Tentang E-Bioedustory

82 0 0
                                    

Cerita Serial Biologi "E-Bioedustory" disusun oleh Ridha Puteri Athaya sebagai hasil penelitian tugas akhir di program studi Pendidikan Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2024.

Dibimbing oleh :
Ibu Ika Rifqiawati, M.Pd (Dosen Pembimbing 1)
Ibu Evi Amelia, M.Si (Dosen Pembimbing 2 )

Hak cipta dilindungi undang-undang.

E- Bioedustory merupakan sebuah produk media pembelajaran alternatif yang digunakan untuk menambah minat belajar dan membaca siswa di sekolah. Produk berupa cerita pendek serial yang dikaitkan dengan pembelajaran kontekstual mengacu pada materi biologi. Cerita ini bergenre petualangan yang dikembangkan dengan aplikasi Wattpad didukung dengan tools lainnya.

E-Bioedustory berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Media pembelajaran berupa cerita pendek serial dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan disesuaikan dengan materi pembelajaran. Bertujuan untuk memudahkan siswa lebih memahami pembelajaran. Bab keanekaragaman makhluk hidup interaksi dan peranannya di alam kelas 10 dipilih karena cocok dikaitkan dengan pembelajaran kontekstual atau CTL.

Dalam materi keanekaragaman hayati berkaitan dengan fenomena alam yang dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan sekitar siswa seperti di rumah sekolah atau tempat umum lainnya. Bab ini dapat dikaitkan dengan genre petualangan karena dalam materi ini berpotensi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa.

Dari E-Bioedustory diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan literasi Indonesia terutama pada jenjang SMA karena dikemas dengan menarik dan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi di sekolah.

E-Bioedustory "Petualangan Bumi"Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang