Lelah

22 0 1
                                    

Ada 8 kelelahan yang disukai Allah SWT dan Rosul Nya :

1. Lelah dalam berjihat di jalan Allah SWT.
"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surge untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh. (itu telah terjadi) janji yang benar dari Allah didalam Taurat, Injil dan Al-Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar." (QS. 9 : 111)

2. Lelah dalam berda'wah atau mengajak kepada kebaikan.
"Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesunngguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" (QS. 41 : 33)

3. Lelah dalam beribadah dan beramal sholih.
"Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik." (QS. 29 : 69)

4. Lelah mengandung, melahirkan, menyusui, merawat dan mendidik putra putrid amana ilahi.
"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya, ibu yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyuapinya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu." (QS. 31 : 14)

5. Lelah dalam mencari nafkah halal.
"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allahdan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS. 62 :10)

6. Lelah mengurus keluarga.
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikan yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. 66 : 6)

7. Lelah dalam belajar atau menuntut ilmu.
"Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah". Akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al kitan dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya." (QS. 3 : 79)

8. Lelah dalam kesusahan, kekurangan dan sakit.
"Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS. 2 :155)

Semiga kelelahan dan kepayahan yang kita rasakan menjadi bagian yang disukai Allah dan Rosul Nya, Amin ya Robbal Alamin.

Lelah itu nikmat. Bagaimana mungkin ? Logikanya bagaimana ?

Jika anda seorang ayah, yang seharian bekerja keras mencari nafkah sehingga pulang keruma dalam keadaan kelelahan yang sangat. Itu adalah nikmat Allah yang luar biasa, karena banyak orang yang saat ini menganggur dan bingung mencari kerja.

Jika anda seorang istri yang selalu kelelahan dalam tugas rumah tangga dan melayani suami yang tidak pernah habis, sungguh itu nikmat yang luar biasa karena betapa banyak wanita yang sedang menanti-nanti menjadi seorang istri, namun jodoh tak kunjung hadir.

Jika kita orangtua yang sangat lelah tiap hari, karena merawat dan mendidik anak-anak, sungguh itu nikmat yang luar biasa. Karena betapa banyak pasangan yang sedang menanti hadirnya buah hati, sementara Allah belum berkenan member amanah.

Lelah dalam mencari nafkah.

Suatu ketika nabi SAW dan para sahabat melihat ada seorang laki-laki yang sangat rajin dan ulet dalam bekerja, kemudian seorang sahabat berkomentar "wahai Rosulullah, andai saja keuletannya itu dipergunakannya semata-mata di jalan Allah SWT." Rosulullah SAW menjawab "apabila dia keluar mencari rizki karena anaknya yang masih kecil, maka dia dijalan Allah. Apabila dia keluar mencari rizki karena kedua orang tuannya yang sudah renta, maka dia dijalan Allah. Apabila dia keluar mencari rizki karena dirinya sendiri supaya terjaga harga dirinya, maka dia dijalan Allah. Dan apabila dia keluar mencari rizki karena riya' dan kesombongan maka dia dijalan syetan." (Al-Mundziri, At-Targhib Wat Targhib)

Sungguh penghargaan yang luar biasa kepada siapapun yang lelah bekerja mencari nafkah. Islam memandang bahwa usaha mencukupi kebutuhan hidup didunia juga memiliki dimensi akhirat.

Bahkan secara khusus Rosulullah SAW memberikan kabar gembira kepada siapapun yang kelelahan dalam mencari rizki. "barang siapa pada malam hari merasa kelelahan mencari rizki pada siang harinya, maka ada malam itu ia diampuni dosanya oleh Allah SWT."

Subhanallah,
Tidak ada yang sia-sia bagi seorang muslim, kecuali didalamnya selalu ada keutamaan.

Kelelahan dalam bekerja bisa mengantarkan meraih kebahagiaan dunia berupa harta, di sisi lain dia mendapatkan keutamaan akhirat dengan terhapusnya dosa-dosa. Syaratnya bekerja dan lelah.

Bukankah ini bukti tak terbantahkan, bahwa kelelahan ternyata nikmat yang luar biasa??...

Kelelahan mendidik anak.

Di hari kiamat kelak, ada pasangan orangtua yang diberi dua pakaian (teramat indah) yang belum pernah digunakan oleh penduduk bumi, Keduanya bingung dan bertanya, "Dengan amalan apa kami bisa memperoleh pakaian seperti ini?" Dikatakan kepada mereka: "Dengan kesabaranmu dalam mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anakmu".

Merawat dan mendidik anak untuk menjadi generasi sholeh/sholihah bukan urusan yang mudah. Betapa berat dan sangat melelahkan. Harta saja tidak akan cukup.

Betapa banyak orang-orang kaya yang anaknya "gagal" karena merasa sibuk mencari harta, namun abai terhadap pendidikan anak. Mereka mengira dengan uang degalanya bisa diwujudkan. Namun uang dibuat tidak berdaya saat anak-anak telah menjadi pendurhaka.

Berbahagialah manusia yang selama ini merasakan kelelahan dan berhati-hatilah yang tidak mau berlelah-lelah.

Segala sesuatu ada hitungannya disisi Allah SWT. Kebaikan yang besar mendapat keutamaan, kebaikan kecil tidak akan pernah terlupakan.


05-07-16
#BulleMmq

Fhye

Not StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang