Materi oleh redskyvi
Sebelumnya, dialog itu apa, sih?
Dialog adalah percakapan antar tokoh di dalam sebuah cerita, yang kehadirannya membuat sebuah cerita tampak hidup. Dialog dibuka dan diakhiri dengan tanda petik ("....")
Kemudian, dialog terbagi menjadi dua jenis, yaitu dialog tag dan dialog aksi. Di sini aku akan membahas cara penulis dari dua dialog tersebut.
a. Dialog tag
Dialog tag selalu diakhiri dengan tanda koma (,) sebelum ditutup dengan tanda petik (") lalu setelah tanda petik biasanya terdapat frasa yang mengikutinya.(Frasa tidak boleh ditulis menggunakan huruf kapital)
Contoh:
"Vey, hari ini aku mau ke rumahmu, ya," ucap Vivian pada Vey. ✅
"Vey, hari ini aku mau ke rumahmu, ya." Ucap Vivian pada Vey ❌
Di sini 'ucap' merupakan dialog tag. Jadi harus ditulis dengan huruf kecil dan tidak boleh menggunakan kapital.
Ada banyak dialog tag yang bisa kalian gunakan:
b. Dialog aksi selalu ditutup dengan menggunakan tanda titik. Dialog aksi juga dialog di mana setelahnya terdapat sebuah aksi.Dialog aksi diakhiri dengan tanda titik (.) sebelum ditutup dengan tanda petik. Nah, setelah tanda petik, kata setelahnya menggunakan huruf kapital.
Contoh: "Ayo, kita segera ke kelas." Gadis itu melenggang pergi meninggalkan kelas.✅
"Ayo, kita segera ke kelas," gadis itu melenggang pergi meninggalkan kelas.❌
Jawaban yang benar adalah B.Karena dialog tag itu sebelum ditutup dengan tanda petik, dia menggunakan koma dan huruf kecil, tidak menggunakan kapital
Oke, jawaban kalian benar, yang A.Karena sebelum ditutup dengan tanda petik (") dialog aksi menggunakan titik (.)
Selasa, 23 Januari 2023
KAMU SEDANG MEMBACA
Rangkuman Materi
RandomBerisi Rangkuman Materi yang disampaikan dalam grup SSP tiap minggu. Silakan petik baiknya. Penulis yang baik adalah dia yang ingin belajar, belajar, dan mencoba!