Bismillahirahmanirahim
Selamat datang dalam malam yang tenang, di mana setiap bintang di langit seakan menjadi saksi dari mimpi-mimpi yang kita ukir dalam hati. Mimpi, sebuah kata sederhana yang membawa kita melintasi batas realita, membuka cakrawala yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya.
Saat kita masih kecil, mimpi sering kali berbentuk fantasi. Mungkin kita membayangkan diri kita menjadi seorang pahlawan super, atau mungkin seorang ilmuwan besar yang menemukan penemuan ajaib. Dalam khayalan ini, segala sesuatu mungkin terjadi. Namun seiring berjalannya waktu, mimpi ini sering kali terkikis oleh kenyataan yang lebih keras, dan kita mulai bertanya-tanya: "Apakah mimpi-mimpi ini hanya ilusi belaka?"
Malam ini, aku ingin mengajakmu untuk merenung sejenak. Ketika aku memandang ke arah bintang-bintang, aku teringat akan mimpi-mimpiku yang dulu. Mimpi-mimpi yang dulu tampak seperti bintang jauh di angkasa, tidak pernah ku bayangkan bisa kugapai. Namun, seperti bintang yang bersinar di malam yang gelap, mimpi-mimpi ini adalah cahaya yang memandu kita melalui lorong-lorong kehidupan yang penuh ketidakpastian.
Terkadang, dalam perjalanan mengejar mimpi, kita dihadapkan pada rintangan dan kesulitan yang tampaknya tak mungkin kita atasi. Kita mungkin merasa kelelahan, frustrasi, atau bahkan putus asa. Dalam momen-momen seperti ini, penting untuk kita ingat: mimpi bukan hanya tentang mencapai tujuan akhir, tetapi tentang perjalanan yang kita lalui untuk sampai ke sana.
Kita sering kali terjebak dalam kerangka berpikir bahwa kesuksesan hanya diukur dari pencapaian akhir. Namun, betapa sering kita melupakan bahwa proses, usaha, dan ketekunan adalah bagian integral dari perjalanan menuju impian kita. Seperti halnya seorang pelukis yang dengan sabar melukis setiap detail karyanya, atau seorang penulis yang dengan tekun merangkai kata demi kata, setiap langkah kecil yang kita ambil adalah bagian dari karya besar yang sedang kita bangun.
Dalam pandanganku, mimpi adalah seperti benih yang kita tanam di ladang kehidupan. Tidak semua benih akan segera tumbuh menjadi pohon yang kuat dan berbuah lebat. Beberapa memerlukan waktu lebih lama, beberapa mungkin menghadapi cuaca buruk, dan beberapa mungkin memerlukan perhatian khusus untuk berkembang. Namun, jika kita tetap merawat benih-benih ini dengan kegigihan dan keyakinan, suatu hari nanti, mereka akan tumbuh menjadi sesuatu yang indah dan bermanfaat.
Dan dalam setiap mimpi, terdapat pelajaran berharga. Kadang-kadang, mimpi kita tidak terwujud sesuai dengan yang kita harapkan, tetapi dari setiap kegagalan dan keberhasilan, kita mendapatkan wawasan dan pertumbuhan yang tak ternilai. Mimpi-mimpi ini, yang mungkin tampak seperti ilusi pada awalnya, akhirnya membentuk siapa kita sebenarnya dan bagaimana kita menghadapi dunia di sekitar kita.
Jadi, saat kamu merasa lelah atau ragu, ingatlah bahwa setiap mimpi yang kau miliki adalah cahaya di malam gelap yang memandu langkahmu. Meskipun jalan mungkin tidak selalu mulus, dan meskipun kamu mungkin harus menghadapi banyak tantangan, jangan pernah menyerah pada mimpi-mimpimu. Karena pada akhirnya, setiap mimpi yang kita perjuangkan dengan sepenuh hati akan membawa kita ke tempat yang lebih baik dari yang pernah kita bayangkan.
Selamat berjuang, dan semoga setiap bintang di malam ini menjadi saksi dari usaha dan ketekunanmu dalam mewujudkan mimpi-mimpimu.
YOU ARE READING
Arsip Kepenulisan Pendek
PoetryCuma kumpulan seisengan menulis yang entah apakah ada gunanya