Erna Hardy adalah gadis yang santun.
Kini setelah dia tumbuh menjadi wanita yang sopan, tibalah gilirannya menjadi istri yang beradab.
Singkatnya isi paragraf yang panjang itu, jawaban yang diberikan sangat berbeda dari apa yang dia harapkan karena hal itu terutama menghancurkan kesempatannya untuk menjadi istri yang baik bagi pria yang baik.
"Mustahil."
Mata Erna, yang sudah lama menatap surat, penuh tekad saat dia berkata pada dirinya sendiri.
"Ini konyol!"
Bahkan setelah dipikir-pikir lagi, kesimpulannya tetap sama. Berdiri dari tempat duduknya, Erna berjalan ke jendela. Itu adalah sore hari ketika sinar matahari musim semi yang menyilaukan menyinari, tapi rasanya menyedihkan.
Membuka kaca dengan suara melengking, dia duduk di bingkai, memegang lututnya dekat ke dadanya. Terletak jauh di atas tanah, pemandangan desa dapat dilihat dari rumah besar keluarga Badens. Tatapan Erna, yang berhenti sejenak pada satu kursi yang terletak di salah satu sisi taman, perlahan beralih ke lereng landai kebun, sungai, dan bukit yang ditumbuhi ceri kuning.
Dunia tidak tertarik pada kemalangan satu orang saja.
Hal itu jelas membuatnya tidak nyaman. Bahkan jika dia memiliki keluarga yang penuh kasih sayang dan hampir diusir dari tempat yang penuh kehidupan, dunia yang penuh dengan musim semi yang menyenangkan tetaplah indah. Jika seseorang mendengar keluhan bodoh ini, mereka akan tertawa. Dia merasa lega, sedikit sinisme ditambahkan padanya.
"Wanita! Nona Erna!"
Suara Nyonya Grebe, seorang pengurus rumah tangga, terdengar dari seberang lorong. Sepertinya sudah waktunya makan siang.
"Ya! Aku disini! Saya akan segera ke sana!"
Erna menyatakan, buru-buru turun dari bingkai jendela. Surat konyol itu disembunyikan jauh di dalam laci sehingga tidak terlihat, dan pakaiannya yang tidak teratur dirapikan.
Dia baik-baik saja.
Saat menuju ke ruang makan di lantai pertama, dia bergumam seolah sedang menghafal mantra.
"Tidak apa-apa. Semuanya akan baik-baik saja."
"Apakah kamu pernah menemui pengacara, Erna?"
Baroness Baden, yang mengoceh tentang cuaca hari ini dan patung-patung baru, baru memikirkannya setelah dia selesai makan. Dia mencoba untuk tetap tenang, tapi matanya menunjukkan kegugupan yang tak terlukiskan.
"Tidak, nenek. Belum."
Jawab Erna dengan nada tegas.
"Saya akan memastikan untuk bertemu satu orang sebelum minggu ini berakhir."
Sinar matahari yang menembus kaca jendela menyinari Erna, menyinari leher dan pinggangnya. Jantungnya berdebar kencang, bibirnya mengering, dan jari-jarinya mengepal. Untungnya, Baroness mengangguk tanpa bertanya lebih lanjut.
"Ya kamu harus. Saya harap saya bisa menemukan jalan."
Desahan lembut meresap ke udara ruangan yang terlalu sunyi.
Erna menatap neneknya sambil menatap tangannya di atas lutut. Dia menjadi tua dan lemah dalam sebulan. Dia telah kehilangan suaminya dalam semalam dan akan menyerahkan semua aset kecilnya kepada seorang kerabat yang tidak lebih baik dari yang lain. Jadi bagaimana bisa Erna mengatakan yang sebenarnya?
Erna sudah duduk kembali dalam posisi yang benar, menelan gumpalan kering di tenggorokannya. Bibirnya tertutup rapat, bukan untuk mengungkapkan kebenaran.