Bel terdengar menandakan akhir pelajaran biologi di kelas X SMA Lestari. Ibu Rose, guru biologi yang terkenal dengan cara mengajarnya yang menarik, baru saja menyelesaikan penjelasan tentang materi Keanekaragaman Makhluk Hidup, Interaksi, dan Peranannya di Alam.
"Baiklah anak-anak, pelajaran hari ini cukup sampai di sini," kata ibu Rose. "Sebagai penutup, saya ingin kalian semua membuat sebuah proyek kelompok yang berhubungan dengan materi yang telah kita pelajari."
Kelas pun gempar. Para siswa mulai berdiskusi dengan teman-teman sekelompok mereka. Arez, Theo, Ali, Adel, dan Sabina, yang tergabung dalam satu kelompok, duduk bersama di pojok kelas.
"Wah, seru nih!" seru Ali. "Kita mau buat proyek apa nih?"
"Aku ingin membuat proyek tentang hutan hujan," kata Adel. "Hutan hujan itu penuh dengan keanekaragaman makhluk hidup yang saling berinteraksi dan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam."
"Aku setuju," kata Sabina. "Kita bisa mempelajari bagaimana hewan-hewan di hutan hujan beradaptasi dengan lingkungannya dan bagaimana mereka saling berinteraksi satu sama lain."
"Tapi bagaimana cara kita mempelajari itu?" tanya Theo. "Kita kan tidak bisa langsung pergi ke hutan hujan."
"Tenang, Theo," kata Arez. "Kita bisa mencari informasi dari internet, buku-buku, dan film dokumenter. Kita juga bisa mewawancarai orang-orang yang pernah pergi ke hutan hujan."
"Bagus!" kata Adel. "Kita bisa membuat poster, presentasi, atau bahkan video tentang hutan hujan."
"Dan kita bisa memberikan edukasi kepada teman-teman kita tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan hujan," kata Sabina.
"Baiklah, kalau begitu kita mulai!" kata Arez. "Kita bagi-bagi tugas dan mulai mencari informasi."
Kelima sahabat itu pun mulai merencanakan proyek mereka. Mereka bersemangat untuk belajar lebih banyak tentang keanekaragaman makhluk hidup, interaksi, dan peranannya di alam, dan untuk membagikan pengetahuannya kepada orang lain.
✫彡Selamat datang! mari belajar dan berpetualang bersama mereka!ミ★
KAMU SEDANG MEMBACA
E-Bioedustory "Petualangan Bumi"
Historia CortaE-Bioedustory adalah serial cerita pendek yang menceritakan tentang petualangan tim Bumi : Arez, Theo, Ali, Adel dan Sabina. Dalam cerita ini, mereka akan belajar tentang berbagai keanekaragaman hayati serta bagaimana mereka berinteraksi dengan ling...