja kita juga sering melakukan hal-hal yang tidak benar walaupun percaya Tuhan,tetapi itu sama saja seperti menghina Tuhan karena walaupun kita percaya,kita tau hal itu salah tapi kita masih lakukan,nah kalian tau kebenaran Firman Tuhan tetapi kalian masih bersikap seperti itu.Hal-hal itulah yang harus dihindari kita.Karena tidak bagus untuk diri kita sendiri dan orang lain.

Persahabatan juga tidak boleh berakhir sampai selama-lamanya karena membangun persahabtan tidak cukup mudah,tidak lucu kita sudah membangun persahabtan lama lama tapi hancur dengan 1 pertengkaran karena tidak ada yang mau mengalah dari kedua belah pihak.Kalau sampai terputus karena emosi kalian pada saat itu tidak bisa ditahan bisa saja setelah beberapa hari kemudian kalian menyesal dan dalam bertanya-tanya"mengapa aku bisa memutuskan persahabatan ini yang sudah dibangun bertahun-tahun dan langsung hancur begitu saja?itulah yang menyebabkan kalian tidak bisa menahan diri.Maka dari itu saat kalian emosi lebih baik kalian diam dan menghentikan emosi kalian terlebih dahulu misalnya kalau dirumah lagi emosi kalian ke kamar berdiam diri dan merenung,jangan langsung emosi langsung ngacak-ngacak rumah dan lain lain yang tidak sepantasnya kalian lakukan.Dengan cara seperti itu kalian seperti anak kecil yang tidak mengenal apa-apa yang belum tau mana yang benar dan mana yang salah.Karena kita dianggap dewasa bukan dari umur saja tetapi sikap dan perilaku kita sehari-hari.Kalau dikit dikit emosi Ya mau gimana kita dibilang dewasa?bukannya kita bisa dibilang dewasa saT kita bisa mencontohkan perilaku hal-hal yang positif dan menjadi berkat untuk orang lain?ya tentu saja itulah hal-hal yang membuat kita bisa dibilang dewasa
Bukan dari umur saja.Nah sekarang aku ingin mengajak teman-teman untuk merenungkan bagaimana hubungan kalian dalam menjalin persahabatan?apakah persahabatan kalian berjalan lancar atau tidak?dan apakah kalau tidak lancar kalian bisa menyelesaikannya dengan lapang dada dan tanpa emosi?saya harap itu yang bisa membuat kita hidup berubah menjadi lebih baik dari segi pertemanan dan persahabatan.Ya Tuhan mengapa banyak orang diluar sana tidak bisa mendapa pertemanan yang layak,seperti kaya dibully dan lain lain.Apakah mereka tidak mengetahui cara berteman atau menambah relasi dan menjaga relasi?itu semua juga bisa kita dapatkan dari firmanmu ya Tuhan.Kami hanya mau hidup kami sesuai dengan apa yang engkau ajarkan kepada kami.Berbuat baik,benar dan menjadi berkat untuk orang lain dan tidak menjadi batu sandungan untuk orang lain.Di pertemanan banyak hal hal pasti yang tidak diinginkan terjadi,seperti berantem,gakseneng dan lain lain.Maka dari itu kita harus belajar untuk tidak gampang marah dan tau kondisi orang lain.Tidak seenaknya melakukan bercanda yang tidak disukai oleh orang yang dibercandai itu.Kalau masih seperti itu sama saja dengan pembulian bukan pertemanan atau persahabatan.Dengan adanya sosial media untuk komunikasi dengan teman,banyak hal-hal pembelian terjadi dari sosial media salah satunya cyber bullying.Cyber bullying merupakan pembelian dari hp dan sosmed hanya modal mengetik dan memiliki dampak yang sangat besar karena bisa membuat korban menjadi bunuh diri,mental down dan lain lain.Nampaknya mereka sudah mulai tidak tahu batas bullying,bukan dari secara langsung juga tapi menggunakan aplikasi sosial media untuk dijadikan bahan buli.Bahkan mereka sampai bikin akun kedua atau second account atau face account untuk membuli di sosmed agar tidak ketahuan.Inilah mengapa banyak orang yang tidak percaya diri,karena mereka sering dibuli dari sekolah maupun sosial media.Semoga dunia ini berakhir indah dan manusia-manusianya tidak bebas dan bertobat.Dengan kita bersikap benar dosa kita akan diampuni.Tuhan,masih banyak dari kita manusia berdosa yang bebas dan tidak mau dengar-dengaran Tuhan,Kiranya engkau membuat mereka bertobat dan mau dengar-dengaran dengan englau Tuhan.Persahabatan dapat kita dapatkan dari pertemanan yang cukup lama sehingga menjadi persahabatan,namun persahabatan tidak dapat diperoleh jika saat kalian berteman saja sudah melakukan konflik terus menerus.Banyak hal-hal yang dapat membuat konflik seperti:beda pendapat,keras kepala tidak mau dengar-dengaran dan lain lain.Hal inilah yang membuat kalian susah untuk menjalin persahabatan dalam waktu yang lama seperti 7tahun keatas.Bagi mereka yang bisa memahami satu sama lain,saling melengkapi dan sama-sama mengerti jika kalau mereka ada pertengkaran maupun konflik dan salah satunya ada yang ngalah makanya itulah yang dapat membuat persahabatan kita menjadi awet dan tahan lama.Mereka akan bisa lebih mudah untuk  menjalin persahabatan dan pertemanan dalam waktu yang lama.Dalam keadaan buruk sekalipun mereka bisa bertahan dan tetap memegang teguh persahabatan mereka tidak akan terputus.Dari situlah pengalaman mereka untuk berteman dan menjadi sahabat untuk menjalin persahabatan yang lebih baik dan bertahan lama.Soalnya mereka mengerti satu sama lain dengan rekan teman atau sahabatnya jadi saat mau terjadi konflik tidak terjadi konflik karena peka dan mengerti satu sama lain.Merek orang yang bisa menjalin hubungan persahabatan minimal 7 tahun biasanya sudah pengalaman menghadapi masalah-masalah kecil bahkan besar dalam kehidupan sehari-hari,karena tidak mungkin mereka menjalin hubungan persahabatan selama 7 tahun berjalan mulus dan lancar,pasti ada konflik walaupun dikit dikit dan tidak besar.Akan tetapi dari situ kita belajar bahwa kita harus saling menghargai,melengkapi,mengerti dan peduli terhadap orang lain.

PersahabatanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang