- Dialog Tag 2 -

55 19 1
                                    

WAHAHAA, ternyata author ini terbilang sangat rajin menulis dan mengetik. Buktinya masih ditulis dan di-publish di malam yang sama.

Oke. Sesuai janji, Mica mau kasih contoh penggunaan dialog tag. Nah, sebelum itu, penulisan dialog tag ada 3 macam. Kita simak bareng-bareng, yuk.

✿~✿~✿~✿~✿

• Dialog Tag Sebelum Dialog

Sesuai jenisnya, dialog tag ini ditempatkan sebelum dialog atau kalimat langsung. Kalau masih bingung, Mica kasih contoh.

- Ia mengerutkan keningnya lalu bertanya, "bukannya aku cuma pinjam 100.000? Kenapa totalnya 100.999?"

Kata "bertanya" di atas termasuk dialog tag dari kata "tanya". Karena tempat dialog tag tersebut berada sebelum dialog, kita plesetkan menjadi "bertanya".

Sedangkan kalimat yang diapit oleh dua tanda petik setelah kata "bertanya", merupakan dialog atau kalimat langsung. Masih kurang? Mica kasih contoh lagi.

- Randa berkata, "Kalo kamu bayarin uang kas aku yang udah ditunggak 7 bulan, aku mau jadi pacar kamu."
- Kim berlari dan menyeru, "Heh, Suharto! Bayar dulu hutangmu!"
- Aliyah tertawa lalu menyindir, "Pantesan doyan makan otak sapi di warung Padang, ternyata biar punya otak."

• Dialog Tag Setelah Dialog

Nah, simple aja, jenis yang ini kebalikannya dari jenis yang pertama. Penempatan dialog tag setelah kalimat langsung biasanya sering banget kita temui. Contoh :

- "Sana gelantungan di pohon dulu, nanti aku bagi bolu pisangnya," suruh Doraemon.
- "Katanya mata kamu sakit, kok pas liat duit langsung ijo?" sindir Naruto.
- "Capek jadi orang baik, mau berubah jadi Buto Ijo aja," gumam Plankton.

• Dialog Tag Di Antara 2 Dialog

Yang satu ini, dialog tag diapit kedua percakapan dalam satu kalimat. Langsung aja ke contohnya :

- "Aku harus melanjutkan mimpiku!" seru Patrick, "tinggal merem, tidur, dan mimpiku akan berlanjut."
- "Kamu lucu," gemasnya, "kayak hewan peliharaan aku."
- "Mau kiamat kayaknya," desis Kiko, "soalnya kalo binatang bisa ngomong, itu termasuk ciri-ciri kiamat."

Segitu aja materi kali ini. Semoga kita dipertemukan lagi di materi berikutnyaww♡♡

Improving Your Typing (LEARN WITH ME)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang