pengertian

4 0 0
                                    

Langkah kecil diiringi dengan panggilan yang lugu. Seorang anak kecil dengan tatapan yang ia harapkan, entah cita-cita apa yang ia harapkan.

"Nek, Gina mau sekolah l. Kita sarapan apa?" Suara imut itu keluar dengan tatapanya yang lugu, ia tak tahu bahwa sekarang ia sedang dalan kehifldupan yang tidak adil baginya.

"Gak ada sayur, tuh ada sambel aja, Nenek mau ke kebun dulu. Mau cari makan kambing" kata-kata yang begitu cepat, dengan gerakkan terburu-buru entah apa yabg ia kejar. Sampai-sampai membuat sayur untuk dimasak saja sampai tak keburu.

"Iya" dengan tatapan ke arah dapur. Langkahnya mulai menuju meja dimana dihidangkan nasi dan sambal.

***

Suara bising murid menggema satu sekolah ada yang bercanda, ada yang bermain ada juga yang lagi belajar. Gina Alfana, biasa di panggil Gina ia adalah seorang murid yang bisa dibilang susah. Gina sudah lama dengan kehidupan sulit ini.

Sekarang Gina duduk di bangku kelas 2SD. Dia tak tahu  kehidupan kenyataannya bagaimana. Yang ia tahu hanyalah ia sekarang sedang menuntut ilmu di sekolahnya.

"Heh! Sana sapu kelas, enak-enakan disinj sambil belajar, sok pinter Lu" ejel salah dayu murid sekelasnya.

"Ta-ta-tapi bukan bagian Gina, Gina piketnya hari Rabu, ini kan hari senin" jawabnya dengan takut.

"Ya... kenapa? Lu kan sekolah disini cuman Gratis, pakai Beasiswa. Karena Lu itu Miskin" ucap kasar terlontarkan dari mulut murid itu, begitu mudahnya ia mengatakan hal sekali itu.

"I-i-Iya kak" turut Gina. Gina hanyalah Gina ia tak berani untuk melawan bila ia lawan juga percuma yang ada hasilnya ia akan kalah.

***

Lonceng kelas berbunyi itu tanda istirahat, para murid mulai keluar untuk jajan. Gina berjalan pelan keluar dimana ia biasanya memperhatikan orang-orang jajan. Gina hanya memperhatikan teman-temannya jajan, Gina? Ya, ia tak jajan, jangankan uang saku, untuk sekolah. Makan saja ia terkadang hanya memakai Garam, kalau tidak dengan sambal seperti tadi pagi.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 17 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

RAHASIA DALAM KEHIDUPAN KUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang