tuna55doladola.com - E-sports (electronic sports) adalah kompetisi atlet profesional dalam melakukan permainan video. Ini melibatkan pemain atau tim yang bertanding dalam berbagai jenis permainan video, seperti permainan strategi waktu nyata (RTS), permainan pertempuran (fighting games), permainan penembak orang pertama (FPS), dan permainan arena pertempuran daring multipemain (MOBA).
Beberapa karakteristik utama e-sports:
1. Kompetitif: Pemain atau tim bertanding untuk meraih kemenangan dalam turnamen atau liga.2. Profesional: Banyak pemain e-sports yang berkompetisi di tingkat profesional dan menghasilkan pendapatan dari bermain game.3. Penonton: E-sports memiliki basis penggemar yang besar, dengan pertandingan yang disiarkan langsung melalui platform seperti Twitch, YouTube, dan lain-lain.4. Turnamen Besar: Ada banyak turnamen dan liga besar, seperti The International untuk Dota 2, League of Legends World Championship, dan banyak lagi.5. Beragam Genre: E-sports mencakup berbagai jenis permainan video, seperti MOBA (misalnya, League of Legends, Dota 2), FPS (misalnya, Counter-Strike: Global Offensive, Overwatch), dan banyak lagi.
Sejarah E-sports
Sejarah e-sports mencakup beberapa dekade perkembangan teknologi dan perubahan budaya dalam cara orang bermain dan menikmati video game. Berikut adalah gambaran singkat dari sejarah e-sports hingga sekarang:
1970-an dan 1980-an: Awal Mula* 1972: Kompetisi permainan video pertama yang tercatat diadakan di Stanford University dengan permainan "Spacewar!".* 1980: Atari mengadakan Space Invaders Championship, kompetisi permainan video besar pertama yang menarik lebih dari 10.000 peserta di AS.
1990-an Pertumbuhan dan Pembentukan Komunitas* 1990: Nintendo World Championships mengadakan turnamen keliling di 29 kota di AS.* 1997: Red Annihilation, salah satu turnamen e-sports pertama yang signifikan, diadakan untuk permainan Quake. Pemenangnya, Dennis "Thresh" Fong, memenangkan Ferrari milik pencipta game, John Carmack.* 1997: Cyberathlete Professional League (CPL) didirikan, menjadi salah satu organisasi e-sports pertama yang mengatur turnamen profesional.
2000-an: Era Pertumbuhan Global* 2000: World Cyber Games (WCG) dan Electronic Sports World Cup (ESWC) diluncurkan, membantu mempopulerkan e-sports di seluruh dunia.* 2002: Major League Gaming (MLG) didirikan di Amerika Serikat, menjadi salah satu organisasi e-sports terbesar dan paling berpengaruh.* 2009: Riot Games merilis League of Legends, yang kemudian menjadi salah satu permainan e-sports paling populer di dunia.
2010-an: E-sports Menjadi Mainstream* 2011: Valve mengadakan turnamen Dota 2 pertama, The International, dengan total hadiah lebih dari $1 juta, menarik perhatian besar dari komunitas game global.* 2013: League of Legends World Championship menarik lebih dari 32 juta penonton online, menunjukkan popularitas besar e-sports.* 2014: Amazon mengakuisisi Twitch, platform streaming video game, yang menjadi pusat bagi penonton e-sports.* 2017: Blizzard Entertainment meluncurkan Overwatch League, liga e-sports berbasis kota yang mengadopsi format serupa dengan olahraga tradisional.
2020-an: E-sports di Puncak Popularitas* 2020: Pandemi COVID-19 mempercepat pertumbuhan e-sports karena banyak acara fisik dibatalkan dan penonton beralih ke hiburan digital.* 2021: The International 10 (TI10) untuk Dota 2 mencatatkan total hadiah terbesar dalam sejarah e-sports, lebih dari $40 juta.* 2023-2024: E-sports terus berkembang dengan semakin banyak liga profesional, sponsor besar, dan peningkatan pengakuan dari media arus utama.
Masa DepanE-sports diperkirakan akan terus berkembang dengan lebih banyak inovasi teknologi seperti realitas virtual (VR) dan realitas tertambah (AR), peningkatan partisipasi dari perusahaan besar, dan kemungkinan masuknya e-sports ke dalam acara olahraga internasional seperti Olimpiade.
E-sports telah berubah dari hobi kecil menjadi fenomena global dengan basis penggemar yang besar dan infrastruktur profesional yang kompleks.
YOU ARE READING
Pengertian dan Sejarah E-sports Yang Mulai Populer di Situs Tuna55
FantasíaE-sports (electronic sports) adalah kompetisi atlet profesional dalam melakukan permainan video. Ini melibatkan pemain atau tim yang bertanding dalam berbagai jenis permainan video, seperti permainan strategi waktu nyata (RTS), permainan pertempuran...