Biasanya, bagi anak perempuan yang berada jauh dengan keluarganya akan merasa rindu dengan ibunya. Lalu bagaimana dengan ayah?
Mungkin, karena ibu terlalu sering menelpon untuk menanyakan keadaan setiap hari, tapi tahukah kamu? ayah lah yang ada dibalik itu, ayahlah yang mengingatkan ibu untuk meneleponmu.
Mungkin saat kamu kecil, ibu lah yang sering bercerita untukmu, tapi tahukah kamu? sepulang ayah bekerja dan dengan wajah lelah, ayah selalu menanyakan kabarmu hari ini pada ibu.
Pada saat kamu masih kecil, biasanya ayah mengajari putri kecilnya naik sepeda, dan setelah ayah menganggapmu bisa, ayah akan melepas roda bantu di sepedamu. Tapi ibu bilang: "jangan dilepas dulu roda bantunya" Ibu takut putri kecilnya terjatuh dan terluka. Tapi tahukah kamu? Bahwa ayah dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama, karena ia tahu, putri kecilnya PASTI BISA!
Pada saat kamu menangis ingin dibelikan boneka, ibu menatapmu iba, tapi ayah akan mengatakan : "Iya nanti kita beli, tapi tidak sekarang" Tahukah kamu ayah melakukan itu karena ia tidak ingin putri kecilnya menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu diipenuhi.
Saat kamu batuk pilek, ayah merasa khawatir hingga kadang sedikit membentak: "sudah dibilang jangan minum air dingin!" berbeda dengan ibu yang menasihatimu dengan lembut.
Ketika kamu mulai dewasa, kamu meminta pada ayah untuk dapat keluar malam, dan ayah mengatakan "Tidak boleh!". tahukah kamu ayah melakukan itu karena ingin menjagamu. karena ayah kamu adalah sesuatu yang sangat-sangat luar biasa berharga. Dan setelah itu kamu marah pada ayah lalu masuk kamar sambil membanting pintu, dan yang datang mengetuk pintu untuk membujuk mu agar tidak marah adalah ibu. Tahukah kamu bahwa saat itu ayah memejamkan matanya dan menahan gejolak dibatinnya, bahwa ayah sangat ingin mengikuti keinginanmu, tapi dia harus menjagamu.
Ketika mulai ada cowok yang sering meneleponmu atau main kerumahmu, ayah akan memasang wajah paling cool sedunia. ayah akan sesekali menguping saat kamu mengobrol di ruang tamu berdua. sadarkah kamu? ayah merasa cemburu.
Sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yang sangat ditakuti ayah akan segera datang? "Bahwa putri kecilnya akan segera meninggalkan ayah"
Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan oleh ayah semata-mata untuk kesuksesanmu dimasa depan. tapi toh, ayah akan tetap tersenyum dan mendukungmu saat pilihanmu tidak sesuai dengan keinginan ayah.
Ketika kamnu menjadi gadis dewasa.. dan kamu harus ke kota lain, ayah melepasmu di bandara, tahukah badan ayah merasa kaku untuk memelukmu? ayah hanya memberi nasihat ini-itu dan tersenyum, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. padahal ayah ingin menangis seperti mam dan memelukmu erat-erat. tapi yang ayah lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya dan berkata: "jaga dirimu baik-baik ya sayang". ayah melakukan itu agar kamu kuat, kuat untuk pergi dan menjadi dewasa.
Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, yang pertama kali mengerutkan kening adalah ayah. Ayah pasti akan berjuang keras supaya anaknya bisa sama dengan temannya yang lain.
Disaat kamu diwisuda sebagai seorang sarjana, ayah adalah orang yang pertama berdiri dan memberimu tepuk tangan. ayah akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat "putri kecilnya yang tidak manja berhasil menjadi seseorang".
Dengan rambut yang beruban dan semakin tua, dan badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya.. Ayah telah menyelesaikan tugasnya..
Ayah, in the deepest of my heart, I LOVE YOU!!!!