Scarcity 3

27 0 0
                                    

5c4rcîtY-K3l4n9Ka4N-an Nadrah an Nisbiyah-(al Milkiyah 3)
P3nD4paT4N p3r K4piT4.

Seperti yg d asumsikn bhw peningkatan produksi d tandai dg mningkatnya jumlah pendapatan perkapita masyarakat,yg mberi arti bhw ekonomi tumbuh.

Maksudnya, byk brg/jasa yg d beli (distribusi meningkat) hal ini mnandai pendapatan masyarakat meningkat.Krn kemampuan daya beli berbanding lurus dg pendapatan.Yg mnunjukkan ekonomi tumbuh.

Namun,spt yg d ketahui bhw pndapatan perkapita d hitung dr Total seluruh pendapatan masyarakat bagi jumlah masyarakat.Hal ini berdasar rata2 pndapatan.

Contoh Sederhana:
Si A punya kue 2 potong
Si B punya kue 12 potong
Maka kalau d rata2kn msg2 mmiliki 7 potong kue.

Real????

Contoh lain :
Pejabat berpenghasilan 30 juta
Pemulung berpenghasilan 200ribu
Maka rata2 pendapatan msg2 15,1 juta.

Real kh???

Artinya hal ini tdk dpt mnggambarkn kondisi yg sebenarx d lapangan.

Artinya lagi ada sebagian org yg tdk mndapatkn atau mampu mbeli brg/jasa yg d inginkanx.

Grafiknya pun mnunjukkn gap yg cukup signifikan.Bahwa meski produksi mningkat,hal ini tdk mberi pengaruh kpd pendapatan masyarakat yg d pandang juga mningkat.

FuN9si H4r9a

Harga d fungsikn sbg alat pengendali produksi.Semakin tinggi harga mk akn semakin tinggi pula penawaran thd brg & jasa.

Harga d sinipun d pandang sbg alat u mngukur kualitas brg/jasa yg d tawarkn d tengah masyarakat.Semakin tinggi hrg brg mk semakin tinggi pula kualitas brg/jasa.

Harga brg pun d tentukn o besarx beban produksi yg d keluarkn u mnghasilkn brg/jasa tsb.Beban produksi terdiri ats bhn baku dan bsrx tenaga yg d keluarkn u mnghasilkn brg/jasa td.Atau dpt d kategorikn ke dlm beban administrasi dan operasional usaha.

Hingga semakin besar beban yg d keluarkn,semakin tinggi pula harga yg d tawarkn.

Harga d sini pun sbg penentu keseimbangan ekonomi scr otomatis.Mekanismex konsumen d berikn kebebasan u memilih (mndistribusikn) brg/jasa yg d inginkn dgn bbg macam kegiatan ekonomi.

Dî5TrIbU51

Distribusi d sini berkaitan dengan aktivitas masyarakat u membeli dan memilih brg yg d inginkn.

Dapat d katakan saat byk masyarakat yg menginginkn khamer,mk industri khamer tetap akan terus berproduksi smp skrg.

Begitupun saat pakaian yg kurg bhnlg ngtrend,byk yg mnginginkn,mk produksipun akn mningkat.Namun saat tren bju kurg bhn berganti dg bju klebihan bhn,mk pkaian td g d produksi lg.

Artix konsumen lh yg mngatur jumlah produksi dan distribusi.Jd klau berdasar teori ini,mk u mmberangus seks bebas,pornografi/aksi,khamer,narkoba,placuran,dll mk perlu d ciptakan tren baru d tengah2 masyarakat agr tdk ada lg org yg mrs butuh dg hal tsb.May....be....???

lanjut??? ntar y...

^_^

Islam Itu Indah Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang