BAB 2 : harga mulai naik semua

0 0 0
                                    

Oktober 13 1997

Setelah  masalah  itu  sudah  reda,  Cahaya  mulai  fokus  pada  kuliahnya.  Ia  juga  bekerja  sampingan  untuk  mencukupi  kebutuhannya.  Hari  ini  ia  libur  kuliah.  Ia  memutuskan  untuk  pergi  ke  pasar  untuk  membeli  beberapa  kebutuhannya.

Pasar  sangat  ramai  dengan  kegiatan  tawar-menawar.  Cahaya  mencoba  mencari  barang-barang  yang  ia  butuhkan.  Ia  ingin  membeli  beras  sebanyak  10  kg.  Namun,  ia  terkejut  melihat  harga  beras  yang  sangat  mahal.  Padahal,  bulan  lalu  harga  beras  masih  tergolong  murah.

"Kenapa  harga  semakin  mahal,  Pak?"  tanya  Cahaya  pada  bapak  penjual  beras  itu.

Bapak  itu  menatap  Cahaya  dengan  wajah  yang  sedikit  lesu.

"Saya  tidak  tahu,  Mbak,"  jawab  bapak  itu  dengan  nada  pasrah.

Cahaya  merasa  sedih  melihat  keadaan  ini.  Kenapa  rakyat  kecil  selalu  jadi  korban?  Sedang  mereka  yang  kaya  selalu  hidup  nikmat.

ahaya  keluar  dari  pasar  itu.  Ia  merasa  lelah  setelah  berbelanja.  Saat  ia  keluar  dari  pasar,  seorang  copet  menabraknya  dengan  kasar.  Copet  itu  langsung  memaki  dan  menyalahkan  Cahaya.

"Bajingan!"  teriak  copet  itu  dengan  nada  yang  kasar.

Copet  itu  langsung  dihakimi  oleh  orang-orang  di  sekitarnya.  Mereka  memukuli  copet  itu  hingga  babak  belur.  Satpam  pasar  mengamankan  pria  itu  dan  membawanya  ke  kantor  satpam.

Cahaya  membersihkan  pakaiannya  yang  kotor  akibat  tabrakan  itu.  Ia  memungut  belanjaannya  yang  berantakan.  Seorang  wanita  mendekati  Cahaya.

"Makasih  ya,  Mbak.  Ini  buat  Mbaknya,"  ucap  wanita  itu  sambil  menyerahkan  uang  kepada  Cahaya.

Wanita  itu  mencoba  memberikan  uang  itu  sebagai  tanda  terimakasih  karena  Cahaya  telah  membantu  mengamankan  copet  itu.  Namun,  Cahaya  menolaknya.

"Tidak  usah,  Mbak,"  jawab  Cahaya  dengan  nada  yang  sopan.

Cahaya  langsung  berjalan  meninggalkan  pasar.  Namun,  wanita  itu  terus  mengikuti  Cahaya.

"Mbak,  tolong  terima  ini,"  ucap  wanita  itu  dengan  nada  yang  meyakinkan.

Cahaya  menerima  uang  itu  dengan  enggan.  Wanita  itu  kemudian  pergi.

Cahaya  berjalan  di  jalan  khusus  pejalan  kaki  itu.  Namun,  jalan  khusus  pejalan  kaki  ini  malah  digunakan  untuk  berjualan  oleh  pedagang  kaki  lima  dan  pengemis.  Cahaya  merasa  kesal.

Cahaya  duduk  di  halte  bus,  menunduk.  Ia  mencoba  menenangkan  diri  setelah  peristiwa  di  pasar  tadi.  Matanya  memandang  kendaraan  berlalu-lalang  dan  menunggu  bis  yang  akan  membawanya  pulang.

Saat  bis  yang  ia  tunggu  datang,  Cahaya  bergegas  menaiki  bis  itu.  Namun,  bis  itu  sudah  penuh.  Cahaya  memutuskan  untuk  berdiri.  Ia  berpegangan  pada  stang  dan  mencoba  menenangkan  diri.

Saat  ia  berdiri  dan  fokus  pada  pikirannya  sendiri,  sebuah  tangan  mencoba  menggenangi  pantatnya.  Cahaya  terkejut  dan  langsung  menatap  pria  yang  berada  di  sampingnya.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Oct 14 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Mereka yang hilang : 1998Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang