Seorang gadis berambut coklat alami terduduk di hadapan laptop di meja belajar nya, ia sudah berkeringat dingin menatap pengumuman kelulusan apakah ia masuk atau tidak ke SMA terfavorit di Indonesia bahkan sudah terkenal ke manca negara. Ia menekan tombol untuk melihat nya, jantung nya berdegup cukup kencang.
Selamat anda dinyatakan lulus dalam seleksi pertama, kami akan memberitahu informasi selengkapnya
Kening nya mengkerut bingung, seleksi pertama?
Tiba-tiba pintu kamar nya terbuka menampilkan seorang gadis yang nampak dewasa.
Gadis itu menghampiri nya, melihat kearah laptop dan tersenyum simpul.
"Beneran nama lu bukan tuh" ujar nya.
Gadis yang sedang duduk itu memperlihatkan dengan jelas nama nya yang tertera di layar laptop.
Lavanya Ghea Adity
"Oke percaya"
"Tapi disini bilang kalo gue cuman lulus di seleksi pertama, gue kira langsung lulus masuk Antersa"
"Ga semudah itu, lu harus banyak belajar buat bisa nembus ribuan orang lagi"
"Emang abis ini seleksi apa lagi?"
"Lu bakal ke gedung yang udah di siapin buat hadapin try out secara offline, dengan penjagaan yang ketat tentunya. Gue pastiin saingan lu ga sedikit, angkatan gue kemarin yang berhasil masuk seleksi try out offline sekitar 23 ribu"
"Dan lu masuk diantara 23 ribu itu? jalur hoki sih pasti kak"
"Kalo jalur hoki, ga mungkin gue masuk ke seleksi setelah nya dan bertahan di 3 besar Genio class"
"Yaiya dari dulu Leana Rei Adity emang selalu pinter, makanya jadi anak kesayangan papa mama"
"Gausah iri gitu, lu buktiin ke mereka kalo lu juga bisa jadi lebih baik dari gue. Gue udah ga mau selalu jadi ekspetasi mereka terus" Leana kini menjadi mahasiswi di Harvard University, itu juga berkat karena ia lulusan Antersa High School dan Genio Class 2 tahun lalu.
"Gue masuk Antersa aja udah ga minat, kalo bukan karena paksaan papa gue ga mungkin bakal belajar pagi malem cuman buat bisa masuk Antersa. Gue ga bisa bayangin gimana susah nya nanti try out offline, kemarin aja di sediain 4 kamera di sekeliling gue biar memastikan kalo gue ga curang"
"Emang seketat itu, dan lu bakal lebih kaget setelah lu berhasil masuk Antersa"
"Oke, btw abis try out offline ada seleksi apa lagi?"
"Seleksi apakah lu pantas atau ga jadi murid Antersa" Lava menyerngit heran.
"Setelah berhasil ngelewatin try out itu, mungkin hanya 30 persen yang lolos. Setelah itu lu belum tentu keterima di Antersa, lu masih harus lakuin satu try out lagi yang dilaksanain dalam 3 hari dan tentu dengan soal yang lebih susah dari try out sebelum nya. Dan lu harus dapet nilai rata-rata lebih dari 87 buat bisa masuk Antersa, dibawah itu lu udah dinyatakan ga lolos" jelas leana.
"Makanya seleksi Antersa udah dilaksanain jauh jauh hari karena memang proses nya yang panjang dan ga banyak orang yang mampu"
"Tapi kenapa masih banyak orang yang mau masuk Antersa?"
"Pertanyaan bodoh, tentu karena lulusan Antersa bakal dapet keuntungan yang ga sekolah lain kasih"
"Oiya gue cuman mau ngasih tau, kalo lu jangan pernah macem-macem kalo udah lolos Antersa. Kalo emang lu ga yakin mending lu mengundurkan diri dari seleksi sekarang karena kalo lu udah lolos dan lu mau keluar dari Antersa lu gabakal bisa, intinya kalo lu udah masuk dalam lingkaran Antersa lu gabakal bisa keluar kecuali mereka yang ngeluarin lu" lava menatap kakaknya bingung.
"Sekalipun lu di drop out dari Antersa lu bakal beralih ke Anesta dan kata kebanyakan orang Anesta lebih Neraka dari Antersa"
"Anesta?"
"Orang bilang sih sekolah tempat murid buangan Antersa, lu di drop out dari Antersa artinya ga ada jalan lagi selain Anesta. Kalo lu di drop out pilihan lu cuman dua, Anesta atau berhenti ngelanjutin pendidikan"
"Kenapa? kenapa gitu"
"Karena kalo lu di drop out dari Antersa itu artinya ga bakal ada sekolah lain yang nerima lu selain Anesta, entah sekolah dalam negeri atau pun sekolah luar negeri"
"sebesar itu pengaruh mereka?"
"iya, kalo lu mutusin buat keluar dari Antersa tanpa mereka keluarkan itu artinya lu udah siap buat putus sekolah" lava meneguk saliva nya susah mendengar penuturan kakaknya itu.
"Dan itu baru sedikit fakta tentang Antersa, lu harus masuk Antersa buat tau fakta dan peraturan lainnya"
"Seserem itu ya?" ragu lava.
"Dengan kasus bunuh diri nya yang tiap tahun meningkat sih emang seserem itu buat sebuah sekolah, banyak yang depresi jadi mereka mutusin buat ngakhirin hidupnya" leana tertawa melihat wajah adiknya yang terlihat bingung.
"Karena gue baik jadi gue kasih lagi satu fakta tentang Antersa, siapapun bisa masuk dalam lingkaran Antersa selama mereka punya otak cerdas. Dan penilaian Antersa bukan sama prestasi yang lu punya, makanya kemarin waktu lu ngisi identitas ga disuruh masukin prestasi lu apaan tapi disuruh masukin berapa iq lu kan?" lava mengangguk mengiyakan.
"Jadi prestasi sebanyak apapun kalo otak lu kurang dibanding yang lain lu ga bakal masuk, Antersa cuman ngelihat prestasi saat lu membawa nama Antersa di sela-sela prestasi lu. Baru mereka bakal akuin kalo lu berprestasi, sebelum lu berprestasi di Antersa mereka ga bakal anggep murid nya punya prestasi. Jadi kalo lu mau banggain prestasi, bukan Antersa tempatnya" setelah mengatakan itu leana keluar dari kamar adiknya.
Lava terdiam setelah kepergian kakak nya dari kamar, ia menatap tumpukan buku yang ada di meja belajar nya. Sudah 1 minggu lebih ia mati matian belajar hanya untuk lolos masuk Antersa, dan ternyata ia harus berjuang lagi untuk benar-benar masuk ke Antersa.
Tapi ingatan yang berputar memperlihatkan bagaimana ia selalu dibandingkan dengan leana membuat dia mengepalkan tangan nya, sudah cukup selama ini papa mama nya selalu membanggakan leana dan mengacuhkan keberadaan nya. Ia hanya tak tertarik pada bidang akademik saja, dirinya lebih menyukai menulis novel atau melukis bahkan sudah banyak penghargaan yang dia dapat dari karyanya. Tapi orang tua nya sama sekali tak melihat hasil kerja keras nya, saat ia banggakan prestasi nya pada mereka, hanya ada reaksi datar dari keduanya. Berbeda jika kakaknya yang mendapat prestasi dari Olimpiade sains atau matematika, mereka bahkan bereaksi terlalu berlebihan.
Lava tak membenci kakaknya karena selalu dibandingkan, ia hanya kecewa dengan perlakuan tak adil dari kedua orang tuanya. Sejak kecil ia bukan lah orang yang pandai dalam akademik tapi memang lebih menyukai seni, tapi kedua orang tua nya tak mendukung bakat lava membuat nya dengan terpaksa menuruti kedua orang tuanya nya untuk mengikuti berbagai macam les untuk meningkatkan nilai akademiknya.
KAMU SEDANG MEMBACA
ANTERSA- 'Genio Class'
FanfictionMasuk ke Antersa berarti sudah terima semua konsekuensi nya, masuk ke Antersa berarti sudah siap terjebak didalam nya tanpa jalan keluar yang bisa dipilih. Keluar dari Antersa berarti tidak ada pilihan lain yang bisa diambil selain Antersa yang memu...