Suara piano yang canggung terdengar di halaman belakang karena angin musim semi. Beberapa orang memainkan nada berbeda, masing-masing dengan melodi berbeda.
Seorang pria berkemeja tipis, lengan bajunya digulung hingga siku, sedang menyekop. Bahkan dalam cuaca sejuk, dahi dan lehernya basah oleh keringat.
Lengan bawahnya yang kuat tertekuk saat dia mengambil tanah dan melemparkannya keluar dari lubang. Kulitnya, kecokelatan karena bekerja di luar, berwarna tembaga yang menawan.
Pria itu menikam sekop ke tanah, menanamnya dengan kuat, menyandarkan sikunya di atasnya, dan menghembuskan napas. Bahu dan punggung kemejanya yang basah oleh keringat terasa kencang.
Theo, yang berjongkok di atas lubang, mengamati proses persalinan, tiba-tiba bertanya.
"Kenapa kamu melakukan semua hal menyenangkan ini sendirian?"
"Karena... menurutmu itu menyenangkan?"
"Permainan menggali itu kelihatannya menyenangkan....... Bolehkah aku bergabung denganmu?"
"Jika kamu melakukannya, kamu dan aku akan mendapat masalah dengan guru."
"...Ha."
Theo mengeluarkan suara gemuruh. Wajah Theo yang gemuk dan kekanak-kanakan dipenuhi rasa iri.
"Kamu sudah mendapatkan semua tiketnya, bukan?"
"Ya, tapi tahukah kamu, jika tidak, aku hanya bisa mewarnai dan guru tidak akan tahu."
Anak-anak di kelas pusat pembelajaran gratis harus mewarnai satu buah di lembar catatan mereka untuk setiap lagu yang mereka selesaikan. Mereka mewarnai kesepuluh buah tersebut, guru akan datang dan memeriksanya.
Namun seringkali, mereka mewarnai dua atau tiga buah setelah satu lagu. Sang guru mengetahui hal ini, namun menutup mata.
Pria itu tersenyum.
"Tetap saja, jika guru mendengarmu bermain, dia akan tahu. Apakah kamu benar-benar berlatih atau tidak."
Dia menarik sekop dari tanah dan kembali bekerja. Theo tidak menjawab, hanya mengerucutkan bibir dan menangkupkan dagunya dengan kedua tangan.
Dalam kesunyian, suara penggalian bercampur dengan kicau burung. Saat dia menyekop, dia melirik ke arah anak yang tiba-tiba pendiam itu.
Theo sedang menatap ke dalam lubang, pipinya menempel di antara kedua tangannya. Dia jelas-jelas mengalami depresi sebelumnya, tapi itu bukan hanya karena dia tidak bisa menggali.
"Ha..."
Theo menghela nafas frustrasi. Dia berusia delapan tahun dan tampaknya memiliki semua kekhawatiran di dunia. Dia mengabaikan bocah itu dan berkonsentrasi pada pekerjaannya.
"Ha......."
"......"
"Ha......."
"Paman."
"......Ya."
Pria pekerja itu membuka mulutnya. Theo menatapnya dengan mata muram.
"Mengapa?"
"Anda punya pacar?"
"Aku tidak punya pacar, tapi...."
"Kalau begitu, kamu juga tidak tahu."
Anehnya, Theo terdengar meremehkan.
"Aku tidak punya...pacar, tapi aku punya istri."
"Pacar dan istri berbeda."
"Aku tahu karena dia adalah pacarku sebelum kami menikah."
"Oh, benar, kamu adalah suami gurunya......"
Theo bergumam, sepertinya dia menyadari sesuatu.
Pria itu terkekeh tak percaya. Anak-anak di akademi terkadang mengenalnya sebagai kepala rumah.
"Kau tahu, pacarku adalah gadis tercantik di kelas, dan dia berkencan denganku meskipun semua laki-laki lain, bukan hanya aku, sangat menyukainya, karena aku pelari tercepat dan pemain bola terbaik."
Kata-kata meresahkan Theo dimulai dengan pernyataan bahwa Heiner tidak tahu apakah dia sedang membual tentang pacarnya atau dirinya sendiri.
"Tapi dia cantik, jadi dia sedikit bangga, dan jika aku mengatakan hal sekecil apa pun padanya, dia menjadi cemberut dan semacamnya, dan dia sudah memberitahuku......."
Heiner tidak tahu dari mana dia belajar kata "bangga" ketika dia baru mulai bersekolah. Dia bahkan sudah punya pacar, apakah semua anak sekarang dewasa sebelum waktunya?
Entah pria itu meratapi keadaan 'sesuatu' atau tidak, Theo serius.
"Kami berpacaran cukup lama.......Tapi suatu hari dia putus denganku, dan aku mendapatkannya kembali, jadi kami masih bersama, tapi kemudian sesuatu terjadi, sepertinya aku semakin menyukainya.. ..... "
"Oh, benar, kamu juga melakukannya."
"Paman juga lebih menyukai guru?"
"Iya karena aku pernah ke sana, tapi mau bagaimana lagi kalau jatuh cinta dulu. Terima saja."
"Yah, guru adalah gadis tercantik di kota......"
Itu adalah nasihat yang tidak membantu, tapi Theo sepertinya merasakan adanya hubungan.
"Semua lelaki lainnya sangat menyukai guru, bukan?"
"Seperti orang gila, mengejarnya kemana-mana."
"Tapi bagaimana kamu bertemu dengannya?"
"Saya menang karena saya yang terkuat."
"Jangan berbohong padaku, aku bukan anak kecil dan aku tidak tertipu."
Heiner mengobrak-abrik ingatannya, lalu bergumam dengan suara yang sedikit tidak yakin.
"Saya pikir dia menyukai wajah saya......"
"Hmm, aku juga tampan, tapi wajahmu terlihat seperti pulpen hitam yang menakutkan."
"Aku tidak tahu...apa yang kamu bicarakan."
Pria itu bukanlah wajah yang ramah anak-anak. Ukuran tubuhnya yang besar dan sikapnya yang dingin sudah cukup untuk mengintimidasi anak-anak yang pemalu.
Tentu saja anak di depannya bukanlah salah satu dari mereka.
"Permisi, paman."
"Ya?"
"Apakah dia pertama kali naksir dia?"
Pertanyaan Theo baru saja keluar dari mulutnya ketika pintu belakang terbuka. Theo melihat ke belakang terlebih dahulu. Pria itu menoleh ke belakangnya.
Seorang wanita dengan gaun tipis yang panjangnya sampai di bawah lutut, rambut pirangnya diikat ke belakang dalam sanggul rendah, tangannya di pinggul.
"Theo, aku tahu kamu akan ada di sini."
"Guru, saya sudah lebih dari setengah jalan."
"Kalau begitu kamu sudah setengah jalan, masuklah."
Wanita itu tersenyum manis. Theo menggaruk bagian belakang kepalanya, berdiri, dan dengan patuh masuk ke dalam rumah.
Wanita yang mengizinkannya masuk menutup pintu di belakangnya tanpa melirik ke arah Heiner. Heiner, yang terus menatapnya, mengambil sekopnya lagi, sedikit kecewa.
Dia pikir dia akan berhenti dan berbicara dengannya.
Dia melihatnya setiap hari, tetapi ketika dia pergi, dia merasa sedikit sedih. Saat itulah dia menyadari bahwa kekhawatiran Theo sebelumnya terhadap pacarnya menjadi kenyataan.
'Saya seharusnya lebih menghibur.'
Heiner mendecakkan lidahnya dan mulai menggali seperti mesin. Kotoran yang diambilnya ditumpuk di luar lubang. Sementara itu, pandangannya sesekali tertuju pada pintu. Beberapa menit kemudian, pintu belakang tiba-tiba terbuka kembali. Setelah menatap tajam ke arah itu, Heiner segera menegakkan tubuhnya.
Wanita yang membukakan pintu membawa nampan dengan segelas air dan handuk di atasnya. Saat dia melakukan kontak mata dengannya, dia tersenyum manis. Rambut pirangnya berkilau di bawah sinar matahari.
"Hei, Paman."
Untuk sesaat, dia mengira dia mencium aroma manis angin musim semi.
"Apakah kamu pertama kali jatuh cinta padanya?"
Dengan perubahan angin, pria itu tiba-tiba teringat akan kenangan yang jauh. Seorang gadis yang dia perhatikan dengan sedih dari kejauhan. Namun kenangan itu bukan lagi khayalan yang hidup, melainkan kenangan akan masa lalu.
Pria itu tidak menganggap saat dia jatuh cinta adalah suatu kebetulan; dia akan jatuh cinta padanya kapan saja, kapan saja. Bahkan pada saat ini.
Jadi itu pasti merupakan takdir yang harus dia buat.
"Heiner."
Melangkah mendekat, Annette meletakkan nampan itu di tanah. Dia menyeka dahinya yang basah dengan handuk yang dibawanya.
"Apakah kamu tidak lelah? Kamu sudah bekerja sejak pagi. Istirahatlah."
"......kalau begitu aku harus kembali dan menjadi kotor lagi."
Dia berkata, kecewa karena dia bahkan tidak mampir sebentar. Annette mengikatkan handuk di tengkuknya.
"Minta saja seseorang untuk melakukannya, itu tidak sebanding dengan masalahnya."
Tapi Heiner tahu dia tidak terlalu menyukai orang asing di rumahnya. Alih-alih menunjukkannya, dia malah mengubah topik pembicaraan.
"Kamu bilang kamu ingin sebuah kolam."
"Aku bilang aku ingin memilikinya, bukan karena aku menginginkannya."
"Tidak bertanggung jawab bagimu untuk mengatakan itu sambil terlihat sangat cantik."
Dia menatapnya dengan mata berkedip, tidak dapat melihat betapa berbedanya mengatakan "Saya harap saya memilikinya" daripada menyuruhnya untuk mewujudkannya.
Annette tersenyum.
"Saya tidak akan mengatakan itu jika saya tahu suami saya akan mengalami masa-masa sulit."
Rahang Heiner sedikit ternganga saat itu. Meski sudah hampir setahun menikah, istilah itu masih asing baginya.
Tiba-tiba, dia mendengar panggilan dari dalam rumah, "Saya sudah selesai, Guru!" Itu hampir seperti teriakan. Annette berdiri, membersihkan debu dari gaunnya.
"Saya harus pergi."
Heiner tanpa sadar mengulurkan tangan untuk meraih tangannya, lalu menariknya kembali ketika dia menyadari tangan itu tertutup tanah.
Saat itu, Annette membungkuk. Bibirnya menyentuh pipinya. Sentuhan lembut itu bertahan begitu singkat sehingga dia bertanya-tanya apakah itu hanya ilusi, lalu dia menarik diri.
"Sampai jumpa lagi."
Wajah yang terlihat tersenyum. Senyumannya yang segar dan diterangi sinar matahari terlihat di matanya.
Heiner berdiri membeku sejenak, lalu balas tersenyum padanya. Dan bukan dengan matanya, tapi dengan bibirnya. Lembut, seperti daun yang tertiup angin.
Itu adalah hari musim semi yang cerah.
KAMU SEDANG MEMBACA
My Beloved Oppressor Special Side Story
Romance"Apakah kamu sengaja mendekatiku sejak awal?" "...... Ya." "Pasti sulit berpura-pura mencintai putri musuh." Annette, berdarah bangsawan dan satu-satunya putri seorang jenderal militer. Setelah dua tahun penuh cinta, dia menikah dengan bawahan setia...