Menulis Narasi Cantik

592 59 0
                                    

📖[HOW TO MAKE NARRATION MORE INTERESTING]📖
*ala acha sihh

📌Gunakan Pancaindra
Tau kan pancaindra? Kita bisa deskripsiin imajinasi kita pakaii penglihatan, penciuman, dll.
Contohnya:
*Penglihatan*
Daripada nulis kayak:
* Langit berwarna orange.
* Laki-laki itu sedang berjalan.
Mending nulis kayak:
* Langit perlahan berubah menjadi jingga.
* Dengan wajah memesona, laki-laki itu melangkah ke arahku.

*Pendengaran*
Daripada nulis kayak:
* Suara ombak terdengar keras.
* Suara bel nyaring.
Mending nulis kayak:
* Suara deburan ombak saling bersahutan.
* Suara nyaring bel sekolah mulai terdengar di setiap sudut ruang kelas.

Gimana? Keliatan bedanyaa, 'kan?

📌Diksi
Pemilihan kata itu berpengaruh lhoo. Coba perbanyak kosakata kalian dengan baca buku, nonton film, sering2 nulis. Kalo kalian udah punya banyak kosakata + mainin diksinya, pastiiii tulisan kalian ga akan ngebosenin.
Contoh:
* Langit ➡️ Bumantara
* Orange ➡️ Jingga
* Berjalan kaki ➡️ Melangkahkan kaki
* Peluk ➡️ Dekap
dan lainnyaaa

📌Majas
Mainin gaya bahasanyaa.
Contoh:
* Anak itu berlari ➡️ Anak itu berlari *secepat kilat* sampai merobohkan rumput-rumput di sekitarnya.
* Rumput-rumput terkena angin ➡️ *Rumput-rumput bergoyang* terkena embusan angin malam.

📌Mengembangkan Kata
Coba deh biasain untuk mendeskripsikan suatu kata dalam beberapa kalimat. Nah, deskripsiinnya ini bisa tuh pake pancaindra, diksi, dan majas yang udah aku jelasin tadii.
Contoh:
* Kangen ➡️ Aku merindukan sebuah dekap yang tak kunjung datang. Tatapan mata yang tak bisa kutangkap lagi. Ke mana perginya insan itu?
* Wangi ➡️ Sebuah harum yang tak pernah kutemukan, kini telah datang. Aroma itu merambat sampai ke hidungku dan sedikit membuat nyaman.

SEMOGA BERMANFAAT YAA && JANGAN LUPA DIREALISASIKAN DI TULISAN KALIAN🤩

Membumi🌏Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang