Jenan
Pengar di kepala Jenan masih terasa bahkan setela dia meninggalkan hotel bersama Janitra dan Nadya. Kepalanya semakin pusing akibat diperparah omelan Janitra sepanjang mereka berada di mobil.
Pemuda itu hanya berhenti mengoceh saat ia mengantar Nadya sampai stasiun MRT, pacarnya akan melanjutkan perjalanan ke kantor sendiri karena sudah terlambat. Setelahnya Janitra lanjut mengomeli Jenan.
"Gue kan udah minta maaf, Jan. Udah napa marah-marahnya?"
"Lo tuh nggak bertanggungjawab, gue capek banget tahu nggak, Jen?!" serang Janitra. "Ini nih alasan gue nggak mau nurutin keinginan lo pas pengen ke Exodus. Lo pasti kabur entah ke mana. Nadya jadi telat kan, gue juga hampir telat."
"Maaf Jan. Ini terakhir. Gue udah kapok juga ke Exodus."
"Lo seharusnya udah kapok ke sana semenjak Nadya sama Savian muntah-muntah abis minum vodka. Jen, udah bukan masanya lagi kita mabok nggak jelas kayak gitu. Kita bukan anak-anak sok keren terus fomo soal dunia malam-lagian aneh, lo ngurus bisnis makanan sehat tapi gaya hidup lo bertolak belakang banget."
"Iya gue tahu, tahu kok. Ini terakhir gue janji! Gue juga nggak mau bikin Mami marah."
"Jenan. Gue berharap lo berhenti jangan karena Mami Fanny. Semuanya harus dari kesadaran lo, bukan karena pengaruh orang lain. Gue tuh sebenernya pengen bilang gini tapi lo nya bebal banget, sih."
"Jan, bisa nggak sih nasihatin ala bapak-bapaknya nanti aja?" pinta Jenan tanpa memandang sahabatnya. Fokus Jenan malah ke ponselnya yang sedang melihat status pengiriman sepatu yang dibelinya kemarin.
"Nggak. Lo tuh harus bisa belajar mandiri dan punya sense of awareness yang tinggi!" tukas Janitra. "Gue bilang gini karena gue peduli sama lo Jen. Udah waktunya lo belajar tanggungjawab, cari kesibukan yang lebih berarti."
"Gue udah bantu Mami besarin nama Earthbar." jawab Jenan datar.
"Dan sekarang tugas lo udah selesai. Mami Fanny itu hebat, lo sendiri yang bilang Earthbar lahir dari tekad Mami yang pengen ngehidupin anak tunggalnya setelah ditinggal Papi. Apa lo nggak berniat buat ngikutin jejak beliau? Punya tekad dan niat yang bagus? Seenggaknya buat diri lo sendiri?"
"Ya. Uh-huh, gue punya tekad kok. Gue udah ada rencana mau bikin Earthbar ada di semua kota-kota besar. Misi gue mulia kan?"
"Ya itu ide bagus." puji Janitra. "Tapi apa bisa dilakuin dengan sikap lo yang masih ngegampangin semua hal? Eh-ya ampun, udah dong Jen jangan belanja terus, keluar dari toko ijo lo!"
Janitra menangkap basah Jenan yang sedang cekikikan sendiri melihat koleksi sepatu yang baru. Jenan langsung mematikan layar, menatap ke arah jalan raya seolah tidak terjadi apa-apa.
"Lo tuh sebenarnya ngerti nggak sih sama poin yang gue omongin? Apa lo bener dengerin semua kata-kata gue?"
"Gue denger." jawab Jenan. "Terus lo pengen gue ngapain, Jan? Nyari kerja? Kan kerjaan gue udah ngurus Earthbar."
"Gini ya, Jen, gue kasih tahu. Hidup kita udah nggak berporos di masa kuliah lagi. Kita mesti cari pengalaman di luar supaya pikiran kita makin terbuka. Gue nggak masalahin lo mau bantuin Mami, tapi lo juga harus ngembangin diri lo, kalau lo punya banyak koneksi, dan wawasan, itu udah otomatis bakal ngebantuin Mami."
Jenan terdiam setelah mendengar penjelasan Janitra.
"Lo harus coba kerja sama tim. Rasain deh dinamika ngehadapin banyak kepala dan ide-ide yang beda. Itu bakal mengasah kepekaan dan kepedulian lo. Lo bisa dapetin itu di Maven. Coba dulu at least selama probation deh 3 bulan. Selama ini lo kerja karena itu Mami Fanny. Lo nggak bakal ngehadapin kritik karena itu Mami. Tapi sekali-kali, hadapi orang lain juga. Hadapi orang yang bukan dari comfort zone lo."
KAMU SEDANG MEMBACA
How Long Before We Fall In Love?
Фанфик∙ HEEJAKE AREA ∙ Jadi pengangguran dadakan disaat lagi banyak cicilan yang belum lunas, Hamal terpaksa mencari pekerjaan baru walaupun gajinya jadi lebih kecil daripada yang sebelumnya. Transisi dari budak korporat jadi budak ahensi bikin jantung Ha...