Chapter 110 : The Nightingale and the Rose

2 0 0
                                    

- 1 -

'Dia (Perempuan) berkata bahwa dia akan berdansa denganku jika aku membawakannya mawar merah,' seru Sang Pelajar muda; 'tetapi di seluruh kebunku tidak ada mawar merah.'

Dari sarangnya di pohon holm-oak, Burung Bulbul mendengarnya, dan dia melihat keluar melalui dedaunan, dan bertanya-tanya.

"Tidak ada mawar merah di seluruh kebunku!" serunya, dan matanya yang indah dipenuhi air mata. "Ah, betapa kecilnya kebahagiaan bergantung! Aku telah membaca semua yang ditulis orang bijak, dan semua rahasia filsafat adalah milikku, namun karena tidak ada mawar merah, hidupku menjadi sengsara."

"Akhirnya, ada kekasih sejati," kata si Burung Bulbul. "Malam demi malam aku bernyanyi tentangnya, meskipun aku tidak mengenalnya: malam demi malam aku menceritakan kisahnya kepada bintang-bintang, dan sekarang aku melihatnya. Rambutnya hitam seperti bunga eceng gondok, dan bibirnya merah seperti mawar yang diinginkannya; tetapi gairah telah membuatnya berenda seperti Gading pucat, dan kesedihan telah menyegel alisnya."

"Pangeran akan mengadakan pesta dansa besok malam," gumam si Pelajar muda, "Dan kekasihku akan hadir. Jika aku membawakannya mawar merah, dia akan berdansa denganku hingga fajar. Jika aku membawakannya mawar merah, aku akan memeluknya, dan dia akan menyandarkan kepalanya di bahuku, dan tangannya akan menggenggam tanganku. Namun, tidak ada mawar merah di tamanku, jadi aku akan duduk sendirian, dan dia akan melewatiku. Dia tidak akan menghiraukanku, dan hatiku akan hancur."

"Inilah kekasih sejati," kata si Burung Bulbul. "Apa yang kunyanyikan tentang dia, dia menderita: apa yang menyenangkan bagiku, baginya adalah kepedihan. Sungguh Cinta adalah hal yang luar biasa. Cinta lebih berharga daripada zamrud, dan lebih mahal daripada opal yang indah. Mutiara dan buah delima tidak dapat membelinya, dan tidak dijual di pasar. Cinta tidak dapat dibeli dari pedagang, atau ditimbang dengan neraca untuk mendapatkan emas."

"Para musisi akan duduk di galeri mereka," kata Mahasiswa muda itu, "Dan memainkan alat musik dawai mereka, dan cintaku akan menari mengikuti alunan harpa dan biola. Ia akan menari dengan sangat ringan sehingga kakinya tidak akan menyentuh lantai, dan para bangsawan dengan gaun mereka yang ceria akan mengerumuninya. Namun bersamaku ia tidak akan menari, karena aku tidak punya mawar merah untuk diberikan padanya;" dan ia menjatuhkan dirinya ke rumput, dan membenamkan wajahnya di tangannya, dan menangis.

"Mengapa dia menangis?" tanya seekor Kadal Hijau kecil, sambil berlari melewatinya dengan ekornya di udara.

'Kenapa, ya?' tanya seekor Kupu-kupu, yang sedang terbang ke sana kemari mengejar sinar matahari.

"Kenapa, ya?" bisik seekor Daisy kepada tetangganya, dengan suara lembut dan rendah.

- 2 -

'Dia menangis karena menginginkan mawar merah,' kata Burung Bulbul.

'Untuk mawar merah!' teriak mereka; 'betapa konyolnya!' dan si Kadal kecil, yang agak sinis, tertawa terbahak-bahak.

Tetapi Burung Bulbul memahami rahasia kesedihan sang Pelajar, dan dia duduk diam di pohon ek, dan memikirkan misteri Cinta.

Tiba-tiba ia mengembangkan sayapnya yang berwarna cokelat untuk terbang, dan terbang tinggi ke udara. Ia melewati hutan seperti bayangan, dan seperti bayangan ia berlayar melintasi taman.

Di tengah hamparan rumput itu berdiri sebuah pohon Mawar yang cantik, dan ketika dia melihatnya, dia terbang ke pohon itu dan hinggap di semprotan air.

"Berikan aku setangkai mawar merah," serunya, "Dan aku akan menyanyikan lagu termanisku untukmu."

Namun Pohon itu menggelengkan kepalanya.

"Mawarku berwarna putih," jawabnya; "seputih buih laut, dan lebih putih dari salju di gunung. Tapi pergilah ke saudaraku yang tumbuh di sekitar jam matahari tua, dan mungkin dia akan memberimu apa yang kau inginkan."

Short Story from CasesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang