Bagian 3

1 0 0
                                    

Hari berganti malam.

Lisa duduk di sebelah meja komputer dalam keadaan nonaktif, sedang tersambung dengan komputer. Sementara itu, Aubrey memandangi Lisa dari pintu gudang, sedang mengobrol dengan pria dewasa yang memberikan mereka komando.

"Dia sudah putus koneksi dengan kotanya, dia juga tidak mengirimkan sinyal apapun. Sejauh ini tidak ada tanda-tanda dia meninggalkan jejak yang akan membuat kita diburu oleh para robot ...."

"Jadi kau bilang, apa yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah mempercayainya?"

"... Empatiku kepadanya masih dangkal, kau bisa menghancurkannya jika dia bermacam-macam."

Jeda dialog, mereka masih terus memerhatikan Lisa, mencemaskan apa yang dilakukannya sambil tersambung dengan komputer begitu.

"Apa tidak apa-apa membiarkannya menggunakan komputer?"

"Untuk mempercayainya, pertama-tama kita harus membuatnya percaya kepada kita. Aku memberitahukannya untuk tidak membuka berkas-berkas tertentu, memperingatkannya bahwa ada malware di dalamnya. Selama dia tidak membukanya, dia akan baik-baik saja. Jika dia membukanya, kita yang baik-baik saja."

Aubrey berbalik badan, memandang ke luar.

"Eris adalah Servant-nya. Seperti yang telah kita ketahui, Servant adalah manusia yang disandera oleh para robot. Karena mereka sudah bisa meniru perkembangan biologis manusia selain reproduksi, apa yang tidak bisa mereka sempurnakan adalah perkembangan mental manusia, maka dari itu mereka membutuhkan sandera manusia yang kemudian dijadikan Servant."

"Dia mati, 'kan? Eris itu."

"Tempat Lisa diserang oleh sekelompok Metal Roach, dan Lisa menyaksikan seorang manusia yang tewas. Lisa mengidentifikasi fisiologi manusia untuk pertama kalinya, dan itu berkontradiksi dengan program edukasi robot yang menganggap diri mereka adalah manusia itu sendiri. Lisa diamankan oleh pemerintah kotanya, akhir masa aktifnya dijadwalkan. Saat itu, Lisa diberitahukan bahwa Eris keluar dari Groundhome-nya dan tewas karena radiasi."

Mereka termenung sejenak, pria itu membuka mulutnya.

"... Sungguh kisah yang ironis.

Sebuah peradaban menjadi lebih canggih, dan manusia mulai menciptakan robot untuk mempermudah pekerjaan mereka, termasuk dalam bidang militer.

Perang Dunia ke-3 pecah, semua negara dihujani bom nuklir, mayat menjadi debu, musim dingin menyelimuti muka bumi dengan salju, dan para robot kehilangan majikannya.

Mereka mencari alasan, meniru peradaban manusia, dan mencoba untuk hidup seperti manusia, hingga mereka mendeklarasikan bahwa mereka lebih layak menghuni bumi daripada manusia.

Sejak awal, kita adalah pihak yang bersalah."

Hening sejenak, entah sejak kapan Lisa telah berdiri di belakang mereka.

"Maka tanggung jawablah."

"Uwa-?! Kaget aku!"

Aubrey teriak kaget, sedangkan pria itu lekas menodongkan pistolnya ke Lisa.

"T-Tunggu! Tunggu! Jangan tiba-tiba menodongkan pistol!"

Aubrey menenangkan pria itu.

"Segalanya disebabkan oleh kalian yang tidak kompeten! Kekacauan ini, kalian yang bertanggung-!"

Lisa tiba-tiba jatuh tergeletak nonaktif.

"Ah."

"... Apa yang terjadi padanya?"

"Dia mengakses berkas-berkas terlarang itu dan menerima 𝘮𝘢𝘭𝘸𝘢𝘳𝘦, kini dia menerima dampaknya." Aubrey menjawab.

Aku telah menjanjikannya piano!

Der weinende MetallklotzTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang