Oleh: PtrVnt
Sebuah tahapan penyusunan novel dalam 10 langkah. Desain Kepingan Salju.
Kalian ingat gak, satu filosofi tukang kayu andai diberikan waktu untuk menebang pohon dengan kapak rentang waktu 6 jam, dia lebih memilih 4 jam untuk mengasah kapaknya?
Novel hebat itu tidak ada dengan satu sebutan kun fayakun, tetapi ia dirancang. Ada proses panjang di baliknya. Jika ingin menulis novel yang lebih baik, kita harus berhenti mengarang-ngarangnya dan mulai menerapkan metodologi yang memiliki tujuan pada proses kita dan Metode Kepingan Salju ini bisa menjadi titik awal yang bagus.
Kita memulai dengan sebuah ide sederhana dan kemudian mengembangkan ide tersebut hingga ide tersebut berubah dari satu kalimat menjadi novel yang utuh.
Tanpa lama-lama lagi, kita langsung mulai saja.
But, mungkin terlalu panjang jika langsung bahas sekalian. Jadi, mungkin aku akan membaginya menjadi beberapa pertemuan di kesempatan berikutnya
'Mengarang-ngarang di sini' itu yang cuma nulis ngalir tanpa susunan apa-apa.
Noted: kita membicarakan novel hebat yang selesai. Bukan yang novel asal selesai
1. Ringkasan Satu Kalimat
Langkah pertama adalah menulis ringkasan satu kalimat dari novel kita. Hanya satu kalimat. Tidak dengan satu paragraf.
Kalimat ini akan didasarkan pada ide atau tema utama yang akan digunakan.
Garis bawahi, jangan gunakan nama karakter (ini akan dibahas nanti). Namun, boleh saja menggunakan deskripsi. Misalnya, ilmuwan dalam contoh kita mungkin adalah ilmuwan yang 'gila'.
Contoh:
• Seorang anak dilahirkan untuk percobaan berbalik melawan ayahnya yang gila kekuasaan dan menyelamatkan kotanya dari para manusia replika.
• Seorang pengacara muda yang brilian mendapat pekerjaan luar biasa di sebuah firma yang menutupi operasi pencucian uang Mafia
_The Firm, John Grisham_
KAMU SEDANG MEMBACA
Rangkuman Materi
RandomBerisi Rangkuman Materi yang disampaikan dalam grup SSP tiap minggu. Silakan petik baiknya. Penulis yang baik adalah dia yang ingin belajar, belajar, dan mencoba!