9.𝐾𝑒𝑗𝑢𝑡𝑎𝑛?

8 0 0
                                    

𝐻𝑎𝑖 𝑏𝑎𝑙𝑖𝑘 𝑛𝑖ℎ 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑙𝑎𝑛𝑗𝑢𝑡𝑎𝑛 𝑛𝑦𝑎 𝑔𝑚𝑛 𝑏𝑖𝑛𝑔𝑢𝑛𝑔 𝑦𝑎 𝑠𝑚 𝑎𝑙𝑢𝑟 𝑠𝑚 𝑘𝑜𝑘 𝑎𝑘𝑢 𝑗𝑢𝑔𝑎 𝑡𝑝 𝑏𝑡𝑤 𝑎𝑘𝑢 𝑝𝑒𝑛𝑔𝑒𝑛 𝑛𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑢𝑟𝑢𝑡 𝑘𝑎𝑙𝑖𝑎𝑛 𝑖𝑡𝑢 𝑢𝑑ℎ 𝑐𝑢𝑘𝑢𝑝 𝑎𝑡𝑎𝑢 𝑏𝑙𝑚? 𝐾𝑎𝑙𝑎𝑢 𝑢𝑑ℎ 𝑐𝑢𝑘𝑢𝑝 𝑘𝑜𝑚𝑒𝑛 ⚫ 𝑘𝑎𝑙𝑎𝑢 𝑏𝑙𝑚 ⚪ 𝑜𝑘𝑒𝑦 𝑝𝑎ℎ𝑎𝑚. 𝑌𝑢𝑘 𝑙𝑎𝑛𝑗𝑢𝑡 𝑘𝑒 𝑐𝑒𝑟𝑖𝑡𝑎.




𝑆𝑘𝑖𝑝 𝑠𝑎𝑚𝑝𝑎𝑖 𝑘𝑒𝑙𝑎𝑠
𝑆𝑒𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑑𝑖𝑘𝑒𝑟𝑢𝑏𝑢𝑛𝑔𝑖 𝑜𝑙𝑒ℎ 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑖𝑙𝑖ℎ 𝑝𝑒𝑟𝑔𝑖 𝑘𝑒𝑙𝑎𝑠 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑠𝑢𝑑ℎ ℎ𝑎𝑚𝑝𝑖𝑟 𝑗𝑎𝑚 𝑚𝑎𝑠𝑢𝑘. 𝐷𝑖𝑘𝑒𝑙𝑎𝑠  𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑑𝑢𝑑𝑢𝑘 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑎𝑠𝑢𝑘𝑘𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑙𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑘𝑒𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝑡𝑎𝑠 𝑠𝑒𝑛𝑔𝑎𝑗𝑎 𝑖𝑎 𝑘𝑜𝑠𝑜𝑛𝑔 𝑘𝑎𝑛.
# 𝑎𝑑𝑚𝑖𝑛:𝑛𝑖𝑎𝑡 𝑠𝑒𝑘𝑜𝑙𝑎ℎ 𝑘𝑔𝑘 𝑠𝑖ℎ 𝑙𝑢 𝑉𝑎𝑛
𝐸𝑣𝑎𝑛 : 𝑘𝑔𝑘
𝐴𝑑𝑚𝑖𝑛 : 𝑡𝑟𝑢𝑠 𝑏𝑢𝑎𝑡 𝑎𝑝𝑎 𝑘𝑒 𝑠𝑒𝑘𝑜𝑙𝑎ℎ 𝑘𝑎𝑙𝑎𝑢 𝑘𝑔𝑘 𝑛𝑖𝑎𝑡
𝐸𝑣𝑎𝑛 : 𝑓𝑜𝑟𝑚𝑎𝑙𝑖𝑡𝑎𝑠
𝐴𝑑𝑚𝑖𝑛 :(∵)?
𝐴𝑢𝑡ℎ𝑜𝑟 : 𝑎𝑝𝑎𝑎𝑛 𝑘𝑎𝑙𝑖𝑎𝑛 𝑢𝑑ℎ 𝑝𝑒𝑟𝑔𝑖 𝑠𝑎𝑛𝑎 𝑒𝑛𝑡𝑎𝑟 𝑔𝑘 𝑙𝑎𝑛𝑗𝑢𝑡.
𝐴𝑑𝑚𝑖𝑛/𝐸𝑣𝑎𝑛 : 𝑦𝑒/ℎ𝑚𝑚#
𝐵𝑒𝑙𝑙 𝑝𝑒𝑙𝑎𝑗𝑎𝑟𝑎𝑛 𝑝𝑒𝑟𝑡𝑎𝑚𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑏𝑢𝑛𝑦𝑖 𝑔𝑢𝑟𝑢 𝑝𝑢𝑛 𝑚𝑎𝑠𝑢𝑘 𝑘𝑒 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚, 𝑔𝑢𝑟𝑢 𝑡𝑠𝑏 𝑚𝑒𝑛𝑎𝑡𝑎 𝑘𝑒𝑎𝑟𝑎ℎ 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑟𝑡𝑖𝑑𝑢𝑟 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎 𝑏𝑎ℎ𝑤𝑎 𝑑𝑖𝑟𝑖𝑛𝑦𝑎 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑑𝑖ℎ𝑎𝑟𝑔𝑎𝑖 𝑜𝑙𝑒ℎ 𝑠𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑠𝑎𝑡𝑢 𝑚𝑢𝑟𝑖𝑑 𝑛𝑦𝑎. 𝐺𝑢𝑟𝑢 𝑡𝑠𝑏 𝑎𝑑𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑏𝑎𝑟𝑢 𝑠𝑎𝑗𝑎 𝑚𝑎𝑠𝑢𝑘 1/2 𝑚𝑖𝑛𝑔𝑔𝑢 𝑗𝑎𝑑𝑖 𝑑𝑖𝑎 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑒𝑛𝑎𝑙𝑖 𝐸𝑣𝑎𝑛. 𝐾𝑖𝑡𝑎 𝑝𝑎𝑛𝑔𝑔𝑖𝑙 𝑔𝑢𝑟𝑢 𝑖𝑡𝑢 𝑑𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑛𝑎𝑚𝑎 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎 𝑎𝑗𝑎. 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑔ℎ𝑎𝑚𝑝𝑖𝑟𝑖 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑢𝑘𝑢𝑙 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑙𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑡𝑜𝑛𝑔𝑘𝑎𝑡 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑖𝑎 𝑏𝑎𝑤𝑎.
(𝑑𝑝𝑡 𝑑𝑎𝑟𝑖𝑚𝑎𝑛𝑎 𝑖𝑡𝑢 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔)
𝑃𝑙𝑎𝑘
𝑃𝑙𝑎𝑘
𝑃𝑙𝑎𝑘
𝑆𝑒𝑏𝑎𝑛𝑦𝑎𝑘 3𝑘𝑎𝑙𝑖 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎 𝑡𝑒𝑟𝑔𝑎𝑛𝑔𝑔𝑢 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑝𝑢𝑛 𝑚𝑒𝑙𝑖ℎ𝑎𝑡 𝑠𝑖𝑎𝑝𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑔𝑎𝑛𝑔𝑔𝑢 𝑤𝑎𝑘𝑡𝑢 𝑛𝑦𝑎. 𝑀𝑒𝑛𝑎𝑡𝑎𝑝 𝑡𝑎𝑗𝑎𝑚 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑔𝑎𝑛𝑔𝑔𝑢 𝑛𝑦𝑎. 𝑀𝑒𝑛𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡𝑘𝑎𝑛 𝑡𝑎𝑡𝑎𝑝𝑎𝑛 𝑡𝑎𝑗𝑎𝑚 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑢𝑎𝑡 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎 𝑔𝑒𝑟𝑎𝑚 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑢𝑘𝑢𝑙 𝑘𝑒𝑚𝑏𝑎𝑙𝑖 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑐𝑢𝑘𝑢𝑝 𝑘𝑒𝑟𝑎𝑠. 𝑆𝑒𝑚𝑢𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑎𝑑𝑎 𝑑𝑖𝑘𝑒𝑙𝑎𝑠 𝑡𝑒𝑟𝑑𝑖𝑎𝑚 𝑚𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑐𝑒𝑟𝑛𝑎 𝑎𝑝𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑟𝑗𝑎𝑑𝑖. 𝑀𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑠𝑢𝑑𝑎ℎ 𝑡𝑒𝑟𝑏𝑖𝑎𝑠𝑎 𝑗𝑖𝑘𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑙𝑎𝑙𝑢 𝑡𝑖𝑑𝑢𝑟 𝑠𝑎𝑎𝑡 𝑗𝑎𝑚 𝑝𝑒𝑙𝑎𝑗𝑎𝑟𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑗𝑢𝑔𝑎 𝑡𝑎𝑢 𝑗𝑖𝑘𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑝𝑢𝑘𝑢𝑙 𝑎𝑑𝑎𝑙𝑎ℎ 𝐸𝑣𝑎𝑛. 𝐵𝑒𝑟𝑖𝑡𝑎 𝑏𝑎ℎ𝑤𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑎𝑑𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑎𝑙𝑡𝑒𝑟 𝑒𝑔𝑜 𝑛𝑦𝑎 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑠𝑢𝑑𝑎ℎ 𝑡𝑒𝑟𝑠𝑒𝑏𝑎𝑟 𝑙𝑢𝑎𝑠 𝑑𝑖𝑠𝑒𝑘𝑜𝑙𝑎ℎ 𝑡𝑠𝑏.
" 𝑘𝑒𝑛𝑎𝑝𝑎 𝑘𝑎𝑢 𝑡𝑖𝑑𝑢𝑟 𝑠𝑎𝑎𝑡 𝑗𝑎𝑚 𝑝𝑒𝑙𝑎𝑗𝑎𝑟𝑎𝑛 ℎ𝑎ℎ! 𝐵𝑒𝑟𝑎𝑛𝑖 𝑠𝑒𝑘𝑎𝑙𝑖 𝑘𝑎𝑢 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑔ℎ𝑎𝑟𝑔𝑎𝑖 𝑘𝑢 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑎𝑗𝑎𝑟. 𝐷𝑎𝑠𝑎𝑟 𝑎𝑛𝑎𝑘 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑡𝑎𝑢 𝑠𝑜𝑝𝑎𝑛 𝑠𝑎𝑛𝑡𝑢𝑛. 𝐴𝑝𝑎𝑘𝑎ℎ 𝑏𝑒𝑔𝑖𝑛𝑖 𝑐𝑎𝑟𝑎 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑢𝑎 𝑚𝑢 𝑚𝑒𝑛𝑑𝑖𝑑𝑖𝑘 𝑚𝑢 𝐻𝑎ℎ! " 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎 𝑠𝑎𝑚𝑏𝑖𝑙 𝑚𝑒𝑚𝑢𝑘𝑢𝑙 𝑘𝑒𝑚𝑏𝑎𝑙𝑖 𝐸𝑣𝑎𝑛. 𝑆𝑒𝑚𝑒𝑛𝑡𝑎𝑟𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑖𝑎𝑚 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎 𝑏𝑎ℎ𝑤𝑎 𝑖𝑛𝑖 𝑔𝑢𝑟𝑢 𝑔𝑘 𝑗𝑒𝑙𝑎𝑠 𝑎𝑚𝑎𝑡 𝑘𝑒𝑛𝑎𝑝𝑎 ℎ𝑎𝑟𝑢𝑠 𝑛𝑦𝑎𝑚𝑝𝑒 𝑑𝑖𝑝𝑢𝑘𝑢𝑙 𝑏𝑒𝑟𝑘𝑎𝑙𝑖-𝑘𝑎𝑙𝑖 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑔𝑎𝑛𝑔𝑔𝑢 𝑤𝑎𝑘𝑡𝑢 𝑡𝑒𝑟𝑛𝑦𝑎𝑚𝑎𝑛 𝑛𝑦𝑎 𝑖𝑡𝑢. " 𝐻𝑒𝑦 𝑎𝑘𝑢 𝑏𝑒𝑟𝑡𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑚𝑢 𝑎𝑝𝑎𝑘𝑎ℎ 𝑏𝑒𝑔𝑖𝑛𝑖 𝑐𝑎𝑟𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑑𝑖𝑑𝑖𝑘 𝑎𝑛𝑎𝑘𝑛𝑦𝑎. 𝐷𝑎𝑠𝑎𝑟 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑢𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑏𝑒𝑐𝑢𝑠 𝑑𝑎𝑛 𝑏𝑜𝑑𝑜ℎ. 𝑆𝑒𝑝𝑒𝑟𝑡𝑖 𝑛𝑦𝑎 𝑘𝑎𝑢 𝑡𝑒𝑟𝑙𝑎𝑙𝑢 𝑑𝑖𝑚𝑎𝑛𝑗𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑜𝑙𝑒ℎ 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑢𝑎 𝑚𝑢 𝑖𝑡𝑢 𝑚𝑎𝑘𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑘𝑎𝑢 𝑏𝑖𝑠𝑎 𝑠𝑒𝑒𝑛𝑎𝑘𝑛𝑦𝑎 𝑠𝑒𝑛𝑑𝑖𝑟𝑖. 𝐾𝑒𝑛𝑎𝑝𝑎 𝑑𝑖𝑎𝑚 𝑏𝑒𝑛𝑒𝑟 𝑘𝑎𝑛 𝑏𝑒𝑟____“ 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎 𝑡𝑒𝑟𝑝𝑜𝑡𝑜𝑛𝑔 𝑜𝑙𝑒ℎ 𝐸𝑣𝑎𝑛 "𝑑𝑖𝑎𝑚 𝑘𝑎𝑢!𝐾𝑎𝑢 𝑏𝑒𝑟𝑎𝑛𝑖 𝑠𝑒𝑘𝑎𝑙𝑖 𝑑𝑖𝑟𝑖𝑚𝑢 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑎𝑡𝑎𝑘𝑎𝑛 ℎ𝑎𝑙 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑝𝑎𝑛𝑡𝑎𝑠 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑔ℎ𝑖𝑛𝑎 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑢𝑎 𝑘𝑢 𝑎𝑝𝑎 𝑘𝑎𝑢 𝑖𝑛𝑔𝑖𝑛 𝑚𝑎𝑡𝑖" 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑔𝑒𝑟𝑎𝑚 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑛𝑎𝑑𝑎 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑢𝑛𝑢ℎ, 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑢𝑎𝑡 𝑠𝑒𝑚𝑢𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑒𝑟𝑎𝑑𝑎 𝑑𝑖𝑟𝑢𝑎𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑡𝑠𝑏 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎 𝑘𝑎𝑛 ℎ𝑎𝑤𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑒𝑛𝑎𝑘𝑎𝑛. 𝑆𝑒𝑚𝑒𝑛𝑡𝑎𝑟𝑎 𝐽𝑜𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑑𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑎𝑑𝑎 𝑑𝑖𝑘𝑒𝑙𝑎𝑠 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑎𝑑𝑎 𝑢𝑟𝑢𝑠𝑎𝑛 𝑘𝑎𝑡𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑗𝑎𝑑𝑖 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑎𝑑𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑖𝑠𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔𝑘𝑎𝑛 𝐸𝑣𝑎𝑛." 𝐶𝑒𝑝𝑎𝑡 𝑝𝑒𝑟𝑔𝑖 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑘𝑒𝑙𝑎𝑠 𝑖𝑛𝑖 𝑠𝑒𝑙𝑎𝑔𝑖 𝑎𝑘𝑢 𝑚𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑖𝑗𝑖𝑛𝑘𝑎𝑛 𝑚𝑢. 𝑆𝑒𝑏𝑒𝑙𝑢𝑚 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑙𝑎 𝑚𝑢 𝑎𝑘𝑢 𝑝𝑜𝑡𝑜𝑛𝑔 " 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎. 𝑀𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑟 𝑎𝑛𝑐𝑎𝑚𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑔𝑎𝑛𝑔 𝑙𝑒ℎ𝑒𝑟 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑡𝑎𝑘𝑢𝑡 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑖𝑘𝑢𝑡 𝑑𝑖𝑝𝑜𝑡𝑜𝑛𝑔. 𝐷𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑠𝑎𝑙 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎 𝑘𝑒𝑙𝑢𝑎𝑟 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑡𝑎𝑘𝑢𝑡 𝑑𝑖𝑎 𝑗𝑢𝑔𝑎 𝑠𝑎𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑛𝑦𝑎𝑤𝑎 𝑎𝑝𝑎𝑙𝑎𝑔𝑖 𝑚𝑒𝑙𝑖ℎ𝑎𝑡 𝑗𝑖𝑘𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑠𝑢𝑑𝑎ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑒𝑙𝑢𝑎𝑟𝑘𝑎𝑛 𝑏𝑒𝑙𝑎𝑡𝑖 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑖𝑠𝑎 𝑘𝑎𝑝𝑎𝑛 𝑠𝑎𝑗𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑢𝑠𝑢𝑘 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑜𝑡𝑜𝑛𝑔 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑙𝑎𝑛𝑦𝑎. 𝑆𝑒𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝐵𝑢 𝑆𝑖𝑠𝑘𝑎 𝑘𝑒𝑙𝑢𝑎𝑟 𝑟𝑢𝑎𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑗𝑎𝑑𝑖 𝑎𝑔𝑎𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑑𝑖𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑤𝑎𝑙𝑎𝑢𝑝𝑢𝑛 𝑚𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑎𝑑𝑎 ℎ𝑎𝑤𝑎 𝑘𝑢𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑒𝑛𝑎𝑘𝑎𝑛.
𝑆𝑘𝑖𝑝 𝑝𝑢𝑙𝑎𝑛𝑔 𝑠𝑒𝑘𝑜𝑙𝑎ℎ
( 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑝𝑢𝑙𝑎𝑛𝑔 𝑎𝑗𝑎 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑦𝑎 𝑘𝑎𝑦𝑎𝑘 𝑝𝑒𝑙𝑎𝑗𝑎𝑟𝑎𝑛 𝑏𝑖𝑎𝑠𝑎 𝑤𝑎𝑙𝑎𝑢𝑝𝑢𝑛 ℎ𝑎𝑚𝑝𝑖𝑟 𝑠𝑎𝑚𝑝𝑎𝑖 𝑝𝑢𝑙𝑎𝑛𝑔 𝑘𝑒𝑙𝑎𝑠 𝑡𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑐𝑒𝑘𝑎𝑚 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑎𝑢𝑟𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑘𝑒𝑙𝑢𝑎𝑟𝑘𝑎𝑛 𝑜𝑙𝑒ℎ 𝐸𝑣𝑎𝑛)
𝑆𝑒𝑠𝑎𝑚𝑝𝑎𝑖𝑛𝑦𝑎 𝑑𝑖𝑚𝑎𝑠𝑖𝑜𝑛 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑔𝑎𝑛𝑡𝑖 𝑝𝑎𝑘𝑎𝑖𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑡𝑖𝑑𝑢𝑟 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑙𝑒𝑙𝑎ℎ. 𝑆𝑒𝑚𝑒𝑛𝑡𝑎𝑟𝑎 𝑖𝑡𝑢 𝑝𝑎𝑟𝑎 𝑎𝑛𝑔𝑔𝑜𝑡𝑎 𝑘𝑒𝑙𝑢𝑎𝑟𝑔𝑎 𝐴𝑙𝑒𝑥𝑎𝑛𝑑𝑒𝑟 𝑠𝑒𝑑𝑎𝑛𝑔 𝑠𝑖𝑏𝑢𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑦𝑖𝑎𝑝𝑘𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑗𝑢𝑡𝑎𝑛 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑠𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑢𝑛𝑔𝑠𝑢 𝑑𝑎𝑛 𝑑𝑖𝑠𝑎𝑛𝑎 𝑗𝑢𝑔𝑎 𝑎𝑑𝑎 𝐽𝑜𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑡𝑒𝑚𝑎𝑛² 𝑁𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑎𝑛𝑡𝑢 𝑚𝑒𝑚𝑝𝑒𝑟𝑠𝑖𝑎𝑝𝑘𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑗𝑢𝑡𝑎𝑛. " 𝐾𝑎𝑘 𝑒𝑚𝑎𝑛𝑔 𝑔𝑝𝑝 𝑦𝑎 𝑘𝑎𝑙𝑎𝑢 𝑠𝑖 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑖𝑡𝑖𝑛𝑔𝑔𝑎𝑙 𝑠𝑒𝑛𝑑𝑖𝑟𝑖 𝑡𝑑 𝑠𝑜𝑎𝑙𝑛𝑦𝑎 𝑎𝑘𝑢 𝑑𝑎𝑝𝑒𝑡 𝑖𝑛𝑓𝑜 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑡𝑒𝑚𝑒𝑛 𝑠𝑒𝑘𝑒𝑙𝑎𝑠 𝑘𝑎𝑚𝑖 𝑘𝑎𝑙𝑎𝑢 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑖𝑝𝑢𝑘𝑢𝑙 𝑜𝑙𝑒ℎ 𝑔𝑢𝑟𝑢 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑎𝑗𝑎𝑟. 𝐾𝑎𝑡𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑠𝑖ℎ 𝑖𝑡𝑢 𝑔𝑢𝑟𝑢 𝑏𝑎𝑟𝑢 1/2 𝑚𝑖𝑛𝑔𝑔𝑢 𝑏𝑎𝑟𝑢 𝑚𝑎𝑠𝑢𝑘 𝑛𝑔𝑎𝑗𝑎𝑟." 𝑈𝑐𝑎𝑝 𝐽𝑜𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑁𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑒𝑟𝑎𝑑𝑎 𝑑𝑖𝑠𝑎𝑚𝑝𝑖𝑛𝑔 𝑛𝑦𝑎 " 𝑊ℎ𝑎𝑡! 𝐵𝑎𝑦𝑖 𝑑𝑖𝑝𝑢𝑘𝑢𝑙 𝑠𝑚 𝑔𝑢𝑟𝑢 𝑏𝑎𝑟𝑢? " 𝑁𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑘𝑎𝑔𝑒𝑡 𝑑𝑎𝑛 𝑏𝑒𝑟𝑡𝑎𝑛𝑦𝑎 𝐽𝑜𝑎𝑛 ℎ𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛𝑔𝑔𝑢𝑘𝑘𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑙𝑎 𝑠𝑒𝑏𝑎𝑔𝑎𝑖 𝑗𝑎𝑤𝑎𝑏𝑎𝑛. " 𝑛𝑎𝑛𝑡𝑖 𝑘𝑖𝑡𝑎 𝑡𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑘𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑝𝑎𝑑𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑛𝑦𝑎 𝑎𝑗𝑎 𝑗𝑎𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑒𝑚𝑜𝑠𝑖 𝑑𝑢𝑙𝑢 " 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝐽𝑜ℎ𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑒𝑟𝑖𝑘𝑎𝑛 𝑠𝑎𝑟𝑎𝑛. 𝑌𝑎𝑛𝑔 𝑙𝑎𝑖𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛𝑔𝑔𝑢𝑘𝑘𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑙𝑎 𝑝𝑒𝑟𝑡𝑎𝑛𝑑𝑎 𝑠𝑒𝑡𝑢𝑗𝑢 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑎𝑝𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑢𝑐𝑎𝑝𝑘𝑎𝑛 𝐽𝑜ℎ𝑎𝑛.
𝑆𝑘𝑖𝑝 𝑚𝑎𝑙𝑎𝑚
𝑆𝑒𝑚𝑒𝑛𝑡𝑎𝑟𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑛𝑦𝑒𝑛𝑦𝑎𝑘 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑑𝑢𝑛𝑖𝑎 𝑚𝑖𝑚𝑝𝑖 𝑛𝑦𝑎 𝑖𝑡𝑢. 𝑇𝑖𝑏𝑎-𝑡𝑖𝑏𝑎
" 𝐾𝑎𝑢 ℎ𝑎𝑟𝑢𝑠 𝑚𝑎𝑡𝑖 𝑘𝑒𝑛𝑎𝑝𝑎 𝑘𝑎𝑢 𝑚𝑎𝑠𝑖ℎ ℎ𝑖𝑑𝑢𝑝. 𝐾𝑎𝑢 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑚𝑎𝑡𝑖 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑙𝑖ℎ𝑎𝑡 𝑠𝑎𝑗𝑎 𝑠𝑢𝑎𝑡𝑢 ℎ𝑎𝑟𝑖 𝑛𝑎𝑛𝑡𝑖 𝑘𝑎𝑢 𝑏𝑎𝑘𝑎𝑙 𝑎𝑘𝑢 𝑏𝑢𝑛𝑢ℎ 𝐻𝐴𝐻𝐴𝐻𝐴𝐻𝐴𝐻𝐴𝐴𝐻𝐴𝐻𝐴𝐻𝐴𝐻𝐴𝐻𝐴𝐻𝐴𝐴 " 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑠𝑏 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝑚𝑖𝑚𝑝𝑖 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑠𝑎𝑚𝑏𝑖𝑙 𝑚𝑒𝑛𝑐𝑒𝑘𝑖𝑘 𝑙𝑒ℎ𝑒𝑟 𝐸𝑣𝑎𝑛. 𝑆𝑒𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ ℎ𝑖𝑙𝑎𝑛𝑔 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑡𝑒𝑟𝑏𝑎𝑛𝑔𝑢𝑛 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑏𝑎𝑛𝑦𝑎𝑘 𝑘𝑒𝑟𝑖𝑛𝑔𝑎𝑡 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑎𝑠𝑎ℎ𝑖 𝑡𝑢𝑏𝑢ℎ 𝑛𝑦𝑎. 𝑆𝑒𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑎𝑔𝑎𝑘 𝑡𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑘𝑒 𝑘𝑎𝑚𝑎𝑟 𝑚𝑎𝑛𝑑𝑖 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑔𝑎𝑛𝑡𝑖 𝑝𝑎𝑘𝑎𝑖𝑎𝑛 𝑑𝑖 𝑤𝑎𝑙𝑘𝑖𝑛𝑔 𝑐𝑜𝑙𝑡𝑠 ( 𝑚𝑎𝑎𝑓 𝑘𝑎𝑙𝑎𝑢 𝑠𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑝𝑒𝑛𝑢𝑙𝑖𝑠𝑛𝑦𝑎). 𝑀𝑒𝑙𝑒𝑟𝑖𝑘 𝑘𝑒𝑎𝑟𝑎ℎ 𝑗𝑎𝑚 𝑡𝑒𝑟𝑛𝑦𝑎𝑡𝑎 𝑠𝑢𝑑𝑎ℎ 𝑗𝑎𝑚 𝑚𝑎𝑘𝑎𝑛, 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑖𝑙𝑖ℎ 𝑡𝑢𝑟𝑢𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑏𝑒𝑟𝑡𝑢𝑘𝑎𝑟 𝑚𝑒𝑛𝑗𝑎𝑑𝑖 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 ( 𝑝𝑎ℎ𝑎𝑚 𝑘𝑎𝑛 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑢𝑑𝑛𝑦𝑎) 𝑠𝑒𝑙𝑎𝑚𝑎 𝑚𝑒𝑙𝑒𝑤𝑎𝑡𝑖 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑎𝑑𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑎𝑛𝑒ℎ 𝑘𝑒𝑛𝑎𝑝𝑎 𝑠𝑒𝑝𝑖 𝑑𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑚𝑝𝑢 𝑑𝑖𝑏𝑎𝑤𝑎ℎ 𝑠𝑒𝑝𝑒𝑟𝑡𝑖 𝑚𝑎𝑡𝑖 𝑝𝑎𝑑𝑎ℎ𝑎𝑙 𝑎𝑑𝑎 𝑏𝑎𝑛𝑦𝑎𝑘 𝑚𝑎𝑖𝑑 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑖𝑠𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑦𝑎𝑙𝑎 𝑘𝑎𝑛 𝑛𝑦𝑎. 𝑆𝑒𝑠𝑎𝑚𝑝𝑎𝑖𝑛𝑦𝑎 𝑑𝑖 𝑑𝑒𝑝𝑎𝑛 𝑙𝑖𝑣𝑒 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑚𝑒𝑛𝑐𝑒𝑡 𝑡𝑜𝑚𝑏𝑜𝑙 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑎𝑠𝑢𝑘. 𝑆𝑒𝑠𝑎𝑚𝑝𝑎𝑖𝑛𝑦𝑎 𝑑𝑖𝑏𝑎𝑤𝑎ℎ 𝑡𝑒𝑟𝑛𝑦𝑎𝑡𝑎 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟 𝑠𝑒𝑝𝑖 𝑑𝑎𝑛 𝑔𝑒𝑙𝑎𝑝 𝑎𝑝𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑟𝑗𝑎𝑑𝑖. ( 𝐾𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑙𝑒𝑤𝑎𝑡 𝑟𝑢𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑎𝑚𝑢 𝑑𝑖 𝑝𝑎𝑟𝑘𝑖𝑟𝑎𝑛  𝑗𝑢𝑔𝑎 𝑎𝑑𝑎 𝑙𝑖𝑣𝑒 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑦𝑎𝑚𝑏𝑢𝑛𝑔 𝑘𝑒 𝑙𝑎𝑛𝑡𝑎𝑖 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑎𝑑𝑎 𝑘𝑎𝑚𝑎𝑟 𝑛𝑦𝑎.) 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑝𝑢𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑚𝑖𝑙𝑖𝑘𝑖 𝑠𝑒𝑑𝑖𝑘𝑖𝑡 𝑡𝑟𝑎𝑢𝑚𝑎 𝑡𝑒𝑟ℎ𝑎𝑑𝑎𝑝 𝑔𝑒𝑙𝑎𝑝 𝑑𝑎𝑛 𝑎𝑑𝑎 𝑡𝑒𝑟𝑏𝑒𝑠𝑖𝑡 𝑠𝑒𝑑𝑖𝑘𝑖𝑡 𝑖𝑛𝑔𝑎𝑡𝑎𝑛 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑗𝑎𝑑𝑖 𝑠𝑎𝑡𝑢 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑢𝑎𝑡 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑠𝑎𝑘𝑖𝑡 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑙𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑐𝑢𝑘𝑢𝑝 𝑚𝑒𝑛𝑦𝑎𝑘𝑖𝑡𝑘𝑎𝑛. " 𝑂𝑀𝐴 𝑂𝑃𝐴 𝑀𝐴𝑀𝐴 𝑃𝐴𝑃𝐴 𝐷𝐴𝐷𝐷𝑌 𝑀𝑂𝑀𝑀𝑌 𝐴𝐵𝐴𝑁𝐺 𝐴𝑌𝐴𝐻 𝐵𝑈𝑁𝐷𝐴 𝐾𝐴𝐿𝐼𝐴𝑁 𝐷𝑀𝑁 𝐴𝐾𝑈 𝑇𝐴𝐾𝑈𝑇 𝐻𝐼𝐾𝑆 𝐻𝐼𝐾𝑆 𝐻𝐻𝐻𝐻𝐻𝐻𝐻𝑊𝑊𝑊𝑊𝑊𝑊𝐴𝐴𝐴𝐴𝐴𝐴" 𝑀𝑒𝑛𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑟 𝑡𝑎𝑛𝑔𝑖𝑠𝑎𝑛 𝑡𝑠𝑏 𝑘𝑒𝑚𝑢𝑑𝑖𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑠𝑒𝑔𝑒𝑟𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑦𝑎𝑙𝑎 𝑘𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑚𝑝𝑢 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑔ℎ𝑎𝑚𝑝𝑖𝑟𝑖 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔𝑖𝑠. 𝑀𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑠𝑒𝑚𝑢𝑎 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎 𝑐𝑒𝑚𝑎𝑠 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑡𝑘 𝑏𝑒𝑟ℎ𝑒𝑛𝑡𝑖 𝑚𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔𝑖𝑠, 𝑘𝑒𝑚𝑢𝑑𝑖𝑎𝑛 𝑁𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑡𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑎𝑤𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑠𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑠𝑎𝑡𝑢 𝑏𝑜𝑛𝑒𝑘𝑎 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑒𝑛𝑡𝑎ℎ 𝑏𝑎𝑔𝑎𝑖𝑚𝑎𝑛𝑎 𝑡𝑝 𝑖𝑡𝑢 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑟𝑙𝑖𝑛𝑡𝑎𝑠 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑘 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑐𝑜𝑏𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔𝑘𝑎𝑛 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛. 𝐵𝑒𝑛𝑎𝑟 𝑠𝑎𝑗𝑎 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑏𝑒𝑟ℎ𝑒𝑛𝑡𝑖 𝑚𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔𝑖𝑠 𝑤𝑎𝑙𝑎𝑢𝑝𝑢𝑛 𝑚𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑠𝑒𝑑𝑖𝑘𝑖𝑡 𝑡𝑒𝑟ℎ𝑖𝑠𝑎𝑘. " 𝑢𝑑ℎ 𝑠𝑎𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑗𝑎𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑛𝑎𝑛𝑔𝑖𝑠 𝑙𝑎𝑔𝑖 𝑛𝑎𝑛𝑡𝑖 𝑠𝑒𝑠𝑒𝑘 𝑜𝑘 " 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝑚𝑜𝑚𝑚𝑦 𝑠𝑎𝑚𝑏𝑖𝑙 𝑚𝑒𝑛𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔𝑘𝑎𝑛 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 " 𝑆𝑒𝑘𝑎𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑎𝑦𝑖 𝑡𝑢𝑡𝑢𝑝 𝑚𝑎𝑡𝑎 𝑠𝑒𝑏𝑒𝑛𝑡𝑎𝑟 𝑜𝑘𝑒 ℎ𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑠𝑒𝑏𝑒𝑛𝑡𝑎𝑟 " 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝑜𝑚𝑎  𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑝𝑢𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑢𝑟𝑢𝑡 𝑘𝑒𝑚𝑢𝑑𝑖𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑢𝑡𝑢𝑝 𝑘𝑒𝑑𝑢𝑎 𝑚𝑎𝑡𝑎𝑛𝑦𝑎. " 𝑠𝑒𝑘𝑎𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑢𝑘𝑎" 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝑏𝑢𝑛𝑑𝑎 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑎𝑚𝑎 " 𝐻𝐴𝑃𝑃𝑌 𝐵𝐼𝑅𝑇𝐻𝐷𝐴𝑌 𝑆𝐴𝑌𝐴𝑁𝐺/𝐺𝐸𝑉𝐴𝑁/𝐵𝐴𝑌𝐼/𝐵𝑂𝑌/𝑇𝑈𝐴𝑁 𝑀𝑈𝐷𝐴🥳🥳🥳🥳🥳🥳🎂🎂🎂🎂🎂" 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝑠𝑒𝑚𝑢𝑎 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑎𝑑𝑎 𝑑𝑖𝑠𝑎𝑛𝑎." 𝐻𝑖𝑘𝑠 ℎ𝑖𝑘𝑠 𝑡ℎ𝑎𝑛𝑘 𝑦𝑜𝑢 𝑎𝑙𝑙 𝐼 𝑙𝑜𝑣𝑒 𝑦𝑜𝑢. 𝐼 𝑎𝑚 𝑟𝑒𝑎𝑙𝑙𝑦 ℎ𝑎𝑝𝑝𝑦 ℎ𝑖𝑘𝑠 ℎ𝑖𝑘𝑠 ℎ𝑖𝑘𝑠 𝑏𝑒𝑐𝑎𝑢𝑠𝑒 𝑠𝑢𝑟𝑝𝑟𝑖𝑠𝑒𝑠. 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑛𝑑𝑖𝑟𝑖 𝑎𝑗𝑎 𝑙𝑢𝑝𝑎 𝑠𝑚 𝑢𝑙𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑎ℎ𝑢𝑛 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑛𝑑𝑖𝑟𝑖 𝑚𝑎𝑘𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑠𝑒𝑚𝑢𝑎" 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑟𝑘𝑒𝑗𝑢𝑡 𝑑𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑦𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑚𝑏𝑎𝑙𝑖 𝑢𝑙𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑎ℎ𝑢𝑛𝑛𝑦𝑎 𝑤𝑎𝑙𝑎𝑢𝑝𝑢𝑛 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑏𝑎𝑑𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑙𝑢𝑎𝑟𝑔𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑒𝑟𝑏𝑒𝑑𝑎. 𝐾𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑡𝑎𝑛𝑔𝑔𝑎𝑙 𝑙𝑎ℎ𝑖𝑟 𝐸𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑠𝑚, 𝑗𝑎𝑑𝑖 𝑘𝑒𝑑𝑢𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑠𝑚² 𝑠𝑒𝑛𝑒𝑛𝑔.𝐾𝑒𝑛𝑎𝑝𝑎 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑏𝑖𝑠𝑎 𝑡𝑎𝑢 𝑘𝑎𝑙𝑜 𝑖𝑡𝑢 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑚𝑒𝑙𝑖ℎ𝑎𝑡 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑝𝑒𝑟𝑢𝑏𝑎ℎ𝑎𝑛 𝑠𝑖𝑘𝑎𝑝 𝑑𝑎𝑛 𝑠𝑖𝑓𝑎𝑡 𝑛𝑦𝑎. " 𝑦𝑢𝑘 𝑑𝑜𝑎 𝑡𝑟𝑢𝑠 𝑡𝑖𝑢𝑝 𝑙𝑖𝑙𝑖𝑛 𝑛𝑦𝑎 " 𝑢𝑐𝑎𝑝 𝐹𝑒𝑙𝑖𝑥 𝑝𝑎𝑑𝑎 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛
' 𝑡𝑒𝑟𝑖𝑚𝑎𝑘𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑒𝑟𝑖𝑚𝑎 𝑘𝑢. 𝑆𝑒𝑚𝑜𝑔𝑎 𝑘𝑖𝑡𝑎 𝑡𝑒𝑡𝑎𝑝 𝑏𝑒𝑟𝑠𝑎𝑚𝑎 𝑤𝑎𝑙𝑎𝑢𝑝𝑢𝑛 𝑎𝑘𝑢 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑡𝑎𝑢 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑘𝑎ℎ 𝑎𝑘𝑢 𝑏𝑖𝑠𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑡𝑎ℎ𝑎𝑛. 𝐴𝑘𝑢 ℎ𝑎𝑟𝑎𝑝 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑙𝑢𝑎𝑟𝑔𝑎 𝑛𝑦𝑎 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑙𝑎𝑙𝑢 𝑏𝑎ℎ𝑎𝑔𝑖𝑎 𝑑𝑎𝑛 𝑠𝑒ℎ𝑎𝑡. 𝑊𝑎𝑙𝑎𝑢𝑝𝑢𝑛 𝑎𝑘𝑢 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑙𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑗𝑖𝑤𝑎 𝑘𝑢 ℎ𝑖𝑙𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑒𝑚𝑖 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛. 𝐾𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑎𝑘𝑢 𝑡𝑎𝑢 𝑏𝑒𝑡𝑎𝑝𝑎 𝑘𝑎𝑙𝑖𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑦𝑎𝑦𝑎𝑛𝑔𝑖 𝐺𝑒𝑣𝑎𝑛. 𝑇𝑒𝑟𝑖𝑚𝑎𝑘𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑑𝑖𝑟𝑖𝑘𝑢 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑏𝑖𝑠𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑡𝑎ℎ𝑎𝑛' 𝑘𝑒𝑚𝑢𝑑𝑖𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑢𝑘𝑎 𝑚𝑎𝑡𝑎 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑛𝑖𝑢𝑝 𝑙𝑖𝑙𝑖𝑛 𝑡𝑠𝑏. 𝐴𝑐𝑎𝑟𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑙𝑎𝑛𝑗𝑢𝑡 ℎ𝑖𝑛𝑔𝑔𝑎 𝑡𝑒𝑛𝑔𝑎ℎ 𝑚𝑎𝑙𝑎𝑚 " 𝑢𝑑ℎ 𝑡𝑒𝑛𝑔𝑎ℎ 𝑚𝑎𝑙𝑎𝑚 𝑘𝑎𝑙𝑖𝑎𝑛 𝑡𝑖𝑑𝑢𝑟 𝑔𝑖ℎ 𝑏𝑒𝑠𝑜𝑘 𝑘𝑖𝑡𝑎 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑝𝑒𝑟𝑔𝑖 𝑘𝑒 𝑝𝑢𝑙𝑎𝑢 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑙𝑖𝑏𝑢𝑟𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑦𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑢𝑙𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑎ℎ𝑢𝑛 𝑁𝑒𝑣𝑎𝑛. 𝐼𝑡𝑢 𝑝𝑒𝑟𝑚𝑖𝑛𝑡𝑎𝑎𝑛 𝑁𝑒𝑣𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑛𝑑𝑖𝑟𝑖 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑖𝑎 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑠𝑎 𝑡𝑎𝑘 𝑝𝑒𝑟𝑙𝑢 𝑑𝑖𝑎 𝑖𝑘𝑢𝑡 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑦𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑤𝑎𝑙𝑎𝑢𝑝𝑢𝑛 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑘𝑒𝑚𝑏𝑎𝑟. 𝐾𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑢𝑟𝑢𝑡 𝑛𝑦𝑎 𝑖𝑡𝑢  𝑠𝑢𝑑𝑎ℎ 𝑏𝑖𝑎𝑠𝑎 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑛𝑦𝑎, 𝑗𝑎𝑑𝑖 𝑑𝑖𝑎 𝑚𝑒𝑚𝑖𝑙𝑖ℎ 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑚𝑒𝑟𝑎𝑦𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑡𝑎𝑝𝑖 𝑙𝑖𝑏𝑢𝑟𝑎𝑛.

𝑂𝑘𝑒𝑦 𝑐𝑢𝑘𝑢𝑝 𝑠𝑒𝑘𝑖𝑎𝑛 𝑏𝑎𝑔𝑎𝑖𝑚𝑎𝑛𝑎 𝑘𝑎𝑏𝑎𝑟 𝑠𝑒𝑚𝑜𝑔𝑎 𝑠𝑒ℎ𝑎𝑡 𝑠𝑒𝑙𝑎𝑙𝑢 𝑡𝑒𝑚𝑎𝑛² 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑎𝑐𝑎. 𝑌𝑎ℎ 𝑘𝑎𝑙𝑖 𝑖𝑛𝑖 𝑐𝑢𝑘𝑢𝑝 𝑝𝑎𝑛𝑗𝑎𝑛𝑔 𝑦𝑎 𝑡𝑜 𝑔𝑝𝑝 𝑛𝑎𝑛𝑡𝑖 𝑡𝑘 𝑢𝑠𝑎ℎ𝑎 𝑘𝑎𝑛  𝑔𝑘 𝑡𝑒𝑟𝑙𝑎𝑙𝑢 𝑏𝑎𝑛𝑦𝑎𝑘 ℎ𝑒ℎ𝑒ℎ𝑒ℎ𝑒. 𝑂𝑘𝑒𝑦 𝑑𝑎𝑛 𝑚𝑎𝑘𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑢𝑑ℎ 𝑏𝑎𝑐𝑎 𝑦𝑎 𝑤𝑎𝑙𝑎𝑢𝑝𝑢𝑛 𝑔𝑗𝑙𝑠 𝑎𝑙𝑢𝑟 𝑛𝑦𝑎 (´^ω^')

𝑆𝑒𝑙𝑎𝑚𝑎𝑡 𝑚𝑒𝑛𝑖𝑘𝑚𝑎𝑡𝑖 ℎ𝑎𝑟𝑖 𝑚𝑢 𝑠𝑒𝑚𝑢𝑎𝑛𝑦𝑎 (≡^∇^≡)

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 27 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Gevan or Evan (HIATUS) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang