#2.(Ngerantau)

108 11 0
                                    


Jiddan athaya, kini pemuda itu tengah berbaring di kasurnya sambil memainkan ponsel miliknya. Mencari SMA yang bagus untuk ia masuk, Jiddan pusing karena dari tadi nemunya bagus semua sampe bingung mau masuk yang mana. Akhirnya jiddan keluar kamar dan minta pendapat orang tuanya, eh tapi orang tuanya malah bilang "Masuk SMA bantara aja"

Bentar.... SMA bantara kan di bandung njir masa harus ngerantau...

Dengan berat hati, Jiddan meng iyakan request dari orang tuanya lalu ia masuk ke dalam kamar kembali dan mencari SMA bantara bandung. Lumayan bagus sih sekolahnya, luas terus elite gitu kayak sekolah orkay, apa ntar kalo masuk situ jiddan jadi orang paling kismin ya..

"Gila! Duit masuk nya seharga kulkas anjir!" Jiddan kaget ngeliat daftar masuk nya, kalau daftar masuk nya mahal begini, apalagi duit spp nya... Jiddan udah lemes dan keluar kamar lagi untuk ngajak orang tuanya buat diskusi lagi. Pas jiddan ngomong duit masuk nya seharga kulkas rumahnya orang tua nya ketawa.

"Kok ketawa sih bund?! Jiddan serius!" Orang tuanya cuman ketawa dan ngangguk ngangguk.

"Gapapa loh sayang, kamu kira bapakmu ga mampu apa bayarin spp kamu?" Oh..iya.. jiddan cuman senyum senyum aja karena baru nyadar bapaknya punya prusahaan sendiri trus emaknya buka butik. Lagian kalo jiddan liat liat di rumah mak nya ini cuma dasteran terus bapaknya pake kaos ketekan gimana ga kaya gembel..

"Bunda sama ayah juga udah bilang sama tante elma buat nitipin kamu ke kosan nya biar kamu ga pusing lagi nyari tempat tinggal." Jiddan cuman ber-oh ria.

"Oh.. tapi kenapa harus di kosannya? Gabisa dirumahnya aja kah?" Brengsyekk, tidak tau terimakasih ya ini bochil

"Enggak dong jiddan, masa kamu tinggal berdua nanti sama tante elma? Dikira yang enggak enggak nanti, gapapa udah. Anak kos nya baik baik kok bunda udah kenal."

Jiddan cuman ngangguk ngangguk aja dan percaya sama bundanya..

"Jiddan kapan ke sana nya bund??"

"Besok, siapin barang barang kamu gih."  Jiddan ngacungin jempol ke bundanya terus masuk ke kamar nya, udah hampir malem. Jiddan buka kopernya dan masukin beberapa skincare nya kedalem koper terus ditutup. Sisanya besok.

Jiddan mandi dan ganti pakaiannya terus baringan lagi dikasur kesayangannya sambil ngeliat kontak tante elma. Jiddan ngechat tante elma dan minta tolong buat ngirimin foto anak anak kos, dia mau liat emang mukanya muka anak baik baik kah. Terus sekitar 5 menit setelah itu tante elma ngirimin foto anak anak kos ke jiddan. Jiddan ngeliat foto itu dan salfok ke satu orang yang dikirimin tante elma itu mukanya aib banget.

"Bejirr hahahah ini siapa? Aib banget." Jiddan ketawa ketawa ngeliat foto foto itu, ada yang fotonya b aja ada yang cool ada juga yang aib. Ini kayaknya tante elma mencetnya asal deh yang penting ngirim 😭

Setelah itu jiddan di panggil bunda nya buat makan malem, jiddan makan  bareng bunda sama ayahnya terus sudah selesai makan jiddan nunjukin foto foto tadi ke bunda nya dan nanya.

"Bun, ini siapa? Mukanya aib banget." Jiddan ngasih nunjuk orang yang mukanya aib banget. Bunda nya ngeliat itu cuman ketawa" terus dijawab. "Itu namanya riki, tante elma emang kayaknya punya dendam kesumat sama ini anak. Soalnya anak nya tengil dan petakilan banget kayak kamu." Behh, jiddan lagi yang kena, emang ya jiddan selalu salah.

"Pokoknya mereka semua itu anak baik baik, jiddan disana harus jaga sikap ya. Ga boleh ngebebanin tante elma." Jiddan ngangguk patuh kemudian masuk ke kamar nya dan siap siap buat tidur.

____________________________________________________________________

Besoknya, jiddan bangun pagi pagi banget terus mandi dan nyiapin barang barang yang mau dibawa. Ga lupa jiddan bawa bantal guling kesayangannya sama kaktus yang dia rawat kayak anak sendiri. Jiddan keluar kamar sambil bawa dua koper dan satu tas lumyan gede, bapaknya ngebantuin jiddan buat bawa koper sama tas ke ruang tamu terus jam 7 jiddan sarapan pagi sama orang tuanya.

Sekitar jam setengah 9 jiddan dijemput sama mobil travel terus jiddan pamit sama orang tuanya dan naik mobil sambil dadah dadah ke ortu nya. Mobil jiddan akhirnya pergi dari rumah nya dan memasuki jalan raya.

Jiddan dari tadi cuman diem dan mainin handphone nya tapi kadang juga makan cemilan yang dia bawa, Terus tidur sebentar.

Di dimensi lain....

"Nanti ada anak baru disini, kalian baik baik ya sama dia. Dia ponakan ibu, awas kalian macem macem ya." Tante elma titip pesan ke anak anak kos buat baik sama jiddan.

"Ponakan nya bau ketek ga bu?" Kurang ajar... dikirain jiddan gapernah mandi apa ya njir

"Iya bu, soalnya kita punya pengalaman kelam anak baru nya bau ketek terus jorok lagi anjir"

"Enggak lah, dia itu wangi, lucu, tapi tengil juga. Pokoknya kalian baik aja sama dia, ibu mau pergi dulu mau arisan."

Setelah nitip pesan sama anak kos, tante elma pergi dan di kos itu semuanya saling tatap tatapan. Punya trust issue kali ye ama anak baru.

"Kalo ntar bau ketek terus jorok, lo kerjain aja rik sampe tu anak baru minggat dari sini." -Hardi trust issue

"Aman bang, eh tapi kalo beneran wangi gimana?"

"Baikin we lah atuh"

Udah si satya ngomong begitu anak kos langsung masuk semua kedalam kos masing masing kecuali riki, mau buang sampah dia.

Ok.. balik lagi sama jiddan.

Jiddan udah sampe ke bandung, jiddan turun dan langsung masuk ke dalam kayak perumahan gitu tapi di dalemnya kos kosan ngerti ga sih? Pas jiddan masuk dia udah ngeliat orang yang tinggi banget, tu orang lagi buang sampah, Jiddan ngehampirin itu orang dan nanya.

"Permisi kak, ini bener kosan nya bu elma?" Tu orang yang tinggi langsung nengok ke jiddan dan behh, bau minyak telon woi. Ini bayi siapa nih nyasar?

"Eh, iya dek. Anak baru ya?"

"Hehe, iya kak." Tu orang ngangguk terus dia manggil orang yang baru keluar kosan pake hoodie yang tulisannya "Balencia" warna item. Buset, ini kosan isinya orang kaya kali ya?

"Apaan rik?" Itu orang nanya sama tu orang yang tinggi dan dia langsung nunjuk ke gue, sopan kali lo begitu.

"Lo anak baru ya? Bentar, tunggu sini. Gue panggilin anak kos yang lain" itu orang manggil anak anak kos, tu anak kos langsung keluar dan ngeliat si jiddan. Di liat liat lucu juga, pendek lagi. Terus di jiddan diajak ke kosan nya si hardi yang kebetulan luas.

Mereka duduk di sofa sama jiddan di kursi gitu di depan mereka.

"Lo pasti jiddan kan? Gue hardi. Panggil aja bang hardi" hardi ngenalin dirinya dan salaman sama jiddan.

"Gue kei, panggil aja mas." Kei jabat tangan jiddan sambil senyum, anak kos yang ngeliat langsung julid apalagi si riki.

"Ekhem ekhem uhuk, modus tuh modus" Kei langsung ngeliat riki terus melotot. Riki dan anak kos yang lain cuma bisa ketawa ketawa

"Aing teh satya, panggil aja akang." Jiddan ngangguk dan semua orang udah ngenalin diri, jiddan dikasih kunci kosan sama bang hardi. Kosannya di sebelah kos yang jiddan tau namanya senan.

Jiddan ngebuka pintu nya dan ngeliat ada ruang tamu gitu, lumayan lah. Jiddan masuk dan ngeliat dapur kecil sama meja makan. Terus jiddan masuk ke dalam kamarnya. Buset, inimah kosan elite namanya, kasurnya lumayan luas dan di sebelah jendela ada kursi buat ngeliat keluar. Cocok sih buat jiddan yang orangnya ga mau masuk kamar kecuali buat tidur.

Jiddan langsung beres beres kamar nya, terus tiba tiba ada yang ngetok pintu kosan nya. Jiddan langsung ngebuka itu pintu dan ngeliat si akang sunda.

"Kenapa ya kang?" Jiddan bingung soalnya si satya ini cuman senyum senyum ngeliat jiddan, kasmaran kah manies?

"Abdi teh boleh nitip ieuh di anjeun?" Jiddan ga terlalu ngerti sunda sih, tapi jiddan tau si satya mau nitip sesuatu ke jiddan. Gini amat ya, padahal baru kenal.

"Boleh kang.. mau nitip apa? Jiddan juga ga terlalu sibuk." Satya langsung ngasih kandang kucing ke jiddan dan ngucapin terimakasih terus pergi gitu aja.

Jiddan ngeletaki  itu kandang di ruang tamu terus lanjut beres beres dan nyimpen koper ke bawah lemari, jiddan ke ruang tamu dan ngebuka kandang kucing punya satya dan ngeluarin si ieuh. Gatau kenapa namanya ieuh, aneh. Padahal kucingnya lucu.

KOSAN BELIFTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang